KTT G20 Sukses, Airlangga: Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia

Sedang Trending 4 hari yang lalu 23

Pemerintah RI bisa menghadirkan 27 kepala negara di KTT G20.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 15-16 November 2022, dinilai sukses. Beberapa kepala negara yang hadir memuji pemerintah RI.

Awalnya, penyelenggaraan KTT G20 dikhawatirkan akan minim kehadiran negara bumi karena konflik yang tetap berlangsung antara Rusia dan Ukraina. Di balik kekhawatiran itu, rupanya Indonesia bisa menghadirkan 17 kepala negara. Akhirnya, KTT G20 bisa menghasilkan konsensus Bali Leaders Declaration yang berisi 52 paragraf.

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, keberhasilan Indonesia menjadi Presidensi KTT G20 berkat sikap politik yang inklusif. Menurut dia, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia membikin negara-negara G20 percaya Indonesia serius menangani masalah global.

"Kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo ke Rusia dan Ukraina sangat membantu perhelatan KTT G20. Hal itu menjadi simbol bahwa Indonesia mempunyai sikap politik yang inklusif, mengajak kedua negara yang sedang berkonflik untuk mengurangi ketegangan," ujar Airlangga fdalam siaran pers di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Permasalahan geopolitik yang sedang terjadi di Rusia dan Ukraina menjadi isu yang membikin obrolan menjadi alot. Airlangga menegaskan, konsentrasi isu forum KTT G20 ialah ekonomi, bukan politik.

"Para negara G20 berkeinginan hadir di KTT karena percaya Indonesia dapat memfasilitasi pertemuan dengan bagus negara-negara bumi di tengah konflik Rusia-Ukraina, karena Indonesia punya misi positif untuk sejumlah masalah dunia," kara Airlangga melanjutkan.

Dia pun optimistis, Indonesia mempunyai daya tahan ekonomi. "Kita tahu seluruh negara bumi ekonominya terguncang, namun buktinya saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal tiga mencapai 5,7 persen. Kita optimis punya ketahanan terhadap resesi," ujar Airlangga.

Saksikan Video KTT G20 Sukses, Airlangga: Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel