Top 3 Dunia: Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia Usai Penantian Dua Dekade

Sedang Trending 4 hari yang lalu 25
Jumat, 25 November 2022 06:00 WIB
Perdana Menteri baru Malaysia Anwar Ibrahim melambai kepada fotografer saat ia tiba di Istana Nasional di Kuala Lumpur, Malaysia, 24 November 2022. Anwar resmi dilantik sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia. Fazry Ismail/Pool via REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Berita apical 3 dunia kemarin adalah Anwar Ibrahim akhirnya resmi dilantik jadi Perdana Menteri Malaysia yang baru. Ia menjabat sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia. 

Sebelum menjadi PM, Anwar Ibrahim harus melewati jalan panjang dan berliku. Ia pernah tiga kali dipenjara karena kasus sodomi.

Berita apical 3 dunia terakhir adalah China yang memberi bantuan kepada korban gempa Cianjur. Presiden China Xi Jinping mengucapkan duka cita kepada Jokowi atas musibah tersebut. Berikut selengkapnya: 

1. Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Anwar Ibrahim ditunjuk oleh Sultan Malaysia sebagai PM Malaysia, demikian dikabarkan kantor berita Bernama, Kamis, 24 November 2022.

Ketua Pakatan Harapan ini akan menjabat sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia. Pemilu Malaysia yang digelar Sabtu lalu gagal memilih perdana menteri karena tidak ada partai memperoleh suara mayoritas. Partai-partai juga gagal membentuk kaolisi, sehingga Raja Malaysia yang memutuskan siapa yang akan dipilih sebagai PM.

Menurut Bernama, Sultan berpesan kepada anggota DPR untuk saling mengulurkan tangan untuk bersatu kembali demi masa depan negara. Ia juga mengingatkan Anggota DPR untuk menunjukkan solidaritas, mengutamakan, komitmen tinggi dan pelayanan terbaik kepada rakyat.

Berita selengkapnya di sini.

2. Profil Anwar Ibrahim: Pernah di Penjara 15 Tahun, Kini Jadi PM Malaysia

Raja Al-Sultan Abdullah akhirnya menunjuk Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia yang baru, menggantikan Ismail Sabri Yakoob. Anwar Ibrahim akan dilantik sore ini pukul 17.00. Ketua Pakatan Harapan itu akan menjabat sebagai perdana menteri Malaysia yang ke-10. 

Perjalanan Anwar Ibrahim menjadi perdana menteri, panjang dan berliku. Setelah menang pemilu Malaysia yang digelar pada Sabtu lalu, ia tak lantas didapuk menjadi perdana menteri Malaysia. 

Koalisi Anwar Ibrahim, yang dikenal sebagai Pakatan Harapan, memenangkan kursi terbanyak dalam pemungutan suara hari Sabtu dengan 82. Saingannya adalah blok Perikatan Nasional Muhyiddin memenangkan 73. Mereka membutuhkan 112 suara untuk membentuk pemerintahan.

Blok Barisan Nasional yang merupakan penguasa lama, hanya mendapatkan 30 kursi. Barisan Nasional menyatakan tidak akan mendukung pemerintahan yang dipimpin oleh Muhyiddin maupun Anwar.

Selengkapnya baca di sini. 

3. China Menyiapkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Pemerintah China menyiapkan bantuan untuk penanganan bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. "China siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk bencana di Indonesia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Rabu, 23 November 2022.

Menurut dia, Presiden China Xi Jinping telah mengirimkan pesan duka cita kepada korban bencana melalui Presiden Joko Widodo.

"China dan Indonesia merupakan tetangga yang bersahabat," kata Zhao dalam pengarahan pers reguler itu.

Pihaknya merasa yakin bangsa Indonesia mampu mengatasi bencana tersebut dan segera membangun kembali rumah-rumah mereka yang rusak akibat guncangan gempa bermagnitudo 5,6 pada Senin siang, 21 November 2022.

Namun dia tidak memerinci jenis dan rupa bantuan pemerintah China yang siap dikirimkan untuk korban bencana gempa Cianjur tersebut.

Dalam pesan duka yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi pada Selasa lalu, Presiden Xi mengaku terkejut mendengar bencana gempa di Indonesia yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian material.

Baca di sini berita selengkapnya.

REUTERS | CNA | FREE MALAYSIA TODAY






1 jam lalu

Gempa Susulan Guncang Cianjur Jumat Dini Hari, Warga Panik

Gempa susulan cukup keras 4,1 Magnitudo kembali mengguncang Cianjur, Jumat 25 November 2022 dini hari.


4 jam lalu

Top 3 Tekno Berita Kemarin: Gempa Cianjur, Sesar Cimandiri dan Sesar Lembang

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Kamis 25 November 2022, dipuncaki artikel yang menjelaskan apa itu Sesar Cimandiri dan Sesar Lembang.


5 jam lalu

Gempa Cianjur, Raja Charles III Ungkap Belasungkawa

Raja Charles secara khusus menggerakkannya untuk mengirimkan belasungkawa kepada keluarga korban gempa Cianjur.


6 jam lalu

Bantuan Tiba saat Korban Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit

Bantuan untuk korban gempa Cianjur mulai mengalir ke Cugenang.


7 jam lalu

Ahli dari UGM Sebut Aktivitas Gempa Darat di Jawa Bagian Barat Lebih Tinggi

Ahli dari UGM menyebut aktivitas gempa di Pulau Jawa bagian barat yang diakibatkan oleh sesar aktif di darat lebih tinggi dibandingkan daerah lain.


7 jam lalu

Gempa Cianjur, Mobil Berpenumpang 7 Kepala TK Ditemukan Tertimbun Longsoran Tebing

Teka-teki keberadaan mobil berpenumpang rombongan Kepala TK yang pada saat gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo tertimbun longsor akhirnya terjawab


8 jam lalu

Gempa Cianjur, Anjing K9 Polri Endus Lokasi Korban Tertimbun Longsor

Sepuluh ekor anjing K9 dikerahkan Direktorat Polisi Satwa, Badan Pemelihara Keamanan, Polri, ke Cugenang, daerah terdampak parah gempa Cianjur.


8 jam lalu

Gempa Cianjur, Sandiaga Uno Ungkap Kerusakan yang Dialami Desa Wisata dan Sentra Ekraf

Gempa Cianjur itu juga menyebabkan longsor dan membuat sejumlah akses jalan terputus.


8 jam lalu

Yogya Kirim Kendaraan Taktis Bantu Korban Gempa Cianjur

Titik utama pengoperasian armada kendaraan taktis dan para relawan di country korban gempa Cianjur paling parah.


9 jam lalu

Anwar Ibrahim Ucapkan Terima Kasih, Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Beri Selamat

Jokowi menelepon Anwar Ibrahim tak lama setelah ia dilantik menjadi PM Malaysia.


Saksikan Video Top 3 Dunia: Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia Usai Penantian Dua Dekade Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel