Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Resep Nasi Uduk Betawi Wangi dan Gurih, Lengkap dengan 10 Lauk Pendampingnya Berita Viral Hari Ini Sabtu 12 Oktober 2024

1. Resep Lauk Nasi Uduk: Sambal Kacang

Bahan

    50 gram kacang tanah 3 cabai rawit domba 5 cabai keriting 1 siung bawang putih 1 sdt gula pasir 1/2 sdt garam 1/4 sdt terasi bakar (opsional) 1/2 sdt royco ayam (opsional) 1/2 sdm air jeruk nipis 1/2 sdm cuka makan (opsional) 50 ml air panas

Cara Membuat

    Siapkan semua bahan yang diperlukan. Goreng kacang tanah, cabai, dan bawang putih hingga matang. Hati-hati agar kacang tidak gosong. Haluskan semua bahan yang digoreng (kecuali cuka dan air jeruk nipis). Tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Pindahkan ke mangkuk dan tambahkan cuka makan dan air jeruk nipis. Sambal kacang siap disajikan.

2. Resep Lauk Nasi Uduk: Semur Jengkol Betawi

Bahan

    1 kg jengkol 4 sdm minyak sayur 5 cm kayu manis 4 butir cengkih 3 lembar daun salam 200 ml kecap manis 500 ml air

Bumbu Halus

    7 butir kemiri8 butir bawang merah 5 siung bawang putih 1/2 butir biji pala 1 sdt merica bubuk 2 sdt garam

Cara Membuat

    Cuci jengkol hingga bersih, rebus dalam air yang mendidih bersama daun salam hingga empuk. Angkat, tiriskan, dan kupas. Pukul-pukul jengkol hingga agak memar. Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Masukkan jengkol, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air, kecap manis, kayu manis, cengkih, dan daun salam. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah kental. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

3. Resep Lauk Nasi Uduk: Semur Telur

Bahan

    8 butir telur ayam rebus 4 sdm minyak sayur 3 cm kayu manis 3 butir cengkeh 3 cm lengkuas, memarkan 3 lembar daun salam 150 ml kecap manis 500 ml air

Bumbu Halus

    8 butir bawang merah 5 siung bawang putih 3 butir kemiri 1 sdt merica butiran 1/4 biji pala 2 sdt garam

Cara Membuat

    Kupas telur ayam dan sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, kayu manis, dan cengkeh, aduk hingga layu. Taruh bumbu dalam panci, tambahkan telur, kecap manis, dan air. Masak dengan api kecil hingga telur kecokelatan dan kuah menyusut setengahnya. Angkat dan sajikan hangat.
4 dari 5 halaman

4. Resep Lauk Nasi Uduk: Orek Tempe Basah

Bahan

    2 papan tempe, iris memanjang 2 siung bawang putih 6 siung bawang merah 1 buah cabe merah besar (opsional) 4 biji cabe keriting merah 3 cm lengkuas, geprek 1 lembar daun salam 3-6 sdm kecap manis Secukupnya minyak, air, gula, garam, dan kaldu bubuk (jika perlu)

Cara Membuat

    Goreng tempe hingga matang, tetapi jangan terlalu kering. Tiriskan. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe. Tumis dengan daun salam dan lengkuas. Tambahkan kecap manis, gula, garam, dan kaldu bubuk. Masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasa. Orek tempe siap disajikan sebagai pendamping nasi uduk.

5. Resep Lauk Nasi Uduk: Ayam Goreng Ungkep

Bahan

    800 gram ayam kampung, potong 8-10 bagian 5 lembar daun salam 3 batang serai, memarkan 1 1/2 sdm gula merah, sisir 4 cm lengkuas, parut 100 ml air kelapa Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

Cara Membuat

    Campurkan bumbu halus dengan daun salam, serai, gula merah, dan lengkuas. Tambahkan air kelapa, masak hingga ayam empuk dan air habis. Setelah ayam empuk, angkat dan goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Tiriskan. Ayam goreng ungkep siap disajikan.

6. Resep Lauk Nasi Uduk: Telur Dadar Tipis

Bahan

Cara Membuat

    Pecahkan 2 butir telur, tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk secukupnya. Kocok lepas hingga agak berbusa. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil (tidak perlu dioles minyak, tetapi bisa jika diinginkan). Ambil satu sendok sayur adonan telur dan tuangkan ke dalam wajan, goyangkan wajan agar telur menyebar rata. Tunggu hingga permukaan telur mulai berbuih. Balikkan ke sisi yang lain ketika terlihat agak kering (jangan digoreng hingga kecoklatan). Ulangi langkah ini sampai adonan telur habis (2 butir telur bisa menghasilkan sekitar 3 dadar tipis). Angkat dari wajan, gulung telur setelah agak dingin, dan iris tipis. Siap disajikan.
5 dari 5 halaman

7. Resep Lauk Nasi Uduk: Soun Goreng Sederhana

Bahan

Bumbu Halus

Cara Membuat

    Rendam soun dalam air biasa sampai terurai. Jika tidak ada waktu, bisa disiram dengan air panas dan aduk hingga terurai. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan caisim dan kol, aduk rata. Masukkan soun, garam, merica, gula, saus tiram, dan kecap manis. Masak dengan api besar hingga semua bumbu menyerap. Angkat dan sajikan.

8. Resep Lauk Nasi Uduk: Perkedel Kentang

Bahan