Tips Mudah untuk Mengunci dan Mematikan Aplikasi WhatsApp

Sedang Trending 4 hari yang lalu 30
Jumat, 25 November 2022 05:36 WIB
Ilustrasi WhatsApp. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - WhatsApp merupakan media sosial sangat fashionable yang memungkinkan pengguna saling mengirim dan menerima pesan. Dengan fitur yang dimiliki, WhatsApp juga melindungi privasi para penggunanya.

Seseorang dapat memilih untuk dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur kunci aplikasi untuk WhatsApp. Ketika Anda memilih untuk mengaktifkannya, maka Anda perlu menambahkan sidik jari atau wajah untuk dapat membuka kunci akses ke WhatsApp.

Selain itu, dalam kondisi ini pun Anda tak perlu khawatir akan menganggu aktivitas lainnya, seperti menelepon dan video call. Dengan fitur ini, Anda tetap dapat menjawab panggilan jika aplikasi terkunci.

Berikut adalah langkah-langkah mengunci akun WhatsApp untuk keamanan dan privasi Anda ke depannya yang dikutip dari faq.whatsapp.com.

Mengaktifkan kunci aplikasi

Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi WhatsApp Anda telah ter-update pada versi yang paling terbaru. Perlu diketahui bahwa kunci sidik jari hanya tersedia di perangkat Android dengan sensor sidik jari yang menjalankan Android 6.0+ yang mendukung API sidik jari Google.

Sementara untuk pemindaian wajah, hanya dapat digunakan di perangkat Android dengan pemindai wajah. Anda bisa melewati langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya di smartphone Anda.

Bukalah WhatsApp, kemudian ketuk ‘opsi lainnya’ yang ditunjukan dengan titik tiga berada di atas pinggir kanan.Setelah terbuka, Anda dapat melanjutkan dengan klik ‘Privacy’.Scroll hingga bawah sampai Anda menemukan pilihan ‘Fingerprint lock’.Kemudian aktifkan tombol pada pilihan ‘Unlock with fingerprint’, dengan menggeserkankannya ke kanan. Pada tahap ini, Anda juga bisa memilih opsi lain seperti Apakah pattern (pola), PIN, atau sidik jari.Khusus untuk fingerprint, akan muncul ‘Confirm fingerprint’, lalu sentuh sensor sidik jari atau pindai wajah Anda untuk mengonfirmasi.Anda dapat mengetuk untuk memilih jangka waktu sebelum autentikasi sidik jari diminta.Nyalakan Tampilkan konten di notifikasi jika Anda ingin mempratinjau isi pesan di dalam notifikasi pesan baru.Menonaktifkan kunci aplikasi

Adapun cara untuk menonaktifkan fitur privasi yang telah Anda nyalakan sebelumnya, dapat ditempuh dengan beberapa langkah berikut ini:

Bukalah WhatsApp, kemudian ketuk ‘opsi lainnya’ yang ditunjukan dengan titik tiga berada di atas pinggir kanan.Lalu masuk ke dalam opsi ‘Privasi’.Gulir ke bawah, lalu ketuk Kunci aplikasi.Matikan Buka kunci dengan biometrik.

Baca:
Mengenal WhatsApp Polling, Fitur Baru Milik WahtsApp

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






17 jam lalu

Apa ltu Aplikasi FacePlay dan Cara Mengunduhnya?

Aplikasi faceplay untuk mengedit foto atau video


23 jam lalu

5 Negara Pengguna Aplikasi MiChat Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Satu

5 Negara yang menggunakan aplikasi MiChat diantaranya adalah Indonesia, Prancis, Argentina, Malaysia dan Amerika Serikat


1 hari lalu

Kreator Komik Pindah Massal dari Twitter ke Hive, Ini Alasannya

Hive dideskripsikan sebagai penggabungan konsep dari berbagai jejaring sosial, termasuk Instagram dan Twitter, dan bahkan MySpace.


1 hari lalu

8 Situs dan Aplikasi Buat Nonton Live Streaming Piala Dunia 2022

Simak daftar situs dan aplikasi nonton unrecorded streaming pertandingan piala dunia 2022


2 hari lalu

Mengenal WhatsApp Polling, Fitur Baru Milik WahtsApp

Melansir India Times, disebutkan bahwa fitur tersebut memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna WhatsApp dalam membuat polling.


3 hari lalu

Solusi dan Tips Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail

Banyak pengguna Gmail lupa password atau kata sandi. Penyebabnya bisa karena memiliki banyak akun atau akun Gmail sudah lama tak dibuka


3 hari lalu

10 Situs dan Aplikasi Beli Tiket Pesawat Terbaik, Banyak Promo Menarik

Berikut situs atau aplikasi pesan tiket pesawat terbaik dan banyak promo harga.


4 hari lalu

Whatsapp Luncurkan Fitur Polling, Begini Cara Membuatnya

Sekarang pengguna WhatsApp juga dapat menggunakan fitur Polling dalam obrolan atau chat pribadi.


6 hari lalu

DPRD DKI Setujui Anggaran Rp 157 Miliar untuk Membangun Aplikasi Layanan Pajak

DPRD DKI berharap aplikasi layanan pajak ini mampu mengoptimalkan PAD DKI Jakarta dan menekan tingkat kebocoran.


6 hari lalu

Kapolda Metro Jaya Luncurkan Aplikasi Ada Polisi untuk Cegah Kejahatan Jalanan

Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi pencegahan kejahatan jalanan bernama Ada Polisi


Saksikan Video Tips Mudah untuk Mengunci dan Mematikan Aplikasi WhatsApp Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel