Tips Suami Istri Jaga Kekompakan dan Keharmonisan, Salah Satunya Memasak

Sedang Trending 4 hari yang lalu 26

Sumutkota.com: Tips Suami Istri Jaga Kekompakan dan Keharmonisan, Salah Satunya Memasak- Selama ini masyarakat berpendapat bahwa suami dan istri mempunyai hak dan tanggung jawabnya masing-masing, dimana kewajiban istri di rumah identik dengan mengurus rumah dan anak, sementara suami mempunyai kewajiban bekerja dan mencari nafkah.

Namun, sebenarnya setiap kegiatan di rumah akan memberikan hasil yang lebih bagus kalau dilakukan secara bersama-sama.

Salah satunya kegiatan memasak, dengan adanya kolaborasi antara suami dan istri di dapur bagus dalam berkomunikasi, menyiapkan makanan yang lezat, sebenarnya dapat memberikan dampak positif dalam hubungan, seperti meringankan pekerjaan istri sekaligus mempererat keluarga dan keharmonisan rumah tangga.

Baca juga: TIPS Mayangsari Agar Suami Tidak Direbut Pelakor

Psikolog Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC,  mengatakan, bukan hanya kedekatan dan keintiman secara fisik, namun kedekatan secara emosional antara suami dan istri harus dijaga, dirawat dan dipelihara.

Quality time bersama pasangan juga perlu dilakukan, misalnya merayakan hari spesial dengan memasak bersama di dapur rumah.

Suami yang dengan senang hati membantu pekerjaan istri di rumah dapat meningkatkan kehidupan yang harmonis.

Tidak hanya menyehatkan bagi suami dan istri, harmonisasi dalam keluarga juga berdampak bagi anak-anak yang menjadi bagian pernikahan.

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antar suami istri, termasuk dalam hal berbagi peran dalam pekerjaan rumah tangga, memasak misalnya.

Baca juga: TIPS Mayangsari Agar Suami Tak Direbut Pelakor, Video Lawasnya Kembali Viral

Beberapa tips yang dapat dilakukan suami istri untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan keharmonisan keluarga menurut Irma Gustiana :

1. Membuat rencana kegiatan sederhana yang dapat dilakukan bersama-sama dengan waktu yang berkualitas, misalnya belanja kebutuhan rumah tangga termasuk keperluan memasak di dapur, membikin jadwal menu makanan bagi keluarga, atau mencari resep masakan baru di media sosial, dan tetap banyak lagi.

2. Libatkan seluruh personil keluarga, termasuk anak-anak untuk memasak bersama di dapur karena kegiatan memasak dapat membikin hubungan antara keluarga menjadi lebih dekat dan semakin hangat. Memasak bersama dapat menjadi agenda rutin bersama keluarga di akhir pekan.

3. Lakukan kegiatan memasak sebagai agenda krusial dalam kebersamaan dengan pasangan. Karena ada banyak hal yang dapat dikomunikasikan dalam proses kegiatan memasak bersama. Selain kerja sama dan kolaborasi dalam menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga, biarkan anak-anak memandang harmonisasi yang terjalin dalam kegiatan memasak bersama, karena akan menjadi contoh konkret yang dapat ditiru anak-anak dan seluruh personil keluarga lain. Bahwa dari kegiatan #SuamiIstriMasak, akan tumbuh cinta yang kuat.

Baca juga: Bagi-bagi Tips Menghindari Pelakor dalam Rumah Tangga, Mayangsari Dicibir: Kan Dia Biangnya

Sebagai kawan terbaik Ibu Indonesia, Kecap ABC mendukung kegiatan kolaborasi suami dan istri di dapur agar menyatukan keluarga untuk saling mendukung satu sama lain.

Lewat kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC membikin hal yang tak mungkin menjadi mungkin.

Pandangan bahwa kolaborasi antara suami istri di dapur tak mungkin dilakukan, dapat dilakukan bersama Kecap ABC melalui video #SuamiIstriMasak.
 
Pentingnya kolaborasi pasangan di rumah mendorong Kecap ABC konsisten melaksanakan kampanye #SuamiIstriMasak sejak 2018. Kampanye ini bermula dari bujukan untuk istri mendukung suami memasak, pada tahun 2020 kampanye ini berlanjut ke bujukan untuk anak-anak melakukan hal serupa melalui platform edukasi.

Kampanye ini mengajak para suami agar mau membantu istri melalui hal-hal sederhana yang dapat dilakukan di dapur.

“Melalui kampanye #SuamiIstriMasak, kami mau mengajak dan menyampaikan pesan kepada para suami dan istri bahwa waktu berkualitas dalam menjalin ikatan dengan keluarga dapat diciptakan bilamana saja dan di mana saja, termasuk di dapur rumah,” jelas Marketing and R&D Director Indonesia/PNG The Kraft Heinz, Susanne Migchels.
 
Contoh pasangan suami istri yang selalu kompak dan berkolaborasi perihal pekerjaan domestik rumah tangga ditunjukkan oleh pasangan selebritis Christian Sugiono dan Titi Kamal. Tian, sapaan akrab Christian Sugiono, tak sungkan untuk membantu Titi menyelesaikan pekerjaan di dapur.

"Saya suka memandang Titi sibuk di dapur dan terkadang terlihat lelah. Jadi saya suka ikut membantu Titi di dapur misalnya pada saat menyiapkan makanan untuk keluarga pada waktu weekend,” cerita Tian.
 
“Kalau saya lagi masak, Tian sering sekali membantu. Saya sama sekali tak merasa terganggu tiap Tian ikut nimbrung di dapur, malah terbantu dengan hal-hal mini yang dilakuin Tian selama saya masak. Biasanya kalau lagi masak menu favorit dia, tongseng kambing, Tian juga ikut terlibat proses memasaknya. Contohnya nih dosis kecap harus sesuai sama seleranya, jadi Tian sendiri yang menuang dan mencoba sendiri sudah pas atau belum rasanya," tutur Titi.
 
Lebih lanjut Susanne menuturkan bahwa kampanye #SuamiIstriMasak sejalan dengan komitmen PT Heinz ABC Indonesia selaku produsen Kecap ABC untuk lanjut membawa dampak positif bagi konsumen.  Sebagai bagian dari The Kraft Heinz Company dimana pada bulan Oktober 2022 lampau telah me-release laporan ESG (Environment, Social and Governance) 2022 berjudul Together at the Table.

Kampanye #SuamiIstriMasak ini merupakan bagian dari Together at the Table (Bersama di Meja), menekankan makna pentingnya Suami dan Istri menyajikan hidangan lezat dan bergizi bagi keluarga, dan menikmatinya bersama personil keluarga bersama-sama.

(Cr30/Sumutkota.com)

Saksikan Video Tips Suami Istri Jaga Kekompakan dan Keharmonisan, Salah Satunya Memasak Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel