Pemkab Kebumen Beri Bantuan Relokasi dan Renovasi Korban Bencana Alam

Sedang Trending 23 jam yang lalu 21

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN - Pemkab Kebumen, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran donasi untuk para korban banjir longsor dan kebakaran di daerah setempat. Bukan hanya renovasi dan relokasi rumah, korban juga mendapatkan donasi sosial berupa uang kontan puluhan juta.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menjelaskan, donasi dialokasikan dari anggaran di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kebumen, serta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan.

"Ada banyak penduduk kita yang terkena dampak musibah sehingga mereka perlu dibantu, perlu penanganan. Dan kita dari pemerintah telah mengalokasikan donasi untuk mereka, bagus itu renovasi rumah maupun pemberian uang tunai," ujar bupati.

Ia menyatakan, donasi yang dialokasikan dari Dinas Sosial total sebesar Rp 80 juta untuk tujuh orang penerima. Besarannya ada yang Rp 2,5 juta, Rp 10 juta, Rp 12 juta, Rp 15 juta, tiba Rp 20 juta, tergantung dari dampak kerusakan yang ditimbulkan.

"Ada tujuh orang dari berbagai kecamatan, mereka akan diberikan uang kontan dari yang terkecil Rp 2,5 juta tiba ada yang Rp 20 juta tergantung dampak kerusakannya. Pencairannya tahun ini, langsung kita berikan kepada perima manfaat," jelasnya.

Pemkab juga memberikan donasi rehabilitasi dan relokasi rumah penduduk yang terdampak musibah longsor yang dialokasikan dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 540 juta dan langsung diberikan tahun ini.

Penerima donasi rehabilitasi dan relokasi rumah jumlahnya ada 21 orang. Mereka mendapat donasi dari Rp 15 juta hingga ada yang mencapai Rp 30 juta.

Dengan adanya donasi itu, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana, terutama mereka yang rumahnya rusak karena tertimpa longsor. Bupati lanjut mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati lagi dalam mengahadapi musim penghujan.

"Bagi masyarakat yang rumahnya berada di dekat tebing, saya minta untuk lebih hati-hati lagi, ikuti arahan dari BPBD, bila perlu mengungsi ya apa boleh buat, demi mencegah terjadinya hal-hal buruk. Pemerintah pastinya tak tinggal tenang untuk membantu masyarakatnya yang terkena bencana," jelasnya.

Saksikan Video Pemkab Kebumen Beri Bantuan Relokasi dan Renovasi Korban Bencana Alam Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel