Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Awasi Kerugian Negara, BPK RI Perwakilan Sumut Jalin Kerjasama dengan Polda dan Kejati

Oleh : Admin | on Selasa, 11 Agustus 2020 17:13

Awasi Kerugian Negara, BPK RI Perwakilan Sumut Jalin Kerjasama dengan Polda dan Kejati
DOWNLOAD APP sumutkota.com

TRI BUN MEDAN.COM, MEDAN - Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) perwakilan Provinsi Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Polisi Daerah dan Kejaksaan Tinggi, Selasa (11/8/2020).

Kerjasama ini untuk menyepakati sinergitas tindak lanjut hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara/daerah dan/atau unsur pidana dengan Kepolisian dan Kejaksaan. 

Hadir menyaksikan dan melaksanakan salam sinergitas dalam rangka Penandatangan Nota Kesepahaman antara Kepala Perwakilan BPK Sumut, Eydu Oktain Panjaitan dengan Kapolda Irjen Pol Martuani Sormin dan Wakil Kejaksaan Tinggu Sumatera Utara, Jacob Hendrik Pattupeilohy, dengan siaran langsung di Kantor BPK, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan.

Nota Kesepahaman BPK dan Polri berisi tentang kesepakatan kerjasama dalam rangka pemeriksaan, tindak lanjut atas hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara atau daerah dan atau unsur pidana dan pengembangan kapasitas kelembagaan.

Sedangkan bersama Kejaksaan, BPK menyepakati kerjasama dan koordinasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi.

Berdasarkan Audit BPKP, Pemkab Akui Pembelian Lahan Pasar Baru Pancur Batu Kemahalan

Eydu mengatakan, kerjasama ini dilakukan untuk membantu BPK dalam melakukan audit kerugian negara oleh pemerintah Provinsi ataupun kabupaten dan kota. 

"Dalam rangka koordinasi dan kerjasama, mendukung pelaksanaan audit kerugian negara," kata dia, usai menyaksikan pertemuan secara daring. 

Dalam UU No. 15 Tahun 2004 dinyatakan bahwa apabila dalam pemeriksaan BPK ditemukan kerugian negara dan atau unsur pidana, BPK segera melaporkan kepada instansi yang bewenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dalam hal ini instansi yang berwenang adalah Kejaksaan, Kepolisian, dan KPK.

Selain menyepakati tidak lanjut hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara/daerah dan/atau unsur pidana, kesepahaman BPK dan Polri juga meliputi pertukaran data dan informasi yaitu pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara dan daerah, dan pemberian keterangan ahli peningkatan kapasitas dan atau pemanfaatan sumber daya serta bantuan pengamanan.

BPK, Polri dan Kejaksaan Tanda Tangan Nota Kesepahaman Awasi Pengeluaran Keuangan Negara

Sedangkan dengan Kejaksaan, BPK menyepakati koordinasi dalam rangka mendukung penegakan hukum yang meliputi namun tidak terbatas pada tindak lanjut hasil pemeriksaan investigatif dan tindak lanjut permintaan pemeriksaan investigatif.

Kemudian penghitungan kerugian negara dan daerah, dan pemberian keterangan ahli, penerangan dan penyuluhan hukum serta sosialisasi pencegahan tindak pidana di bidang keuangan negara, bantuan hukum, pertimbangan hukum, penegakan hukum, setra tindakan hukum lainnya, optimalisasi pemulihan aset; pengembangan kapasitas SDM, serta pertukaran data.

Nota Kesepahaman atau MoU dengan Kejaksaan yang ditandatangani merupakan pembaharuan dari Nota Kesepahaman yang sudah ada sebelumnya, yaitu antara BPK dan Kejaksaan yang ditandatangani pada 25 Juli 2007 tentang Tindak Lanjut Penegakan Hukum terhadap Hasil Pemeriksaan BPK yang diduga mengandung unsur tindak pidana.

KLHK Benarkan Temuan BPK soal Uang Negara di Rekening Pribadi Pejabat,Totalnya Rp 128.065.743

Dan MoU tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, atau terkait dengan e-audit yang ditandatangani pada Tahun 2011.

Sedangkan antara BPK dan Polri tentang Tindak Lanjut Penegakan Hukum terhadap Hasil Pemeriksaan BPK yang diduga mengandung unsur tindak pidana yang ditandatangani pada 21 November 2008 serta MoU tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara atau terkait dengan e-audit yang ditandatangani pada 2011.(wen/SUMUTkota.com)



Awasi Kerugian Negara, BPK RI Perwakilan Sumut Jalin Kerjasama dengan Polda dan Kejati | Bang Naga | on Selasa, 11 Agustus 2020 17:13 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Awasi Kerugian Negara, BPK RI Perwakilan Sumut Jalin Kerjasama dengan Polda dan Kejati
Description: Nota Kesepahaman berisi tentang kesepakatan kerjasama dalam rangka pemeriksaan, tindak lanjut atas hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara.
Alamat: https://sumutkota.com/tribun/2020/08/11/awasi-kerugian-negara-bpk-ri-perwakilan-sumut-jalin-kerjasama-dengan-polda-dan-kejati.html
Artikel Terkait

BLT - Cara Cek Nama Penerima BLT Rp 600.000, Subsidi Gaji Karyawan, Klik kemnaker.go.id

BLT - Cara Cek Nama Penerima BLT Rp 600.000, Subsidi Gaji Karyawan, Klik kemnaker.go.id


Sumutkota.comCara cek nama penerima BLT.telah melakukan pencairan BLT subsidi gaji Rp 600.000 tahap 4. ... Read More →

Reaksi Ayah Lesti Kejora saat Putrinya Disebut Terlihat Semakin Mirip dengan Rizky Billar

Reaksi Ayah Lesti Kejora saat Putrinya Disebut Terlihat Semakin Mirip dengan Rizky Billar


Sumutkota.comAyah Lesti Kejora tak menampik kemungkinan adanya kemiripan antara Rizky Billar dan Lesti. ... Read More →

BURSA TRANSFER, Man City Resmi Datangkan Ruben Dias Senilai Rp 1,2 Triliun

BURSA TRANSFER, Man City Resmi Datangkan Ruben Dias Senilai Rp 1,2 Triliun


Sumutkota.comManchester City resmi mendatangkan Ruben Dias dari Benfica dengan mahar sebesar Rp 1,2 triliun. ... Read More →

Lidya Pratiwi Curhat Perasaannya saat Bebas dari Penjara, Akui Sempat Takut akan Penilaian Orang

Lidya Pratiwi Curhat Perasaannya saat Bebas dari Penjara, Akui Sempat Takut akan Penilaian Orang


Sumutkota.comLidya Pratiwi mengaku canggung saat kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga. Meski begitu, wanita 33 tahun tersebut merasa begitu bersyukur. ... Read More →

Mengulik 5 Fakta tentang Suami Baru Meggy Wulandari, Pejabat Sekaligus Pengusaha Ekspedisi

Mengulik 5 Fakta tentang Suami Baru Meggy Wulandari, Pejabat Sekaligus Pengusaha Ekspedisi


Sumutkota.comMeggy Wulandari mengaku telah menikah secara agama di rumahnya. Pernikahan secara negara pun akan dilaksanakan menyusul. ... Read More →

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Server Pulsa Online

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI Contack Me Zodiak
© 2017 - 2020 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds