Warga Lubuk Basung Temukan Bunga Bangkai Saat Hendak Berburu

Sedang Trending 23 jam yang lalu 17

Diperkirakan kembang bangkai sudah mekar 8 tiba 10 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG - Seorang penduduk di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menemukan spesies kembang langka yakni Bunga Bangkai. Warga yang menemukan tersebut bernama Olwi Merta penduduk  Dusun Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung.

Ia menemukan kembang bangkai di perkebunan penduduk di Dusun Taratak, Jorong III Nagari Garagahan. "Saya menemukannya setelah tercium aroma bangkai. Dan rupanya berasal dari kembang bangkai. Tak jauh dari letak saya berburu," kata Olwi, Jumat (25/11/2022).

Saat ditemukan, kondisi kembang bangkai tersebut sudah mengerucut. Kelopak bunganya penuh dengan robekkan. Tinggi kembang tersebut diperkirakan lebih kurang 2 meter.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra, mengatakan, kembang tersebut merupakan tanaman langka yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum.

Menurut Ade, bila dilihat dari bentuknya sekarang, tanaman ini berada di fase generatif (berbunga). Diperkirakan kembang tersebut sudah mekar 8-10 hari.

Ade menyebut tanaman ini mempunyai dua fase. Pertama fase vegetatif, di mana tanaman tetap berupa tangkai, daun dan barang. Sedangkan fase yang kedua ialah fase generatif, adalah tanaman sudah menunjukkan bunga.

“Amorphophallus Titanum ini tanaman yang dilindungi UU nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati,” kata Ade.

Saksikan Video Warga Lubuk Basung Temukan Bunga Bangkai Saat Hendak Berburu Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel