Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Mengenal Kanker Saluran Pencernaan, Gejala, Faktor Risiko, hingga Perawatannya Berita Viral Hari Ini Senin 30 September 2024

Apa Faktor Risiko Kanker Saluran Cerna?

Beberapa faktor risiko yang memengaruhi kemungkinan seseorang terkena kanker GI meliputi:

    gaya hidup seperti merokok; konsumsi alkohol berlebihan; diet tinggi lemak dan rendah serat; serta kurangnya aktivitas fisik.

Selain itu, riwayat keluarga dengan kanker GI juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.

Guna mengurangi risiko, sangat penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi seimbang, menghindari merokok dan alkohol, serta rutin berolahraga.

“Anda juga disarankan untuk melakukan skrining teratur untuk deteksi dini kanker GI, karena apabila kanker ditemukan lebih awal, peluang penyembuhan dan harapan hidup pasien bisa lebih tinggi,” ucap Randy.

“Risiko seseorang terkena kanker dapat semakin besar apabila orang tersebut memiliki gaya hidup tidak sehat dan faktor genetik,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Perawatan Kanker Saluran Pencernaan?

Setiap jenis kanker saluran pencernaan memerlukan pendekatan perawatan yang berbeda. Tergantung pada faktor seperti stadium kanker, kondisi kesehatan umum pasien, dan respons terhadap terapi yang diberikan.

Perawatan untuk kanker GI dapat mencakup kombinasi dari:

    bedah; kemoterapi; radioterapi; serta terapi target yang ditujukan untuk mengurangi atau menghilangkan sel kanker.

"Pasien perlu berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan dan penanganan secara komprehensif," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Ade Nasihudin Al Ansori
    Author
    Ade Nasihudin Al Ansori
  • Aditya Eka Prawira
    Editor
    Aditya Eka Prawira

Berita Terkini

Lihat Semua