Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2024
Home Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi G News  

5 Cara Mengatasi Depresi Akibat Pindah Rumah Berita Viral Hari Ini Senin 30 September 2024

Pindah juga bisa menjadi lebih sulit secara mental ketika lokasi baru seseorang sangat tidak dikenal. Keluarga yang terpaksa bermigrasi ke negara atau wilayah baru karena situasi traumatis seperti perang atau penganiayaan dapat berisiko tinggi mengalami gejala kesehatan mental karena kurangnya keakraban bahasa dan budaya serta tidak adanya sistem pendukung emosional yang sudah ada sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi atau Mencegah Relocation Depression

Jika Anda baru saja pindah atau sedang bersiap untuk pindah, strategi berikut dapat membantu Anda membatasi potensi dampak stres akibat relokasi terhadap kesehatan mental:

    Cari aspek positifnya

Penelitian menunjukkan bahwa lebih memperhatikan faktor negatif dan memikirkan kejadian negatif dapat meningkatkan kemungkinan depresi setelah kejadian kehidupan yang penuh tekanan. Meskipun mungkin tidak mudah, mencari dan merenungkan apa yang Anda sukai dari lingkungan baru dapat mengurangi stres terkait kepindahan dan melindungi diri dari depresi.

    Beri diri waktu untuk bersedih atas rumah lama

Anda mungkin percaya bahwa Anda tidak punya alasan untuk depresi, mengatakan kepada diri sendiri bahwa situasi baru tersebut tidak seburuk itu atau bahwa orang lain memiliki masalah yang jauh lebih buruk. Namun, sikap ini dapat memperburuk gejala depresi Anda dengan berkontribusi pada perasaan bersalah dan malu di atas emosi negatif lainnya.

Pendekatan yang lebih baik mungkin adalah mengakui dan menghargai perasaan duka atas apa yang akan Anda rindukan dari lingkungan lama.

    Jelajahi lokasi baru

Ketidakakraban mungkin membuat Anda ingin mengurung diri di rumah, tetapi keluar rumah bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk mengelola depresi akibat relokasi.

Menghabiskan waktu di luar ruangan dan melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan-jalan di sekitar lingkungan dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental, dan mengenal lingkungan sekitar dapat membantu Anda menjadi rileks dan percaya diri.

Anda dapat mencoba berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda segera setelah pindah.

    Buat keakraban

Menciptakan rasa nyaman dan keterikatan setelah pindah tidak harus dilakukan dengan segera. Anda dapat memulainya dengan mencari beberapa tempat di dekat tempat Anda senang menghabiskan waktu, seperti taman lingkungan, kedai kopi lokal, atau perpustakaan umum.

Jika Anda sering mengunjunginya, tempat-tempat seperti ini dapat berfungsi sebagai "markas" yang menawarkan rasa keakraban di area baru Anda.

    Berpartisipasilah dalam aktivitas kelompok

Keterhubungan sosial dapat memainkan peran penting dalam melindungi dari gejala depresi. Jika Anda pindah ke area baru tempat Anda tidak mengenal banyak orang, mencari aktivitas kelompok seperti pertemuan hobi, liga olahraga santai, dan bentuk klub serta asosiasi lainnya dapat membantu Anda membangun jaringan sosial.

Mahasiswa yang mengalami perasaan depresi dapat menemukan aktivitas di kampus untuk diikuti. Peserta lainnya mungkin bertindak sebagai kelompok pendukung untuk kesehatan mental Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kredit
Bagikan
19

Berita Terkini

Lihat Semua