Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2020
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

PPDB Online di Kota Mojokerto Berjalan Lancar, Efektif Cegah Penyebaran Corona

Home » Berita Nasional Indonesia Hari Ini Sabtu 4 Juli 2020 » Gosip Artist » PPDB Online di Kota Mojokerto Berjalan Lancar, Efektif Cegah Penyebaran Corona

Oleh : Admin on pada

PPDB Online di Kota Mojokerto Berjalan Lancar, Efektif Cegah Penyebaran Corona
DOWNLOAD APP sumutkota.com

Kota Mojokerto -

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online di Kota Mojokerto berjalan lancar. Pendaftaran siswa baru secara online ini dinilai efektif mencegah penyebaran virus Corona.

Hal itu diketahui saat Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa SMP negeri. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid, dia mengecek langsung posko pelayanan PPDB Mojokerto di beberapa SMPN.

Salah satunya SMPN 1 Kota Mojokerto di Jalan Gajah Mada. Pada PPDB online jalur zonasi hari kedua ini, Ning Ita melihat sejumlah orang tua calon siswa baru menerima layanan konsultasi di posko pelayanan sekolah tersebut. Khususnya terkait cara mendaftarkan anak-anak mereka melalui jalur zonasi secara daring.

"Sejauh ini PPDB online di Kota Mojokerto berjalan lancar, dengan dibukanya posko pelayanan yang bisa bertatap muka secara langsung itu juga sangat membantu masyarakat," kata Ning Ita di SMPN 1 Kota Mojokerto, Selasa (30/6/2020).

Wali Kota perempuan pertama di Mojokerto ini menjelaskan, posko pelayanan dibuka di setiap sekolah negeri yang menyelenggarakan PPDB online. Mulai dari tingkat TK, SD sampai SMP. Pada hari pertama saja, terdapat 40 orang tua siswa yang memanfaatkan posko pelayanan tersebut.

"Posko pelayanan kami buat untuk melayani masyarakat yang kesulitan mengakses pendaftaran online secara mandiri. Biasanya orang tua siswa dari luar kota. Yang dalam kota sudah dibantu guru dari sekolah asal masing-masing," terang Ning Ita.

Pada PPDB tahun ini, lanjut Ning Ita, pihaknya membuka kuota 2.144 siswa baru tingkat SMP. Kuota tersebut untuk mengisi 9 SPM negeri di Kota Onde-onde. Sejauh ini, sudah ada 1.600 pendaftar memperebutkan kuota tersebut.

"Baru satu hari kemarin saja, sudah ada sekitar 70 persen pendaftar. Padahal, kita menyiapkan waktu empat hari. Ini menunjukkan proses PPDB online di Kota Mojokerto berjalan lancar dan baik," tegasnya.

Tidak hanya memudahkan para calon siswa baru, PPDB online jalur zonasi juga efektif mencegah penyebaran virus Corona. Karena kerumunan para pendaftar bisa dicegah.

"Sangat efektif mencegah penyebaran virus Corona. Kita bicara SMP saja ada 2.144 kuota siswa baru. Minimal anak datang dengan orang tuanya tersebar di 9 sekolah. Di setiap lokasi ada ratusan orang berkerumun di saat dan tempat yang sama. Ini kan potensi penyebarannya luar biasa meskipun sudah bermakser. Dengan PPDB online, tidak ada kerumunan," jelasnya.

Sementara untuk mengetahui hasil pendaftaran, para calon siswa baru maupun orang tuanya tidak perlu datang ke sekolah tujuan. Masyarakat cukup mengakses aplikasi SIAP PPDB yang bisa diunduh di Playstore, atau dengan mengirimkan SMS ke nomor 98108.

Ning Ita menambahkan, setelah PPDB berakhir, pihaknya belum berencana membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru 2020/2021. Karena untuk sementara waktu, Kemendikbud menginstruksikan belajar di rumah hingga akhir tahun nanti.

"Tahun ajaran baru belum (new normal). Kami kan tetap mengikuti petunjuk Kemendikbud. Sampai hari ini tetap PJJ (pembelajaran jarak jauh) yang dilaksanakan sampai akhir tahun," tandasnya.

Kuota PPDB jenjang TK yang disiapkan tahun ini untuk 90 siswa baru. Mereka akan mengisi 3 rombongan belajar (rombel atau kelas) di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto dan 3 rombel di TK Negeri Pembina Kecamatan Prajurit Kulon. Setiap kelas menampung 15 siswa.

PPDB online jenjang SD disiapkan untuk menampung 1.484 siswa baru. Ribuan peserta didik baru itu akan mengisi 53 kelas di 52 SD negeri di Kota Mojokerto. Setiap sekolah membuka satu rombel. Kecuali SDN Wates 2 yang membuka 2 rombel. Masing-masing kelas berisi 28 siswa.

Sementara PPDB online jenjang SMP bakal menerima 2.144 peserta didik baru. Para siswa baru bakal mengisi 67 rombel di 9 SMP negeri di Kota Onde-onde. Setiap kelas dibatasi menampung 32 siswa.

Pendaftaran PPDB online di Kota Mojokerto dimulai pertengahan Juni 2020. Pendaftaran online jalur prestasi, kelas olahraga, inklusi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua digelar 18-20 Juni.

Sedangkan pendaftaran online jalur zonasi jenjang TK, SD dan SMP digelar serentak mulai 29 Juni pukul 07.00 WIB sampai 2 Juli pukul 12.00 WIB. Para orang tua dan calon siswa baru cukup mengakses situs mojokertokota.siap-ppdb.com.

(sun/bdh)
PPDB Online di Kota Mojokerto Berjalan Lancar, Efektif Cegah Penyebaran Corona | Bang Naga | on | Rating 4.5
Berita Lainnya

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Server Pulsa Online

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Tempo LIPUTAN DAIRI Contack Me Zodiak
© 2017 - 2020 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds