Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2018
Dituntut 3 Tahun Penjara, Arseto Bantah Unggah Video Hina Jokowi | Larangan Hewan Kurban, Satpol PP Awasi Venue Asian Games | KPU: Seluruh Kandidat Lolos Tes Kesehatan Capres dan Cawapres | Wakapolri Syafruddin Benarkan Jadi Pengganti Asman Abnur | Pilot Asing Sebut Lalu Lintas Penerbangan Indonesia adalah Neraka | Pernah Cuit Rasis Soal Ahok, Ini Profil Jubir Jokowi - Ma'ruf | Ditanya Kekayaannya yang Susut 40 Persen, Sandiaga: Aduh Sedihnya | Jokowi Akan Copot Asman Abnur sebagai Menteri, Begini Reaksi PAN | Alasan KPK Tidak Bisa Usut Mahar Politik Jenderal Kardus Sandiaga | Kurs Dolar Menguat, Harta Sandiaga Uno Melonjak | Jadwal Timnas U-23 di Asian Games: Rabu, Laga Berat Vs Palestina | Lapor LHKPN, Kekayaan Sandiaga Uno Naik Signifikan | PAN Dukung Prabowo, Jokowi Akan Copot Asman Abnur sebagai Menteri | Fadli Zon Berharap Farhat Abbas Nyambung saat Berdebat | Dituntut 3 Tahun Penjara, Arseto Bantah Unggah Video Hina Jokowi | Larangan Hewan Kurban, Satpol PP Awasi Venue Asian Games | KPU: Seluruh Kandidat Lolos Tes Kesehatan Capres dan Cawapres | Wakapolri Syafruddin Benarkan Jadi Pengganti Asman Abnur | Polisi Batalkan Tutup Permanen Pintu Tol untuk Asian Games | Tak Ingin Jadi Beban Jokowi, Menpan RB Asman Abnur Mundur | LRT Jakarta Gagal Ikut Asian Games, JK: Ndak Apa - apalah | Anies Luncurkan 32 Stasiun Pengisian Daya Ponsel Tenaga Surya | Tiga Hal yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Traveling | Sepak Bola Asian Games: Jepang Hanya Menang 1-0 dari Nepal |
Home cnn jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini info gadget dairi  

Berbagai Macam Manfaat Olahraga Kardio Untuk Tubuh kita

Oleh : Admin on pada 2018-03-18T00:00:22+00:00|

Latihan Cardiovascular yang biasa disebut olahraga Kardio adalah latihan yang berhubungan dengan otot jantung serta pembuluh darah. Olahraga jenis ini membantu jantung agar lebih kuat. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih bugar lantaran sistem cardiovascular pada tubuh yang mengalirkan oksigen untuk sel tubuh serta otot menjadi lebih kuat.

Olahraga kardio sendiri terdiri dari latihan yang menggerakkan otot besar dengan durasi tertentu untuk meningkatkan denyut jantung sedikitnya 50% lebih tinggi daripada kondisi normalnya. Dengan melakukan olahraga kardio 3 kali dalam seminggu selama setengah jam, Anda dapat menikmati manfaat maksimal untuk tubuh serta otak Anda.

Olahraga kardio populer sebagai latihan yang dapat membakar lemak berlebih yang ditimbun tubuh. Diimbangi dengan asupan makanan yang sehat, latihan yang dapat menguras keringat ini juga efektif untuk mecapai berat badan ideal. Untuk varian latihannya juga dapat Anda pilih diantaranya joging, berlari, senam, bersepeda bahkan dengan dansa.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga kardio seperti yang dikutip dari Business Insider;

Menjaga sistem kekebalan

Melalui sebuah penelitian yang membandingkan sampel pesepeda amatir usia 55 hingga 79 tahun terhadap sampel berusia sepantaran namun tidak pernah berolahraga, terlihat perbedaan signifikan. Para peseda memiliki massa otot yang lebih berat dengan sedikit kadar lemak tubuh. Selain itu, mereka juga nampak lebih sehat dengan sistem imun yang lebih baik seperti kondisi orang yang masih muda.

Membentuk otot

Meskipun olahraga kardio kurang efektif dalam pembentukan otot, namun nyatanya latihan ini memiliki peran penting untuk menambah masa otot. “Latihan aerobik, apabila dilakukan secara tepat, dapat menunjang peningkatan masa otot seperti halnya latihan untuk ketahanan,” terang Matthew Harber, peneliti olahraga dari Ball State University, yang dikutip oleh Men’s Fitness. Jadi, cermat dalam mengkombinasikan antara kardio dengan latihan beban menjadi penting bagi Anda yang ingin membentuk tubuh.

Menyehatkan jantung serta paru

Latihan aerobik, utamanya berenang, dapat melatih tubuh untuk mengelola oksigen lebih efisien. Latihan ini dapat mengurangi momen istirahat jantung serta laju napas, seperti yang diketahui bahwa kedua hal ini menjadi indikator kesehatan jantung.

Menjaga kinerja jantung

Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang menjadi kurang aktif bergerak. Hal inilah yang membuat otot jantung jadi mengeras. Penelitian menyimpulkan bahwa melakukan latihan kardio setidaknya dengan rutin dapat menjaga performa jantung.

Mengendalikan mood

Olahraga kardio ternyata juga memiliki nilai plus yaitu membuat Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini ternyata bukan sekedar sugesti belaka, satu yang jadi penyebabnya yaitu berkurangnya kadar hormon stres alami. Joging ataupun renang dapat memperlancar aliran darah yang membuat pasokan energi dan oksigen tetap lancar mengalir ke bagian otak yang mengendalikan penghasil hormon tersebut.

Baca juga : Mengenali Lebih Jauh penyakit Asam Urat

Menyehatkan Pencernaan

Bagaimana bisa olahraga mempengaruhi saluran cerna? Dengan melakukan olahraga kardio secara rutin ternyata dapat memicu perubahan mikroba pada bagian usus. Dengan berimbangnya flora yang ada dalam usus, maka Anda pun menjadi lebih berenergi dimana tingkat peradangan juga dapat ditekan.

Menjaga kolesterol

Untuk membakar kalori dan lemak yang ditimbuh dalam tubuh, maka olahraga kardio tentu menjadi alternatif yang bisa Anda pertimbangkan. Benar, salah satu cara untuk mengikis kolesterol serta menjaga berat badan ideal adalah melakukan latihan kardio, utamanya aerobik. Inilah mengapa kalangan dokter akan menganjurkan olahraga ini untuk upaya pertama dalam mengurangi kolesterol jahat untuk mereka yang memiliki gaya hidup kurang sehat dan kurang gerak.

Mengendalikan kadar gula dalam darah

Sejumlah studi menyebutkan bahwa latihan kardio dapat membantu mencegah diabetes serta memperbaiki gejala yang ditimbulkan. Hal ini dimungkinkan karena tubuh dapat mengolah gula dengan baik. Latihan kardio akan membakar habis kalori dan merubahnya menjadi energi.

Menekan gejala depresi

Sebuah penelitian meminta sampel yang memiliki gejala depresi akut untuk melakukan olahraga kardio yaitu berjalan kaki (treadmil) dengan durasi 30 menit selama 10 hari berturut-turut. Dimana hasil yang diperoleh cukup positif, gejala depresi menjadi berkurang.

Menjaga kesehatan kulit

Ternyata dibandingkan mereka yang sedikit gerak, orang yang rutin olahraga kardio mempunyai kulit yang lebih menarik. Ini dimungkinkan lantaran kelembaban kulit yang lebih terjaga secara alami. Keringat yang mengucur selama latihan juga membuat pori-pori menjadi lebih bersih dan lembab.

Berbagai Macam Manfaat Olahraga Kardio Untuk Tubuh kita | Bang Naga | on 2018-03-18T00:00:22+00:00 | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Berbagai Macam Manfaat Olahraga Kardio Untuk Tubuh kita
Description: Olahraga kardio sendiri terdiri dari latihan yang menggerakkan otot besar dengan durasi tertentu untuk meningkatkan denyut jantung sedikitnya 50% lebih
Alamat: https://sumutkota.com/kesehatan/manfaat-olahraga-kardio.html
Artikel Terkait
  • Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

    Bau mulut terkadang membuat orang yang ada di sekitar kita menjadi tidak nyaman ketika kita sedang berbicara. Wajar saja bila orang dengan...

  • Inilah Solusi mengatasi Kulit Kaki Pecah

    Selain terasa perih, kulit kaki yang pecah-pecah sering kali membuat orang merasa tak percaya diri saat mengenakan sendal ataupun sepatu dengan bagian...

  • Daftar makanan sumber zat besi

    Apakah Anda sering merasakan lemas atau letih? Kemungkinan tubuh Anda sedang kurang darah. Mengonsumsi menu penambah darah yang kaya akan zat besi...

  • Alternatif Makanan bagi Penderita Diabetes Tipe 2

    Diabetes Melitus merupakan penyakit yang berpengaruh terhadap kinerja tubuh dalam mengelola glukosa (gula darah). Glukosa adalah salah satu sumber energi bagi tiap...

  • Mengenali Lebih Jauh penyakit Asam Urat

    Jika Anda beranggapan asam urat adalah suatu penyakit, mungkin Anda perlu lebih banyak informasi lagi. Asam urat sejatinya adalah senyawa alami yang...

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Latest News

» Gerindra: Jangan Tertipu dengan Politisi Bergaya Milenial
» Sofjan Wanandi Sebut JK Tak Punya Waktu Jadi Timses Jokowi
» Usai Lapor LHKPN, Sandi Bantah Dugaan Mahar Rp500 Miliar
» Nama Aher Disebut Menguat Gantikan Sandi sebagai Wagub DKI
» Vaksin Belum 'Halal', Imunisasi MR Sudah 23 Persen
» Gerindra Sebut Rehuffle Harusnya Pertimbangkan Kinerja
» Jokowi Ingin Pramuka Paham soal Kecerdasan Buatan

Karir

Android APK

Kursus Menjahit Murah DI Medan
Kursus Menjahit Murah DI Medan
Kursus Menjahit Murah DI Medan

Teka Teki Silang (Game TTS) APK
Teka Teki Silang (Game TTS) APK
Teka Teki Silang (Game TTS) APK

TV Online Indonesia Android .apk
TV Online Indonesia Android .apk
9 Juni 2018
TV Online Indonesia Android .apk

Radio Batak android.apk
Radio Batak android.apk
9 Juni 2018
Radio Batak android.apk

Radio Dangdut android.apk
Radio Dangdut android.apk
9 Juni 2018
Radio Dangdut android.apk


KESEHATAN

Selengkapnya >>

Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


olah raga bisnis otomotif gaya hidup kuliner properti tekno hotel travel medan karir TV Video Entertainment Kurs BITCOIN Pasang Iklan
© 2017 - 2018 sumutkota.com | Pers | V.DB: | All Right Reserved



Page loads : seconds