Ruangan di Baintelkam Polri Kebakaran, Mabes: Tidak Ada Barang Lain yang Terbakar

Sedang Trending 4 hari yang lalu 27
Jumat, 25 November 2022 06:00 WIB
Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kanan) menyampaikan keterangan terkait penetapan tersangka kasus dugaan penyelewengan dana Aksi Cepat Tanggap (ACT), di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 25 Juli 2022. Polisi menetapkan 4 tersangka dalam kasus dugaan penyelewengan pengelolaan dana bantuan kompensasi dari Boeing untuk korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 oleh ACT. TEMPO/ Febri Angga Palguna

TEMPO.CO, Jakarta -  Ruangan di Gedung Baintelkam Polri kebakaran pada Kamis malam, 24 November 2022. Mabes Polri memastikan tidak ada dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran di salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan atau Baintelkam, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan itu.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat atau Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, kebakaran itu dapat dikendalikan dengan cepat.

"Informasi dari Wakabik yang berada di lokasi, kebakaran sudah bisa dikendalikan dan tidak ada barang-barang lain yang terbakar," kata Ramadhan saat dikonfirmasi pada Jumat dini hari, 25 November 2022.

Menurut Ramdhan, kebakaran itu terjadi akibat gangguan yang dialami dua baterai UPS ((uninterruptible powerfulness supply).

Gangguan tersebut menimbulkan kepulan asap yang langsung dapat ditangani dengan alat pemadam api ringan atau APAR.

"Infonya, ada dua baterai UPS yang mengalami gangguan yang mengakibatkan kepulan asap, saat dipadamkan dengan menggunakan APAR biasa," ujarnya.

Rencananya, kata Ramadhan, baterai UPS itu akan dipindahkan keluar kantor oleh teknisi tapi mengalami hubungan pendek arus listrik.

"Mengalami semacam hubungan pendek yang mengakibatkan percikan api," terangnya.

UPS berfungsi memasok daya ke peralatan elektronik ketika aliran listrik dari PLN terputus sehingga peralatan itu dapat terus berfungsi.

Sebelumnya diberitakan kebakaran terjadi di salah satu ruang Baintelkam pada Kamis (24/11) malam.

Petugas telephone halfway Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Suparno mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 19.55 WIB.

Api berhasil dipadamkan sekitar tiga menit kemudian dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), tetapi asap tebal kembali muncul pada sekitar pukul 22.15 WIB.

Kebakaran di salah satu ruang Bainterlkam Polri itu terjadi sekitar pukul 19.55 WIB. 

Api berhasil dipadamkan sekitar tiga menit kemudian dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), tetapi asap tebal kembali muncul pada sekitar pukul 22.15 WIB.

Petugas Call Center Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Selatan Suparno saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat dini hari, 25 November 2022, menyebutkan sebanyak 14 portion damkar sudah meninggalkan Mabes Polri. Namun, 1 portion damkar dengan lima personel masih berjaga-jaga. "Dikhawatirkan ada penyalaan kembali, maka itu basal by," kata Suparno saat dihubungi pada Jumat dini hari tadi.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan pada hari Kamis (24/11) pukul 22.15 WIB mengirimkan 15 portion mobil damkar dengan 65 petugas setelah menerima laporan munculnya asap tebal di Mabes Polri

Baca juga: Kebakaran di Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri, 15 Mobil Damkar dan 65 Petugas Dikerahkan






1 jam lalu

Kebakaran di Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri, 15 Mobil Damkar dan 65 Petugas Dikerahkan

Petugas pemadam kebakaran selesai mengeluarkan asap di ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta.


5 jam lalu

Ruang Badan Intel Mabes Polri Dilaporkan Sempat Terbakar

Kebakaran dilaporkan terjadi di salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam), Mabes Polri.


14 jam lalu

Penyidik KPK Blokir Rekening Bambang Kayun

Ali mengatakan pemblokiran rekening milik Bambang Kayun dilakukan dalam rangka kebutuhan proses penyidikan kasus tersebut.


16 jam lalu

Kebakaran Rumah Warga di Koja, 50 Petugas Dikerahkan

Kebakaran melanda rumah warga di Jalan Deli Lorang 27 No. 12 Kecamatan Koja, Jakarta Utara, pada Kamis siang, 24 November 2022. Peristiwa tersebut dilaporkan pukul 11.22 WIB.


4 hari lalu

Bareskrim Polri Kantongi Identitas Terduga Penghina Iriana Jokowi

Akun @KoprofilJati itu memposting foto Ibu Negara Iriana Jokowi yang sedang berfoto berdua dengan Ibu Negara Korea Kim Keon-hee di acara KTT G20.


5 hari lalu

Bareskrim Selidiki Identitas Pemilik Akun Twitter yang Diduga Hina Iriana Jokowi

Akun Twitter @KorprofilJati saat ini sudah tidak aktif. Namun, cuitan tentang Iriana Jokowi telah ditangkap layar oleh warganet.


5 hari lalu

Pesawat di Peru Senggol Mobil Pemadam Kebakaran, 2 Petugas Tewas

Pesawat milik LATAM Airlines menyenggol truk pemadam kebakaran di landasan pacu Bandara Internasional Jorge Chavez di Lima, Peru saat lepas landas


5 hari lalu

Seluk-beluk Somasi

Istilah somasi dalam Kitab Undang-undang alias KUH Perdata tidak disebutkan secara eksplisit.


6 hari lalu

Truk Tangki BBM Kebakaran di Tol Cengkareng

Satu portion truk tangki BBM atau Bahan Bakar Minyak mengalami kebakaran di Tol Ring Road Cengkareng, Jakarta Barat malam ini, Jumat, 18 November 2022.


7 hari lalu

Bentuk Relawan Damkar Di 398 RW, Dinas Gulkarmat DKI Butuh Anggaran Rp 11,8 Miliar

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI akan membentuk relawan damkar atau pemadam kebakaran di 398 RW.


Saksikan Video Ruangan di Baintelkam Polri Kebakaran, Mabes: Tidak Ada Barang Lain yang Terbakar Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel