Mahasiswa UI Raih 7 Gelar Juara Gemastik XV

Sedang Trending 1 hari yang lalu 18
Jumat, 25 November 2022 16:28 WIB
Mahasiswa Fasilkom UI meraih 7 gelar juara dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. ANTARA/Foto: Humas UI

TEMPO.CO, Jakarta - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) meraih 7 gelar juara dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dekan Fasilkom UI Petrus Mursanto memberikan apresiasi kepada mahasiswanya atas capaian tersebut. Kolaborasi dan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dan dosen pembimbing membuat berbagai karya dan inovasi lahir untuk mendukung percepatan pemulihan pascapandemi Coviud-19.

"Selamat atas prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa kami pada Gemastik XV. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing dan pendamping yang telah memberikan arahan kepada mahasiswa sehingga prestasi ini bisa diraih. Semoga semangat ini dapat terus dipertahankan dan tahun depan kita bisa lebih baik lagi," ujar Petrus dalam rilis yang diterima Tempo pada Jumat, 25 November 2022.

UI berhasil meraih Juara I dalam cabang Cyber Security, Juara I dan II dalam cabang Data Mining, Juara I dan II dalam cabang Programming, Juara II dalam cabang UX Design, dan Juara III dalam cabang Smart Device, Embedded System & IoT.

Tahun ini, penyelenggaraan ajang Gemastik XV bertajuk “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya.

Selain itu, programme ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung demi terciptanya inovasi di bidang teknologi, khususnya TIK yang berdampak bagi masyarakat luas.

Baca juga:3 Pelajar Berkebutuhan Khusus Raih Juara di Ajang Internasional Tourism

Dalam kejuaraan ini ada 11 cabang yang dilombakan, baik berupa format pertandingan maupun kompetisi karya. Sebelas cabang lomba tersebut adalah Pemrograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City).

Selain itu, lomba Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Pada kompetisi ini, UI mengikutsertakan 7 tim mahasiswa Fasilkom UI beranggotakan 21 orang dan 7 pembimbing yang terlibat dalam kejuaraan ini. Adapun 21 mahasiswa yang merupakan anggota dalam 7 tim tersebut adalah Prajna, Gregorius Bhisma, Muhammad Faishol Amirul Mukminin, Pikatan Arya Bramajati, Abdul Rafi, Fernando Nathaniel Sutanto, Harakan Akbar, Mardianto, Daniel Syahputra Purba, Hafiz Bhadrika Alamsyah, Rayhan Maulana Akbar, Muhammad Raihan Andriqa, Mahartha Gemilang, Muflih Naufal Maxi, Arvin, Muhammad Haitsam Sidqy, Ketut Ivan Sridana, Juan Dharmananda Khusuma, Made Swastika Nata Negara, Bryan Tjandra, dan Nyoo Steven Christopher.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






8 jam lalu

FEB UI Gelar Seminar Internasional The 20th Economix: Global Economic Challenges

Economix: Global Economic Challenges merupakan acara internasional tahunan mahasiswa FEB UI yang menjadi sarana bagi peserta dengan berbagai latar belakang dan disiplin untuk berbagi, berdiskusi, dan menemukan potensi solusi untuk masalah ekonomi planetary saat ini


15 jam lalu

Top 3 Tekno Berita Kemarin: Gempa Cianjur, Sesar Cimandiri dan Sesar Lembang

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Kamis 25 November 2022, dipuncaki artikel yang menjelaskan apa itu Sesar Cimandiri dan Sesar Lembang.


1 hari lalu

Mahasiswa UI Beri Bantuan ke Korban Gempa Cianjur, Ini yang Dilakukan

Universitas Indonesia (UI) mengirimkan mahasiswanya untuk membantu korban gempa Cianjur.


1 hari lalu

Pengalaman Reza Rahadian sampai Dian Sastro Jadi Dosen Tamu di Program Praktisi Mengajar

Beberapa selebritas menjadi dosen tamu dalam programme Praktisi Mengajar di perguruan tinggi. Ini pengalaman Reza Rahadian hingga Dian Sastro.


1 hari lalu

Evos Jalin Kerja Sama Merdeka Belajar dengan FMIPA UI

Kerja sama yang dibangun antara EVOS Esports dengan FMIPA UI tersebut berfokus untuk mensinergikan potensi dan mengoptimalkan sumber daya.


2 hari lalu

Top 3 Tekno Berita Kemarin: Gempa Cianjur dan Mahasiswa UI Cegah Kebotakan

Top 3 Tekno Berita Kemarin, Selasa 22 November 2022, didominasi oleh artikel dari kejadian gempa Cianjur.


3 hari lalu

Mahasiswa UI Bikin Inovasi Cegah Rambut Rontok untuk Pria dari Biji Telang

Mahasiswa UI bikin obat anti rambut rontok untuk pria dari ekstrak biji telang.


6 hari lalu

Jadi Dosen Vokasi UI, Dian Sastro Mengaku Tak Pelit Nilai

Dian Sastro menjadi dosen di Vokasi Universitas Indonesia (UI). Mengaku tak pelit nilai.


10 hari lalu

Star City, Gagasan Kota Bawah Laut Karya Mahasiswa UI

Mahasiswa UI membuat gagasan sebagai alternatif permasalahan prediksi tenggelamnya beberapa kota besar di Indonesia pada tahun 2045.


11 hari lalu

Anak-anak Perempuan Bung Hatta, Siapa Saja yang Terjun ke Politik?

Sekilas mengenal 3 putri Bung Hatta dan Rahmi Hatta: Meutia Farida Hatta, Gemala Hatta dan Halida Hatta, siapa yang tertarik dunia politik?


Saksikan Video Mahasiswa UI Raih 7 Gelar Juara Gemastik XV Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel