Mengenal Apa Itu Oli Mesin dan Rekomendasi Produknya di Kendaraan

Sedang Trending 10 bulan yang lalu 28

jazz

Sebagian orang pastinya tidak mengetahui apa itui oli mesin. Ya, oli mesin atau pelumas ini adalah sebuah zat yang berfungsi untuk melumasi mesin. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis oli mesin. Hal ini tegantung pada jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah ataupun mengawetkan usia pakai mesin.

Selain fungsinya untuk melumasi mesin, oli mesin juga memiliki peranan yang cukup penting pada sebuah mesin kendaraan seperti centrifugal dan mobil. Selain itu, kualitas oli juga sangat berpengaruh bagi jenis mesin yang digunakan oleh sebuah kendaraan.

Ya, untuk kendaraan-kendaraan keluaran tahun 90-an tentu membutuhkan minyak pelumas ataupun oli yang kental. Pasalnya jarak antar cogwheel mesin sudah mengalami keausan ataupun kerengganan. Sehingga mesin tersebut membutuhkan sebuah minyak pelumas yang kental.

Ya, seperti yang kita ketahui, saat ini memang ada beragam jenis merek oli ternama salah satunya ialah dari TOP 1 yakni TOP 1 Zenzation. Minyak pelumas ini merupakan produk terbaru dari TOP 1 yang memiliki teknologi yang canggih sehingga akan membuat mesin kendaraan anda lebih awet dan bersih dari segala kotoran.

Jenis-Jenis Oli Mesin

Untuk saat ini memang tedapat banyak sekali jenis oli-oli mesin. Pemilihan sebuah oli mesin memang sangat diperhatikan sehingga perfoma kendaraan anda akan lebih terjaga. Selain itu, tingkat kekentalan sebuah oli juga memiliki peranan yang signifikan untuk sebuah mesin kendaraan.

Ya memang ada tiga jenis oli mesin yang dibedakan dari bahan dasar pembuatannya. Dan berikut adalah tiga jenis oli yang dipasarkan di Indonesia.

1. Oli Konvensional

Untuk oli konvensional atau oli mineral, bahan dasarnya adalah minyak bumi yang sudah diproses sehingga lebih bersih dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Dan untuk pelumas jenis ini memiliki harga yang relatif murah ketimbang jenis lainnya. Dan berikut adalah tiga jenis oli yang dipasarkan di Indonesia.

2. Oli Sintentik

Selain itu ada juga jenis oli sintetik atau afloat synthetic centrifugal oil. Oli ini dibuat berdasarkan rekayasa kimia, sehingga secara kualitas dan spesifikasi mampu disesuaikan dengan kebutuhan dan kualitasnya tergolong tinggi. Karena proses pembuatannya yang rumit, oli tipe sintetik cenderung lebih mahal ketimbang dua jenis lainnya. 

3. Oli Semi Sintentik

Selanjutnya ada juga oli semi sintetik atau synthetic blend centrifugal oil. Yang merupakan kombinasi dari oli mineral dengan oli sintetik. Oli jenis ini menawarkan kinerja yang lebih baik ketimbang oli mineral dengan harga yang relatif tidak semahal oli sintetik.

Untuk oli semi sintetik sendiri menawarkan banyak keunggulan dari oli sintetik dengan harga yang lebih murah. Molekul oli yang lebih seragam, berbagai zat tambahan yang mampu mendongkrak kinerja mesin dan perlindungan yang lebih baik ketimbang oli mineral menjadi daya tarik dari jenis oli ini. 

Fungsi Oli Mesin

Berdasarkan fungsinya oli memang memiliki peranan yang cukup penting bagi sebuah kendaraan. Selain itu, dengan pelumas mesin menjadi lebih adem dan tidak bersuara kasar. Sehingga gesekan-gesekan atar cogwheel mesin akan lebih terjaga dan mesinpun menjadi lebih awaet.

Dan saat ini memang ada beberapa jenis oli mesin yang dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi. Seperti halnya oli konversional, Olin Sintentik dan Oli Semi Sintentik. Ketiga jenis oli ini memang sering kita jumpai di pasaran dan sangat umumdigunakan.

5 Oli Mesin Terbaik 

Bagi anda yang sedang mencari jenis oli mesin terbaik, ada bebeapa rekomendasi oli mesin yang bisa kalian gunakan pada kendaraan anda. Nah untuk lebih jelasnya lagi berikut informasi lengkapnya

1. TOP 1 Zenzation

toop

Seperti yang telah kita ketahui TOP 1 merupakan salah satu merek oli dari produsen perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di California. TOP 1 Oil sudah memasarkan produknya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

TOP 1 Zenzation dirancang untuk mesin mobil modern yang memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi. Kandungan sintetiknya yang lebih tinggi  juga mampu membuat usia pakai menjadi lebih tahan lama.

Selain itu, teknologi lain yang ditanamkan pada TOP 1 Zenzation, mampu membantu menjaga dan merawat mesin agar terhindar dari endapan. Mobil menjadi lebih gesit dan nyaman untuk dikendarai dalam berbagai aktivitas. 

Berikut berbagai teknologi yang tersedia pada produk TOP 1 Zenzation , antara lain:

Ester Fortified: Aditif yang menghadirkan respon mesin sempurna sejak awal mesin dinyalakan. Exceed Euro 6 Standard: Gas buang lebih ramah lingkungan tenaga yang dihasilkan lebih optimal. Max TBN: Perlindungan maksimal dari korosi dan karat. 2. Shell

helix

Selanjutnya ada juga oli mesin dengan merek Shell. Ya, Shell juga merupakan salah satu jenis oli terbaik dan merupakan salah satu perusahaan minyak dan state terbesar didunia. Dan sebagai perusahaan multinasional, Shell memberikan kualitas produk yang sudah tidak diragukan kembali.

Seperti halnya produksi pelumas ataupun oli kendaraan. Dan saat ini Shell tidak hanya menyediakan oli untuk oli mobil saja, namun juga sudah menyediakan oli untuk motor. Dan salah satu produk oli terbaik dari Shell ini adalah Shell Helix HX7.

Oli ini sudah menggunakan teknologi terkini, seperti flexi molecule yang bisa membersihkan mesih hingga kecelah-celah dan memiliki titik penguapan yang rendah saat suhu tinggi yang extreme. Dan titik penguapan yang rendah ini akan membuatmu hemat oli karena tidak terlalu sering menambah sehingga anda lebih hemat.

3. Castrol

castroll

Ya, merek oli mesin terbaik selanjutnya adalah Castrol. Castrol memang menjadi salah satu oli pilihan karena sudah menggunakan teknologi terkini untuk bisa merawat mobil anda. Salah satunya adalah Castrol Magnatec dengan viskositas10W-30 yang memiliki melekul-melekul pintar yang dapat membersihkan mesin mobil hingga sudut yang sulit dijangkau.

Castrol juga merupakan satu-satunya merek oli mobil yang telah mengombinasikan teknologi melekul pintar ini dengan teknologi sintentik. Oli dengan bahan afloat Sintentik murni bisa bisa menempel kuat pada permukaan mesin sehingga berfungsi sebagai lapisan other pelindung mesin mobil. Teknologi ini juga berfungsi mengurangi keausan mesin jika mobil anda terjebak macet.

4. Faston

faston

Untuk merek oli mesin mobil yang satu ini juga sudah sangat acquainted di telinga kita. Ya, Faston menjadi salah satu merek oli mesin terbaik saat ini dengan fitur serta teknoligi yang canggih. Dengan Teknologi terbaru saat ini Faston mampu melindungi mesin dari setiap kotoran dan debu yang sulit untuk dibuang.

Tak hanya itu saja, Faston juga merupakan merek oli yang dikeluarkan oleh PT Pertamina, dan Fasrton juga sudah menjadi salah satu oli dengan kualitas terbaik yang sudah di akui dunia dan menjadi salah satu produk oli terkenal di dunia otomotif.

5. Total

total 9000

Salah satu rekomendasi oli terbaik berikutnya adalah Total Quartz 9000 dengan kekentalan 5W-40. Oli ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sering melakukan perjalanan jaraj jauh. Ya, oli ini memang memiliki tingkat kekentalan yang tinggi yang mampu menjaga mesin berfungsi baik saat msin sedang panas.

Dan komponen zat adaptif pada Oli Total dapat membuat mesin lebih awet dan juga tahan terhadap tingginya oksidasi. Sementara  itu zat adaptif pada oli ini juga mampu memberikan perlindungan mesin mobil secara menyeluruh bahkan saat pemakaian extrem.

Kesimpulan

Berdasarkan fungsinya oli memang menjadi komponen yang sangat penting bagi sebuah mesin. Karena berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin secara merata sehingga tingkat keausan pada mesin akan lebih terjaga dan tahan lama.

Sementara itu ada tiga jenis oli yang dibedakan atas dasar pembuatanya yakni olin konvensinal, Oli Sintentik dan Oli Semi Sintentik. Ketiga jenis oli ini memang sering kali dijumpai dipasaran dan sudah umum digunakan oleh berbagai macam kendaraan seperti mobil dan centrifugal serta mesin-mesin pabrik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dan jangan lupa untuk terus simak ulasan terbaru lainya seperti Oli Full Sintetik Terbaik Untuk Oli Mobil Xpander di Tahun 2022. Dan kami juga merekomendasikan bagi anda semua untuk selalu menggunakan oli mesin dari TOP 1 yang sudah terjamin kualitasnya.

Jadi tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Saksikan Video Mengenal Apa Itu Oli Mesin dan Rekomendasi Produknya di Kendaraan Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel