Sebanyak 106 Madrasah Swasta Diusulkan Jadi Negeri

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 42

Sekolah Saturday, 01 Oct 2022, 07:33 WIB

 republika.Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan perubahan status 106 madrasah swasta menjadi negeri. Ilustrasi. Foto : republika.

Kampus--Sebanyak 106 madrasah swasta diusulkan berubah status menjadi negeri. Usulan alih status madrasah swasta menjadi negeri itu sudah disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB)

“106 sedang kita coba usulkan untuk dialihstatuskan dari swasta menjadi negeri,” kata Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Rohmat Mulyana saat meninjau Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (30/09/22).

Ikut mendampingi, Kepala MAN 1 Kota Malang, Binti Maqsudah serta Kabag Humas, Data, dan Informasi Ditjen Pendidikan Islam Mizan Sya’roni.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Itu menjadi bagian dari upaya kami memperbanyak madrasah berkualitas dan memperluas akses masyarakat,” tambah Rohmat seperti dirilis laman kemenag.go.id.

Rohmat menjelaskan, madrasah swasta diusulkan untuk penegerian setelah memenuhi kriteria yang diatur regulasi. Kriteria itu antara lain terkait luas lahan, termasuk juga statutus tanahnya yang harus dialihkan ke Kementerian Agama.

“Nantinya setelah proses penegerian disahkan, Kemenag secara bertahap akan membangun madrasah tersebut,” tuturnya.

Terkait kebutuhan guru, jelasnya, awalnya akan mengoptimalkan guru madrasah negeri yang ada di sekitarnya. Setelah terbentuk satker madrasah baru, mereka dapat mengusulkan ASN baru.

Rohmat mengungkapkan madrasah di Indonesia mayoritas dikelola oleh masyarakat secara berdikari atau swasta. Jumlahnya mencapai lebih dari 93,5%, sementara yang negeri, hanya sekeliling 6,5%.

“Alhamdulillah, madrasah negeri saat ini lanjut berkembang dengan baik. Sekarang banyak madrasah swasta yang mengusulkan penegerian. Jumlah setiap tahunnya fluktuatif. Namun, kami lanjut berkoordinasi dengan KemenPANRB,” tegasnya.

Baca juga :

Kemenag Gelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tahun 2022, Ini Syaratnya

Kemenag Kukuhkan 17 Guru Besar Baru. Ini Daftarnya

Kemenag Tawarkan Beasiswa BPPA untuk Mahasiswa PTKI, Ini Syarat Lengkapnya

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Pengumuman Pemenang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Cek di Laman ksm.kemenag.go.id

Cek Pengumuman Hasil Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota di Laman ksm.kemenag.go.id

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Simak Jadwalnya

Ikuti informasi krusial dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : [email protected]

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini

Image

Good news is a good news

Saksikan Video Sebanyak 106 Madrasah Swasta Diusulkan Jadi Negeri Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel