Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

Apa Itu Tasua dan Asyura, Ketahui Keutamaan Puasa Sunah pada 9 dan 10 Muharam Berita Viral Hari Ini Jumat 13 September 2024

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura

Umat Muslim diperbolehkan menjalankan puasa Tasua dan puasa Asyura saja, atau hanya puasa Asyura saja.

Berpuasa pada bulan Muharram memiliki banyak keutamaan. Selain menjadi puasa yang paling utama, puasa Muharram juga termasuk dalam keutamaan berpuasa dalam bulan-bulan mulia atau al-asyhurul hurum.

Selain itu, puasa sehari dalam bulan Muharram memiliki pahala yang sama dengan puasa 30 hari. Khusus puasa Asyura atau pada 10 Muharram, puasa ini dapat menghapus dosa selama setahun yang telah lewat.

Keutamaan lainnya adalah puasa Tasua pada 9 Muharram dan puasa 11 Muharram yang menjadi pelengkap puasa Asyura pada 10 Muharram, sehingga membedakan umat Islam dengan umat Yahudi yang juga berpuasa di hari Asyura.

Karena memiliki banyak keutamaan ini, banyak umat Muslim yang menantikan kehadiran bulan Muharram untuk menjalankan ibadah puasa.

3 dari 3 halaman

Hukum dan Niat Puasa Asyura

Hukum puasa ini tercatat dalam hadits yang diriwayatkan dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha. Dalam hadits tersebut disebutkan:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا كَانَ عَاشُورَاءُ يُصَامُ قَبْلَ رَمَضَانَ فَلَمَّا نَزَلَ رَمَضَانُ قَالَ مَنْ شَاءَ صَامَ وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ

Artinya: "Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, dahulu hari Asyura adalah hari yang dipergunakan oleh orang-orang jahiliyah untuk berpuasa. Ketika bulan Ramadhan turun, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 'Barangsiapa yang ingin berpuasa Asyura, hendaklah ia berpuasa, dan bagi yang tidak ingin, maka berbukalah.'" (HR Bukhari)

Adapun niat Puasa Asyura merupakan bagian penting dalam melaksanakan amalan sunnah ini. Dalam buku "Dahsyatnya Puasa Sunnah" oleh H Amirullah Syarbini dan Hj Lis Nur'aeni Afgani, disebutkan bacaan niat puasa Asyura sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَشْرَ سُنَّةَ اللَّهِ تَعَالَىNawaitu shauma 'Asyura sunnatan lillaahi ta'aalaaArtinya: "Saya niat puasa hari Asyura, sunnah karena Allah Ta'ala."

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
  • Dyah Puspita Wisnuwardani
    Author
    Dyah Puspita Wisnuwardani

Berita Terkini

Lihat Semua