Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Indonesia Terlibat dalam Uji Klinis 3 Vaksin TBC, Apa Saja? Berita Viral Hari Ini Selasa 22 Oktober 2024

Kehadiran Vaksin TBC, Langkah Agresif untuk Wujudkan Eliminasi TBC

Tuberkulosis adalah penyakit akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis yang selama 200 tahun terakhir telah merenggut nyawa lebih dari 1 miliar. Bahkan hingga saat ini, penyakit ini masih membunuh lebih dari 4.000 orang setiap hari, atau satu nyawa setiap 20 detik.

Menurut Budi, untuk mencapai tujuan bersama dalam mengeliminasi TBC pada 2030 maka perlu langkah berani dan agresif dari diskusi dan konferensi yakni dengan pengembangan vaksin mengingat vaksin yang tersedia saat ini tidak cukup untuk 'melawan' bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Saat ini, vaksin TBC yang tersedia adalah vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG). Vaksin BCG memberikan perlindungan parsial untuk mencegah TBC yang berat pada bayi dan anak usia dini, tetapi tidak cukup untuk melindungi anak dan orang dewasa dari TBC.

3 dari 3 halaman

Menkes Budi: Pengembangan Vaksin TBC untuk Investasi Jangka Panjang

Pada pertemuan ​​Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke 37 di Kota Brasilia, Brazil pada Februari 2024, Budi pun mendorong negara G-20 untuk melakukan investasi memadai sehingga vaksin TBC baru dapat tersedia dalam tiga tahun mendatang.

“Saya percaya dengan investasi ini kita tidak hanya akan menyelamatkan nyawa, namun juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang” kata Budi saat itu.

Kredit
  • Benedikta Desideria
    Author
    Benedikta Desideria
Video Terkini
powered by

Berita Terkini

Lihat Semua