Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2023
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

5 Tips Parenting untuk Hindarkan Anak Kecanduan Gadget, Ketahui!

Oleh : Rista Simbolon (Via IDN Times ) | Diterbitkan 2 Minggu yang lalu | Short link: https://sumutkota.com/11636902

Bagikan Ke : Facebook Twitter


5 Tips Parenting untuk Hindarkan Anak Kecanduan Gadget, Ketahui!

Saat ini kecanggihan teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Kehidupan manusia pun seolah-olah gak bisa terhindarkan lagi dari yang namanya penggunaan perangkat gadget.

Meski demikian, setiap orangtua juga perlu memperhatikan penggunaan gadget ini kepada anaknya. Sebab, dengan gaya parenting yang tidak tepat akan mengantarkan anak menjadi kecanduan gadget.

“Di otak, itu adalah jalur yang sama yang membuat orang kecanduan gula, kafein, atau obat-obatan, yang juga bertanggung jawab atas kecanduan gadget karena manfaat yang didapat dari menggunakannya," ucap Afolabi Aroyehun, Wakil Presiden, Asosiasi Psikolog Klinis Nasional, dikutip Punch.

Nah, berikut ini IDN Times telah merangkum lima tips parenting untuk hindarkan anak dari canduan gadget. Yuk, simak baik-baik!

1. Menyempatkan waktu luang untuk bermain dengan anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu cukup lama untuk bermain gadget akan menerima dampak yang banyak, utamanya bagi psikis dan emosional. Apalagi, ketika anak tersebut bermain game secara online hingga memancing emosi yang gak terkontrol.

Untuk mengantisipasi dampak buruk dari kecanduan gadget tersebut, para orangtua pun sebaiknya mampu mengganti peranan gadget di dalam kehidupan anak. Terdapat banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan orangtua saat bermain bersama anak, misalnya seperti bermain petak umpet, kuis, tebak gambar, dan sebagainya.

Semakin banyak waktu luang yang dihabiskan bersama anak, semakin membuat anak-anak lebih mudah melupakan kehadiran gadget. Hal ini pun akan menghindarkan anak dari yang namanya kecanduan gadget.

“Banyak orang tua yang mengabaikan peran mereka dalam berhubungan dan berbicara dengan anak, sehingga gadget telah menggantikan peran itu. Orangtua perlu kembali memainkan perannya sebagai orangtua, bertanya tentang kesejahteraan anaknya, berdiskusi dengannya, dan berinteraksi dengannya. Jangan biarkan gadget mengambil tempat kamu sebagai orangtua dalam kehidupan mereka,” jelas Afolabi.

2. Mendukung anak menggeluti hobinya

Setiap anak pasti memiliki kegiatan yang mereka senang lakukan. Aktivitas ini pun yang dinamakan dengan hobi.

Agar menghindarkan anak dari kecanduan gadget, maka orangtua pun perlu memperhatikan waktu luang anak diisi dengan aktivitas yang bermanfaat. Salah satunya dengan menggeluti hobi yang mereka sukai. 

Misalnya, bagi anak-anak yang suka menggambar atau melukis, maka sediakanlah buku gambar, pensil hingga cat warna. bentuk dukungan orangtua atas hobi yang dimiliki anak pun akan membuat anak-anak untuk terdorong menghabiskan waktunya bersama hobi mereka.

3. Terapkan batasan waktu bermain gadget

Gak dapat dipungkiri bila kehadiran gadget memang sulit dihindari. Beragamnya manfaat yang diberikan seperti menyediakan hiburan hingga membantu pekerjaan manusia menjadikan gadget sangat dibutuhkan.

Oleh karenanya, jika kamu tetap ingin memperkenalkan gadget canggih kepada anak, ini tidak jadi masalah. Sebab, rasa kecanduan dapat dihindari dengan menerapkan batasan waktu saat bermain gadget. Misalnya, dalam sehari hanya boleh bermain selama 2 jam.

4. Memberikan tantangan untuk 'puasa' gadget

Anak-anak sangat senang dengan yang namanya tantangan. Taktik ini pun dapat digunakan untuk menghindarkan anak kesayangan dari kecanduan gadget. Salah satunya ialah dengan taktik puasa gadget.

Artinya, kamu dapat perlahan-lahan memberikan tantangan berpuasa gadget dalam kurun waktu tertentu. Apabila anakmu berhasil melakukannya, maka berilah hadiah berupa makanan atau mainan yang mereka sukai.

Semakin sering puasa gadget ini dilakukan, lambat laun akan membuat anak-anak juga mulai terbiasa tanpa kehadiran gadget. Bukankah ini ide yang bagus?

5. Menyediakan alat bermain

Menjadi orangtua bukan hanya ego sendiri yang perlu diperjuangkan. Sama halnya ketika ingin menghindarkan anak dari kecanduan gadget. Hal tersebut merupakan niat yang baik, namun untuk melakukannya kamu pun tetap harus mempedulikan kebutuhan anak-anak.

Apalagi, bila usianya yang memang sedang berada di masa-masa serba bermain. Untuk mengalihkan perhatian dari gadget, maka sediakanlah mereka alat bemain yang beragam agar tidak cepat bosan.

Gadget memang tidak selamanya membawa dampak buruk. Namun, penggunaan yang berlebihan juga gak boleh dibiarkan apalagi bagi anak-anak yang masih berada di bawah umur. Untuk itu, sebaiknya kamu perhatikan tips di atas ketika ingin menghindarkan anak dari kecanduan gadget, ya!


Kata Kunci:
Eintracht Frankfurt,Sandiaga Uno Anies Baswedan,Survivor,Lionel Messi PSG,Lee Da In,Persikabo 1973,Al Ahly vs Madrid,Sandhausen vs Freiburg,Burnley vs Ipswich,BMKG Gempa,Our Blooming Youth,Marseille vs PSG,Flamengo vs al-hilal,Hogwarts Legacy,Susi Air,Dewa United vs Borneo FC,OPPO Reno 8 T,Sia,Kasus Manchester City,Jujutsu Kaisen,lee seung gi, lee yu-bi, Lee Seung-gi, lee da-in, lee seung gi menikah,Bhayangkara FC, Bhayangkara, bhayangkara vs persikabo 1973,eintracht frankfurt vs darmstadt,Burnley,Gempa Banten, gempa jakarta,Flamengo,pesawat susi air terbakar,

                                Detektor Tsunami Buoy Mandek karena Anggaran, Ini Penjelasan BRIN

Detektor Tsunami Buoy Mandek karena Anggaran, Ini Penjelasan BRIN


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →



                                12 Tipe Istri Berdasarkan Zodiak, Mana yang Paling Penyayang?

12 Tipe Istri Berdasarkan Zodiak, Mana yang Paling Penyayang?


Sumutkota.com POPMAMA.COM ... Read More →

Artikel Lainnya



                            Juventus Permalukan Salernitana di Kandangnya

Juventus Permalukan Salernitana di Kandangnya


Sumutkota.com ... Read More →







                            PSSI Butuh Sosok Berwawasan Sepak Bola Internasional

PSSI Butuh Sosok Berwawasan Sepak Bola Internasional


Sumutkota.com ... Read More →







Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Love



                            5 Cara Membangun Kepercayaan yang Sempat Rusak

5 Cara Membangun Kepercayaan yang Sempat Rusak


Sumutkota.com ... Read More →







                            5 Cara Menunjukkan Rasa Hormat pada Pasangan

5 Cara Menunjukkan Rasa Hormat pada Pasangan


Sumutkota.com ... Read More →








Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Otomotif Travel Karir Contack Me Zodiak
© 2017 - 2023 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds