Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Dinas Pendidikan Kabupaten Karo: Siswa Terkendala Biaya Internet Bisa Dibantu Dana BOS

Oleh : Admin | on Kamis, 6 Agustus 2020 14:58

Dinas Pendidikan Kabupaten Karo: Siswa Terkendala Biaya Internet Bisa Dibantu Dana BOS
DOWNLOAD APP sumutkota.com

SUMUTkota-MEDAN.com, KABANJAHE - Di masa pandemi penyebaran virus corona (Covid-19) seperti saat ini, seluruh daerah yang rawan masih menerapkan sistem pembelajaran secara Dalam Jaringan (Daring).  

Kabupaten Karo  hingga saat ini masih berada pada status zona merah, untuk itu Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karo juga masih menyarankan sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh.

Namun, setelah sekian lama pembelajaran dilakukan secara Daring mulai timbul beberapa kendala.

Salah satu kendala yang muncul ialah, banyaknya orangtua yang sudah mulai mengeluh tentang biaya pembelian paket internet untuk anaknya belajar.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Karo Eddi Surianta Surbakti saat dikonfirmasi mengatakan, jika saat ini pihak sekolah sudah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu siswa yang terkendala akan layanan internet.

PAKET INTERNET, Tiap Bulan Siswa Dapat 8 GB, SMAN 5 Medan Alokasikan Dana BOS Paket Internet

Langkah ini diketahui juga telah disarankan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang tertuang di Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan Juknis Nomor 8 tahun 2020.

"Memang kemarin Kementerian juga sudah mengeluarkan peraturan tentang penggunaan dana BOS untuk keperluan penyediaan layanan internet untuk siswa belajar. Dan ini juga sudah kita sampaikan kepada seluruh sekolah," ujar Eddi, Kamis (6/8/2020).

Saat ditanya mengenai seperti apa prosedur penggunaan dana BOS ini untuk membeli internet, Eddi mengaku hal tersebut merupakan wewenang dari sekolah.

Pasalnya, dari kementerian juga tidak dipatok harus berapa besaran internet yang harus diberikan oleh sekolah ke tiap siswa.

"Kalau itu kebijakan dari sekolah lagi, soalnya tidak baku. Yang paling penting itu, sekolah memang benar-benar melakukan pembelajaran dendam sistem Daring, baru bisa dana BOS ini digunakan untuk bantuan membeli paket internet," katanya.

Mendikbud Sarankan Siswa Tak Punya Kuota Internet Agar Memintanya ke Sekolah, Ada Dana BOS di Sana!

Eddi menjelaskan, agar anggaran juga dapat tepat sasaran pihaknya sebelumnya sudah meminta kepada pihak sekolah agar melakukan koordinasi kepada wali siswa. Dirinya mengatakan, langkah ini juga untuk mendata berapa banyak siswa yang dirasa sangat perlu mendapatkan bantuan penyediaan layanan internet.

"Karena kan enggak semua yang seperti itu, ada juga yang orangtuanya mampu membeli paket internet, bahkan ada yang punya fasilitas wifi di rumahnya. Makanya, kita minta sekolah, juga mendata seperti apa kondisi siswa yang ada di sekolahnya masing-masing," ungkapnya.

Smartfren Hadirkan Keseruan Berinternet Maksimal Lewat Kuota Nonstop Bagi Generasi Konten

Pria berkacamata ini mengatakan, hingga saat ini diketahui sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan penggunaan dana BOS ini untuk kepentingan pembelajaran Daring. Pasalnya sekian untuk siswa, penggunaan paket internet ini juga diperlukan oleh guru yang juga menggunakan internet untuk pemberian metode pembelajaran jarak jauh. (cr4/SUMUTkota.com)



Dinas Pendidikan Kabupaten Karo: Siswa Terkendala Biaya Internet Bisa Dibantu Dana BOS | Bang Naga | on Kamis, 6 Agustus 2020 14:58 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Dinas Pendidikan Kabupaten Karo: Siswa Terkendala Biaya Internet Bisa Dibantu Dana BOS
Description: Sekolah sudah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu siswa yang terkendala akan layanan internet.
Alamat: https://sumutkota.com/tribun/2020/08/06/dinas-pendidikan-kabupaten-karo-siswa-terkendala-biaya-internet-bisa-dibantu-dana-bos.html
Artikel Terkait

Rizky Billar Beri Hadiah Apartemen Mewah untuk Lesty Kejora, Wujud Rasa Terima Kasih

Rizky Billar Beri Hadiah Apartemen Mewah untuk Lesty Kejora, Wujud Rasa Terima Kasih


Sumutkota.comDara berusia 21 tahun itu tampak masih tak percaya diberi hadiah apartemen 3 kamar oleh Rizky Billar. ... Read More →

Pajak Mobil Baru Nol Persen Harga Avanza dan Xpander Menjadi Rp 100 Jutaan, Ini Perhitungannya

Pajak Mobil Baru Nol Persen Harga Avanza dan Xpander Menjadi Rp 100 Jutaan, Ini Perhitungannya


Sumutkota.comPetinggi Astra Bob Azam mengatakan kalau pajak-pajak mobil baru jadi 0 persen, akan menekan harga mobil sekitar setengahnya dari saat ini. ... Read More →

Si Pembeli Ungkap Keistimewaan Celana Dalam Dinar Candy, Belum Dicuci & Beli dengan Harga Rp 50 Juta

Si Pembeli Ungkap Keistimewaan Celana Dalam Dinar Candy, Belum Dicuci & Beli dengan Harga Rp 50 Juta


Sumutkota.comLebih lanjut, Dinar Candy senang karena akhirnya celana dalamnya sudah laku dibeli seharga Rp 50 juta oleh Bobby Stuntrider. ... Read More →

BERITA FOTO Pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi Cabut Nomor Urut

BERITA FOTO Pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi Cabut Nomor Urut


Sumutkota.comPasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rahman dan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi melaksanakan pengundian nomor urut ... Read More →

Kawal Proses Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada, Polres Tanah Karo Siapkan 150 Personel

Kawal Proses Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada, Polres Tanah Karo Siapkan 150 Personel


Sumutkota.comDalam memberikan pengamanan di lokasi pengundian nomor urut, Polres Tanah Karo menerjunkan sejumlah personelnya. ... Read More →

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Server Pulsa Online

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI Contack Me Zodiak
© 2017 - 2020 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds