Mas Kawin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Seperangkat Alat Salat dan Uang Tunai Rp 300 Ribu

Sedang Trending 22 jam yang lalu 19
Jumat, 25 November 2022 16:24 WIB
Mengusung adat Bali, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep kembali mengunggah potret prewedding/Foto: Instagram/Erina Gudono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Berkas pendaftaran pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono telah diterima Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. "Kemarin Mbak Erina sudah datang bersama perwakilan keluarganya untuk kroscek information pendaftaran yang sudah masuk, insyaallah sudah selesai prosesnya," kata Kepala KUA Depok, Sleman Muhammad Wiyono saat dihubungi Tempo, Jumat, 25 November 2022.

Kedatangan Erina yang tak didampingi putra bungsu Presiden Jokowi itu, kata Wiyono, termasuk memberikan information soal mas kawin atau mahar yang bakal diberikan Kaesang kepada kekasihnya lalu diinputkan dalam berkas pendaftaran. "Mas kawin yang dicatatkan berupa seperangkat alat salat dan uang Rp 300 ribu, tapi itu information sementara, masih bisa berubah karena akadnya kan juga masih lumayan lama," kata Wiyono.

Besaran Mas Kawin Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Wiyono mengatakan, soal mas kawin yang terhitung cukup sederhana untuk ukuran putra presiden itu hal yang biasa saja. "Kan masih bisa berubah, yang penting niatnya," ujar dia.

Untuk batas waktu kapan mahar atau mas kawin resmi itu paling lambat dicatatkan atau diubah, Wiyono mengatakan bisa diubah kapan saja. "Tak ada batas waktu, yang jelas biasanya untuk kami di KUA akan menerbitkan berkas resmi itu seminggu atau beberapa hari sebelum pernikahan digelar," katanya.

Adapun Kaesang, kata Wiyono, informasinya akan datang ke KUA Depok Sleman untuk turut membereskan berkas pernikahan itu saat mendekati hari pelaksanaan. "Mas Kaesang akan ke Yogya mendekati hari pelaksanaan," ujar dia 

Saksi Nikah Belum Final

Wiyono menambahkan, pihaknya belum bisa membeberkan lebih jauh siapa saksi dalam prosesi akad nikah Kaesang-Erina yang akan dilangsungkan pada 10 Desember 2022 nanti di Pendopo Royal Ambarrukmo Hotel Sleman. "Kami belum bisa memastikan kalau soal saksi nikah ini, masih berubah-ubah informasinya," kata dia. 

Wiyono hanya bisa memastikan, saat prosesi nikah Kaesang-Erina digelar, layanan di KUA Depok Sleman tetap berjalan seperti biasa. "Tidak ada layanan yang tutup, tetap melayani permohonan pendataran pernikahan saat hari H itu, kan petugas kami juga tidak hanya satu," kata dia.

General Manager Hotel Ambarrukmo Herman Courbois mengatakan awal pekan ini keluarga Erina menggelar rapat di tempatnya bekerja. Namun ia tidak mengetahui apa yang dibahas karena rapat interior keluarga dan tak ada perwakilan edifice yang turut.

"Kami hanya menyiapkan tempat saja, sedangkan rapat itu hanya untuk interior keluarga," kata dia.

Dalam rapat keluarga itu, Erina tampak turut hadir namun Kaesang tidak. Herman menambahkan sampai saat ini pihaknya belum mendapat kepastian, apakah Royal Ambarrukmo Hotel akan menjadi salah satu alternatif lokasi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Belum ada konfimasi secara resmi, namun kami tetap siap sewaktu waktu jika diputuskan lokasinya di sini," kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

Baca juga: Terima Jadwal Rencana Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono, Pemda Yogya Jelaskan Rangkaian Ini

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.






2 jam lalu

Jokowi Akan Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang - Erina Gudono, Begini Biasanya Prosesinya

Jokowi dikabarkan akan ngunduh mantu pernikahan Kaesang - Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo. Apa itu ngunduh mantu?


15 jam lalu

Gempa Cianjur, Raja Charles III Ungkap Belasungkawa

Raja Charles secara khusus menggerakkannya untuk mengirimkan belasungkawa kepada keluarga korban gempa Cianjur.


18 jam lalu

Terima Jadwal Rencana Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono, Pemda Yogya Jelaskan Rangkaian Ini

Belum bisa dipastikan keterlibatan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X apakah menjadi saksi pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono.


2 hari lalu

Ahad, Gladi Bersih Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Digelar di Pura Mangkunegaran

Gibran, Wali Kota Solo sekaligus Kaesang Pangarep mengatakan tidak akan mengikuti gladi bersih ngunduh mantu pernikahan adiknya dengan Erina Gudono.


2 hari lalu

Trend Asia Sebut Batu Bara Ilegal Ismail Bolong Cs Diekspor ke 3 Negara

Akivitas ilegal Ismail Bolong cs bukan hanya di level ekspolitasi, tetapi hingga distribusi dan penjualan.


2 hari lalu

Pura Mangkunegaran Lokasi Ngunduh Mantu Jokowi untuk Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Pura Mangkunegaran disebut lokasi ngunduh mantu pernikahan anak bungsu Presiden Jokowi dan pasangannya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.


2 hari lalu

Lion Air Grup Kembali Minta Maaf, Cerita Kaesang Kesal Jadwal Penerbangannya Diubah

Lion Air meminta maaf atas keluhan dari salah satu penumpang yang tak lain adalah Putra Kedua Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.


2 hari lalu

Cerita Pengungsi yang Selamat dari Gempa Cianjur, Tahan Tembok Rubuh Demi Cucu

Seorrang penyintas Gempa Cianjur menahan tembok rumahnya yang rubuh agar tak menimpa dua orang cucunya.


2 hari lalu

Soal Kasus Ismail Bolong, YLBHI Cs Sebut Hanya Fenomena Gunung Es

YLBHI menilai kasus Ismail Bolong bukti bahwa Polri tidak profesional.


2 hari lalu

Surpres Pengganti Andika Perkasa Sudah Dibuat Jokowi, Ngabalin: Tinggal Soal Waktu Saja

Presiden Jokowi telah menandatangani Surpres calon pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.


Saksikan Video Mas Kawin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Seperangkat Alat Salat dan Uang Tunai Rp 300 Ribu Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel