Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Jabar Sepekan: Ribuan Anggota TNI Positif Corona-Denny Siregar Dipolisikan

Home » Berita Nasional Indonesia Hari Ini Selasa 11 Agustus 2020 » Gosip Artist » Jabar Sepekan: Ribuan Anggota TNI Positif Corona-Denny Siregar Dipolisikan

Oleh : Admin on pada

Jabar Sepekan: Ribuan Anggota TNI Positif Corona-Denny Siregar Dipolisikan
DOWNLOAD APP sumutkota.com

Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat selama sepekan, dari mulai dua institusi militer di Jabar yakni Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung dan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi jadi klaster baru COVID-19 hingga rumah berhantu di Cianjur.

Secapa AD dan Pusdikpom Jadi Klaster Baru di Jabar

Angka kasus COVID-19 di Jawa Barat meroket, hal itu diakibatkan muncul dua klaster baru yang berSL dari dua institusi militer yakni Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang berada di Kota Bandung dan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) di Kota Cimahi.

Penambah kasus memecahkan rekor pada Kamis (9/7/2020). Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI hingga pukul 12.00 WIB, terjadi penambahan kasus COVID-19 sebanyak 962 kasus.

Data tersebut sesuai dengan yang tertera di Pikobar pukul 17.06 WIB, di mana kasus positif yang terkonfirmasi 962 orang, di mana empat orang meninggal dan 27 orang dinyatakan sembuh.

Lonjakan kasus itu melambungkan angka terkonfirmasi COVID-19 di Jabar ke angka 4.843 kasus, dari sehari sebelumnya yakni 3.881 kasus. Penambahan ini juga membuat catatan penambahan COVID-19 tembus ke angka 2.657.

Jubir COVID-19 RI Achmad Yurianti mengatakan, pada Hari Kamis terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif. Penambahan itu terjadi sebanyak 2.657 orang sehingga akumulasinya menjadi 70.736 orang. Yuri merinci penambahan kasus terbanyak datang dari wilayah Jawa Barat. Ada 1.262 kasus positif dari klaster Secapa TNI AD.

"Penambahan yang cukup banyak untuk Provinsi Jawa Barat, ini didapatkan dari klaster yang sudah kita lakukan epidemologi sejak tanggal 29 kemarin berturut-turut, yaitu klaster di pusat pendidikan sekolah calon perwira TNI AD yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang," kata Yuri saat konferensi pers.

Total ada 1.262 kasus positif yang teridentifikasi. Sejumlah 17 orang dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Dustira Cimahi karena keluhan ringan. Sementara itu, 1.245 orang lainnya tanpa keluhan atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kami memastikan bahwa tidak akan terjadi penularan keluar komplek karena kita menjaga dengan ketat agar betul-betul pelaksanaan karantina kewilayahan bisa dijalankan dengan maksimal," jelas Yuri.

Namun jumlah itu meningkat. Dari hasil kunjungan KSAD Jendral TNI Andika Perkasa Sabtu (11/7/2020), jumlah kasus positif COVID-19 di Secapa AD mencapai 1.280. "Jumlah dari pasien yang positif COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat total 1.280, dari 1.280 itu 991 adalah perwira siswa, sedangkan sisanya ada 289 adalah staf atau anggota Perwira Angkatan Darat beserta keluarga nya," ungkapnya.

Ada enam orang anggota keluarga staf yang terpapar COVID-19. "Terhitung ada enam anggota keluarga di antara 289," tambahnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil kejadian di Secapa AD tidak akan dianggap remeh oleh Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung. "Kejadian luar biasa di institusi kenegaraan, khususnya Secapa. Memang sangat luar biasa, yang kami sebut anomali," ucapnya.

Kejadian serupa, terjadi di Pusdikpom Cimahi ada 99 kasus terdiri dari 74 personel dan organik 25 personel yang keseluruhannya berstatus OTG.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil imbau agar warga tidak panik. Pasalnya, institusi militer lebih siap melakukan penanganan dan disiplin dalam melakukan karantina orang yang terpapar virus Corona.

"Saya menelepon langsung dengan Panglima TNI. TNI ini punya sistem yang lebih siap dan lebih banyak. Pengetesan massal mandiri swabnya oleh RSPAD. Kemudian, dipahami dan disepakati bahwa panglima TNI juga turut mewaspadai pusat pendidikan yang lain, media juga bisa melihat mayoritas OTG, hanya 17 yang dirawat dari seribuan sekian," ungkapnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (GTPP Jabar) masih menyelidiki dari sisi epidemologis terkait sumber penularan di dua instansi militer tersebut.

"Sampai dengan saat ini kita masih terus melakukan kajian. Teman-teman di lapangan masih melakukan kajian dari mana sebenarnya sumber ini," ujar Juru Bicara GTPP Jabar Berli Hamdani.

"Dari hasil penyelidikan epidemiolog yang pertama kita bisa simpulkan dari luar itu clear, tapi kita tidak tahu aktivitas dari masing-masing peserta didik, banyak peserta didiknya di atas 1.000 kita harus menanyakan, dan ini memakan waktu," ucap Berli.

Tonton juga 'KSAD: Kasus Corona di Secapa AD 1.280 Orang':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5
Jabar Sepekan: Ribuan Anggota TNI Positif Corona-Denny Siregar Dipolisikan | Bang Naga | on | Rating 4.5
Berita Lainnya

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Server Pulsa Online

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI Contack Me Zodiak
© 2017 - 2020 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds