Piala Dunia 2022 Termahal Sepanjang Sejarah, dari Mana Sumber Kekayaan Qatar?

Sedang Trending 1 hari yang lalu 23
Jumat, 25 November 2022 17:16 WIB
Seorang pria berdiri di samping patung Piala Dunia di kawasan Stadion Lusail di Lusail, Qatar, 10 November 2022. Stadion Lusail memiliki kapasitas mencapai 80 ribu penonton. Lokasi stadion tersebut berada di Utara Doha, Qatar. REUTERS/Marko Djurica

TEMPO.CO, Jakarta - Piala Dunia 2022 di Qatar menarik perhatian dunia. Di tengah berbagai kontroversi, Piala Dunia kali ini menjadi salah satu bukti Qatar kepada dunia bahwa mereka negara kaya. Hal ini tak lepas dari pembangunan besar-besaran yang dilakukan Qatar untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022.

Lalu, dari mana sumber kekayaan Qatar?

Melansir laman The Way Ahead, kekayaan Qatar bersumber dari minyak dan state yang ditemukan pertama kali pada 1940 di Dukhan. Penemuan tersebut menjadi sebuah pijakan yang mengubah perekonomian Qatar. 

Negara yang jumlah penduduknya tak sampai 3 juta tersebut memiliki cadangan minyak sebesar 1,5 persen dari full cadangan minyak dunia. Hal ini membuat Qatar memiliki cadangan minyak yang setara dengan 402,1 kali dari konsumsi tahunannya. Hal ini berarti tanpa melakukan ekspor, cadangan minyak Qatar dapat memenuhi kebutuhan minyak selama kurang lebih 400 tahun.

Pada 2016, Qatar menghasilkan 1,9 juta barel minyak per hari dan dari sisi ekspor minyak. Qatar melakukan ekspor sebanyak 503 ribu barel per harinya atau 25 persen dari produksi minyak.

Pada awalnya, konsensi minyak di Qatar diberikan kepada Iraq Petroleum Company (IPC). Kemudian, pada 1977, konsensi IPC dinasionalisasi dan bekas konsensi diberikan kontrak layanan dengan operasi diawasi oleh Qatar Petroleum. 

Dari minyak dan gas, Qatar berhasil mencatat produk domestik bruto (PDB) per kapita mencapai 85 ribu USD pada 2010. Namun, PDB tersebut dilaporkan turun menjadi 50 ribu USD pada 2020.

EIBEN HEIZIER

Baca juga: Piala Dunia 2022 Termahal Sepanjang Sejarah, Berapa Biaya yang Dihabiskan Qatar?






17 menit lalu

Inilah Alasan Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022 Lebih Panjang

FIFA memutuskan memperpanjang tambahan waktu di Piala Dunia 2022 supaya waktu yang terbuang di lapangan dapat akurat dan efektif.


20 menit lalu

Dilarang Pakai Ban Lengan OneLove di Piala Dunia 2022, Harry Kane Pakai Jam Tangan dengan Kilatan Pelangi

Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, dan enam kapten tim nasional lainnya, sempat berencana mengenakan prohibition lengan OneLove di Piala Dunia 2022.


47 menit lalu

Metro Man Asal Kenya Jadi Favorit Penggemar di Piala Dunia 2022

Pemuda dari Kenya menjadi favorit penggemar di Piala Dunia 2022 karena metode kreatifnya dalam mengarahkan orang ke stasiun kereta bawah tanah.


1 jam lalu

Profil Tite, Pelatih Timnas Brasil yang Kunjungi Masjid Sebelum Laga Brasil Vs Serbia di Piala Dunia 2022

Pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alis Tite menyempatkan diri berdoa di sebuah masjid di Kota Doha, Qatar. Ini profilnya yang unik.


1 jam lalu

Ghana Beli Minyak Pakai Emas, Bukan Lagi Dolar AS

Ghana tak lagi membeli minyak menggunakan dolar AS, melainkan emas.


1 jam lalu

Nyaris Absen di Piala Dunia 2022 karena Cedera, Richarlison Bikin 2 Gol Bawa Brasil Kalahkan Serbia

Richarlison sempat khawatir tidak terpilih masuk skuad Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022, karena sempat mengalami cedera pada pertengahan Oktober.


2 jam lalu

Jadwal Argentina vs Meksiko di Matchday Kedua Piala Dunia 2022: Saatnya Messi Cs Bangkit

Jadwal Piala Dunia 2022 pada matchday kedua antara lain akan menampilkan laga Argentina vs Meksiko.


2 jam lalu

7 Negara Mayoritas Muslim Terkaya di Dunia, Indonesia Masuk?

Berikut 7 negara mayoritas moslem terkaya di dunia, ada qatar, kuwait hingga arabian saudi


2 jam lalu

Ron Vlaar Hadiri Nobar Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador di GBK, Ini Prediksinya

Legenda Timnas Belanda, Ron Vlaar, menilai skuad yang dibawa Louis van Gaal ke Piala Dunia 2022 berisi para pemain berkualitas.


3 jam lalu

Segini Harga Rolls-Royce Phantom Hadiah Timnas Arab Saudi

Rolls-Royce Phantom hadiah bagi Timnas Arab Saudi dipasangi transmisi otomatis dengan 8 percepatan yang bisa digeber maksimal 249 km/jam.


Saksikan Video Piala Dunia 2022 Termahal Sepanjang Sejarah, dari Mana Sumber Kekayaan Qatar? Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel