Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

6 Olahraga yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Patut Dicoba Berita Viral Hari Ini Sabtu 28 September 2024

5. Angkat beban

Latihan aerobik adalah jenis latihan yang paling sering direkomendasikan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tetapi ini tidak berarti bentuk latihan lain tidak bermanfaat bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan juga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. 

Sebuah studi tahun 2019 terhadap orang dewasa Taiwan menunjukkan hubungan terkuat dengan peningkatan kadar HDL pada mereka yang berpartisipasi dalam latihan ketahanan dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga, melakukan olahraga aerobik, atau melakukan olahraga campuran. 

Temuan ini juga mendukung gagasan bahwa aktivitas anaerobik, seperti latihan beban atau latihan ketahanan, dapat membantu mencegah penyakit jantung. Angkat beban juga dapat membantu orang-orang dari segala usia.

Sebuah studi tahun 2021 terhadap wanita Kaukasia dengan usia rata-rata 66 tahun menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam program latihan multikomponen, yang mencakup latihan ketahanan, selama sembilan bulan mengalami peningkatan kadar kolesterol total dan trigliserida.

7 dari 7 halaman

6. Yoga

 

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan, dalam beberapa kasus, secara langsung memengaruhi kadar kolesterol.

Peneliti melaporkan dalam sebuah studi tahun terhadap 81 mahasiswi bahwa program gabungan yoga dan latihan aerobik selama 12 minggu membantu:

    Mengurangi kadar kolesterol total Mengurangi berat badan Mengurangi kadar kolesterol LDL Meningkatkan kadar kolesterol HDL

Dalam tinjauan tahun 2022 terhadap 53 studi, mereka yang secara teratur berpartisipasi dalam yoga menunjukkan peningkatan signifikan dalam:

    Kadar kolesterol total Kadar kolesterol LDL Kadar kolesterol HDL Kadar trigliserida Tekanan darah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Yulia Lisnawati
    Author
    Yulia Lisnawati

Berita Terkini

Lihat Semua