Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

5 Gejala Hipertensi yang Sering Terabaikan dan Cara Alami Mengatasinya Berita Viral Hari Ini Senin 7 Oktober 2024

Rendam kaki dengan air panas

Cara lain untuk mengatasi hipertensi yakni dengan menggunakan air panas untuk ‘menarik’ darah ke kaki dan menjauh dari kepala. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

    Ambil ember atau baskom dan isi dengan air panas yang masih dapat ditoleransi oleh kulit Anda. Pastikan suhu air cukup panas untuk memberikan efek relaksasi, tetapi tidak sampai membakar kulit. Cari tempat duduk yang nyaman dan tenang. Pastikan Anda merasa rileks agar proses ini lebih efektif. Oleskan kompres es di bagian belakang leher Anda. Ini akan membantu meredakan ketegangan dan memberikan efek pendinginan yang kontras dengan air panas. Letakkan tangan dan kaki Anda ke dalam baskom berisi air panas. Biarkan kedua bagian tubuh tersebut merendam selama sekitar 10-15 menit. Selama waktu ini, Anda akan merasakan aliran darah yang kembali ke kaki, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
8 dari 8 halaman

Latihan pernapasan mendengung

Tekanan darah tinggi sering kali menyebabkan sakit kepala dan migrain. Namun, ada latihan sederhana yang dapat membantu menenangkan pikiran sekaligus meredakan ketegangan tersebut.

    Carilah tempat yang tenang dan duduklah di lantai dengan posisi yang nyaman. Pastikan punggung Anda lurus agar aliran energi dan pernapasan menjadi optimal. Letakkan jari telunjuk Anda pada tulang rawan di kedua telinga. Ini akan membantu merangsang titik-titik akupresur yang dapat memberikan efek relaksasi. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, penuhakan paru-paru Anda dengan udara segar. Pastikan untuk merasa rileks dan fokus pada pernapasan Anda. Saat Anda mengeluarkan napas, buatlah bunyi berdengung seperti suara lebah. Tekan secara lembut tulang rawan telinga Anda saat mengeluarkan napas. Suara ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan ketegangan. Lakukan latihan ini sebanyak 7-10 kali. Fokus pada suara dan perasaan relaksasi yang ditimbulkan selama proses ini.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Kredit
  • Yulia Lisnawati
    Author
    Yulia Lisnawati

Berita Terkini

Lihat Semua