Tim SAR Berhasil Temukan 17 Korban Hilang Gempa Cianjur Hari Ini

Sedang Trending 21 jam yang lalu 27
Jumat, 25 November 2022 17:56 WIB
Warga melintas di dekat bangunan yang rusak akibat gempa cianjur di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 November 2022. Dalam information Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terakhir full rumah rusak akibat Gempa Cianjur mencapai 56.311, dengan rincian rusak berat 22.267 unit, rusak sedang 11.836 portion dan rusak ringan 22.208 unit. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Badan SAR Nasional berhasil mengevakuasi 17 dari 39 korban gempa Cianjur yang hilang akibat tertimbun longsoran tanah. Belasan korban ini ditemukan di dua lokasi berbeda, yakni warung Sate Shinta dan Desa Cijedil. 

"Hingga pukul 15.35 WIB, Tim SAR berhasil mengevakuasi 17 korban. Masing-masing sembilan korban di warung sate oleh Tim Alfa dan delapan korban di Cijedil oleh Tim Bravo," ujar Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi dalam keterangannya, Jumat, 25 November 2022. 

Henri mengatakan penemuan ini cukup signifikan karena belasan berhasil ditemukan dalam waktu relatif berdekatan. Apalagi, Henri mengatakan para korban merupakan fokus operasi SAR.

Adapun jenis kelamin para korban yang ditemukan itu, yakni 11 perempuan dewasa, 2 laki-laki dewasa, dan 4 anak-anak. Para korban kini telah dievakuasi ke RSUD Cianjur untuk proses identifikasi lebih lanjut.

Baca: Basarnas Kerahkan 11 Ekor Anjing SAR Cari Korban Gempa Cianjur

Dalam proses evakuasi hari ini, Henri menyebut belasan anjing SAR itu dikerahkan bersama dengan 1.408 personel yang dibagi menjadi 3 kelompok. Tim A dengan jumlah 456 personel dengan lima anjing SAR serta empat personel technical search peralatan life detector bekerja di country warung Sate Shinta. Di lokasi ini pada pagi tadi tim berhasil menemukan empat jenazah.

Kemudian Tim B beroperasi di country Cijendil RT 03 RW 1, Kecamatan Cugenang dengan kekuatan 472 personel, empat anjing SAR, dan empat personel technical search peralatan life detector. Terakhir Tim C beroperasi di Kampung Cicadas, Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang dengan kekuatan 480 personel, dua anjing SAR, dan 4 personel technical search peralatan life detector. 

"Total personel yang terlibat tercatat 1.408 orang dari Basarnas maupun potensi SAR yang berasal dari 192 instansi dan organisasi," kata Henri.

Henri menyebut timnya harus melakukan pemetaan lokasi para korban yang tertimbun di kedalaman yang bervariasi. Selain itu, hujan yang intens mengguyur serta adanya gempa susulan menjadi tantangan bagi tim SAR. “Tim SAR berusaha mengurai tanah longsor dan membongkar bangunan-bangunan di bawahnya yang diduga kuat terdapat korban,” kata Henri. 

Selain mengerahkan tenaga manusia, Basarnas juga mengerahkan peralatan berat berupa 2 portion excavator. Selain itu, tim juga menggunakan peralatan alcon atau penyembur aerial untuk mengikis dan menggerus timbunan tanah longsor.

Sementara itu untuk para korban selamat yang sedang mengungsi, Basarnas juga akan melaksanakan droping logistik melaui helikopter. Logistik itu berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan aerial mineral di wilayah terisolir.

Wilayah yang bakal menjadi sasaran dropping logistik melaui helikopter itu antara lain Kecamatan Cugenang, Desa Bunikasih, Kecamatan Warung Kondang, Kampung Cikadal, Desa Nyalindung, Kampung Pasir Sapi, Kecamatan Mangunkerta, dan Kecamatan Sarampad.

Baca: Cerita Pengungsi Yang Selamat Dari Gempa Cianjur, Tahan Tembok Rubuh Demi Cucu

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.






21 menit lalu

Erick Thohir Kunjungi Trauma Healing Korban Gempa Cianjur

Erick mengapresiasi sekaligus mendorong perusahaan BUMN berkolaborasi membantu penyintgas gempa Cianjur.


26 menit lalu

Kemensos Buka Dapur Umum di Jakarta dan Bekasi untuk Penyintas Gempa Cianjur

Dapur umum di TMP Kalibata dan Sentra Pangudi Luhur untuk memasak lauk yang siap antar ke Cianjur.


33 menit lalu

Gempa Cianjur, Tim SAR Temukan Jenazah Ibu dan Anak Saling Berpelukan

Badan SAR Nasional mencatat hingga siang ini masih terdapat 35 korban gempa Cianjur yang hilang akibat tertimbun longsoran tanah.


1 jam lalu

7 dari 39 Korban Hilang Gempa Cianjur Ditemukan Hari Ini

Basarnas mengerahkan 217 personel untuk mencari korban hilang gempa Cianjur.


1 jam lalu

Erick Thohir: BUMN Terus Bersinergi Bantu Bencana Cianjur

Sebagai salah satu BUMN, BRI melalui CSR BRI Peduli turut proaktif membantu warga terdampak.


2 jam lalu

Drop Selama Mengungsi, Satu Orang Korban Gempa Cianjur Meninggal

Korban gempa Cianjur itu mengungsi di depan pelataran mesjid tanpa tenda dan lainnya, sehingga tambah drop. Mengalami kelelahan dan lemas.


3 jam lalu

Anjing Pelacak Polri Temukan Dua Jenazah Korban Gempa Cianjur

Daerah Cugenang merupakan wilayah terdampak paling parah usai longsor dan gempa Cianjur. Sejumlah warga masih dikabarkan hilang di sana.


3 jam lalu

Basarnas Kerahkan 11 Ekor Anjing SAR Cari Korban Gempa Cianjur

Tim Basarnas melakukan pemetaan lokasi para korban gempa Cianjur yang tertimbun di kedalaman yang bervariasi.


4 jam lalu

Anak Penyintas Gempa Cianjur Ceria Sambut Jokowi

Kemensos dirikan 12 dapur umum, pasok 24.000 paket makanan siap saji per hari.


7 jam lalu

Korban Gempa Cianjur Butuh Tenda Darurat

Korban gempa Cianjur, Jawa Barat, hidup serba kekurangan. Mereka membutuhkan tenda darurat.


Saksikan Video Tim SAR Berhasil Temukan 17 Korban Hilang Gempa Cianjur Hari Ini Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel