Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Bangun Pagi Jadi Lebih Mudah, Coba 4 Tips Ini untuk Sambut Hari yang Lebih Baik Berita Viral Hari Ini Selasa 24 September 2024

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa Sih Sulit Bangun Pagi?

Ada beberapa penyebab orang sulit bangun pagi, berikut diantaranya:

1. Inersia

Inersia tidur adalah periode singkat saat tubuh bertransisi dari keadaan tidur ke bangun. Pada fase ini, seseorang mungkin merasa ngantuk, bingung, dan bahkan mengalami gangguan kognitif.

Efek inersia tidur biasanya berlangsung sekitar 30 hingga 60 menit, tapi pada beberapa orang bisa berlangsung hingga beberapa jam.

2. Punya Utang Tidur

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Jika tidak memenuhi kebutuhan tidur sehari-hari, rasa kantuk di pagi hari akan semakin parah.

Perlu diketahui bahwa kekurangan tidur dapat terakumulasi dari waktu ke waktu, membentuk apa yang disebut utang tidur.

Utang tidur ini hanya dapat diatasi dengan mendapatkan kembali jam tidur yang hilang. Setelah melunasi utang tidur, kamu mungkin akan merasa lebih mudah bangun pagi dan lebih segar di pagi hari.

Oleh sebab itu, prioritaskan tidur yang cukup untuk membantu Anda memulai hari dengan energi dan fokus.

 

3 dari 3 halaman

3. Ketidakcocokan antara jadwal tidur dan ritme sirkadian tubuh

kesulitan bangun pagi juga dapat disebabkan oleh ketidakcocokan antara jadwal tidur dan ritme sirkadian tubuh.

Ritme sirkadian adalah jam internal tubuh yang mengatur berbagai proses biologis, termasuk pelepasan hormon dan kapan kamu merasa mengantuk atau waspada.

Ada beberapa faktor yang dapat mengganggu ritme sirkadian dan membuat kamu sulit bangun pagi:

- Jadwal sekolah: Remaja mengalami perubahan alami dalam ritme sirkadian mereka saat pubertas, yang membuat mereka lebih mudah begadang dan lebih sulit bangun pagi. Jadwal sekolah yang tidak mempertimbangkan pergeseran ini dapat menyebabkan remaja kekurangan tidur selama seminggu.

- Jadwal kerja: Orang yang bekerja pada shift malam, shift siang-malam, atau shift rotasi mungkin sulit untuk bangun tidur dan tertidur karena ritme sirkadian mereka yang terus menerus terganggu.

- Jet lag: Ketika Anda bepergian melintasi beberapa zona waktu, ritme sirkadian tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan. Hal ini dapat menyebabkan rasa kantuk di pagi hari setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Benedikta Desideria
    Author
    Benedikta Desideria

Berita Terkini

Lihat Semua