Rutin Konsumsi Dua Sendok Madu Bantu Seimbangkan Gula Darah dan Kolesterol

Sedang Trending 22 jam yang lalu 21

Studi buktikan rutin konsumsi madu dapat seimbangkan kadar gula darah dan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madu menjadi andalan Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kesehatan. Rasulullah pun pernah menyebutkan bahwa madu merupakan obat bagi segala penyakit. Studi yang digagas para peneliti di University of Toronto, Kanada, menunjukkan hasil serupa.

Menurut temuan penelitian tersebut, mengganti pemanis tambahan dengan madu dapat menurunkan risiko penyakit tertentu. Sebut saja glukosuria tipe dua, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak nonalkohol. Rutin mengonsumsi dua sendok makan madu pun dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengendalikan kadar kolesterol.

Tim peneliti menganalisis hasil dari 18 percobaan yang mencakup lebih dari 1.100 peserta. Studi menemukan bahwa madu mentah dari pohon False Acacia atau Black Locust mempunyai dampak paling positif pada tubuh. Itu efektif menurunkan glukosa darah puasa dan jumlah kolesterol jahat dalam darah.

Mengonsumsi madu tersebut juga meningkatkan lipoprotein densitas tinggi alias kolesterol bagus dan menunjukkan tanda-tanda membaiknya peradangan. Semua peserta dalam penelitian mengikuti diet sehat secara umum. Peserta diberi rata-rata 40 gram, atau sekeliling dua sendok makan madu setiap hari selama delapan pekan. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa madu kehilangan banyak faedah kesehatannya setelah dipanaskan di atas 65 derajat Celcius.

Peneliti senior studi, Tauseef Khan, menganggap hasil penelitiannya mengejutkan karena madu mengandung sekeliling 80 persen gula. "Tetapi, madu juga merupakan komposisi kompleks dari gula umum dan langka, protein, masam organik, dan senyawa bioaktif lainnya yang kemungkinan besar mempunyai faedah kesehatan," kata Khan.

Para pakar mengatakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa tak seluruh gula harus diperlakukan sama. Bukan berarti seseorang harus benar-benar berhenti mengonsumsi pemanis. "Intinya lebih pada penggantian, kalau Anda menggunakan gula meja, sirup, atau pemanis lainnya, mengganti gula tersebut dengan madu dapat menurunkan risiko kardiometabolik," ucap Khan, dikutip dari laman Independent, Jumat (25/11/2022).

Saksikan Video Rutin Konsumsi Dua Sendok Madu Bantu Seimbangkan Gula Darah dan Kolesterol Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel