Kekayaan Qatar Bersumber dari Minyak dan Gas

Sedang Trending 4 hari yang lalu 98
Jumat, 25 November 2022 06:00 WIB
Ilustrasi gedung pencakar langit di Kota Doha, Qatar. REUTERS/Mohammed Dabbous

TEMPO.CO, Jakarta - Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar tergolong negara yang kaya minyak dan gas. Negara itu populasi penduduknya tak sampai 3 juta orang. Mengutip The Way Ahead, minyak pertama kali ditemukan di Dukhan pada 1940. Tapi, eksplorasi dan pengembangan lebih lanjut tertunda karena Perang Dunia II.

Penemuan itu menjadi langkah awal mengubah perekonomian negara. Produk Domestik Bruto (PDB) perkapita mencapai 85 ribu USD pada pertengahan 2010, Namun telah turun menjadi USD 50 ribu ketika terakhir kali dilaporkan oleh IMF pada 2020.

Minyak dan state Qatar

Pengembangan awal penemuan minyak dan state dilakukan secara konsesi. Mengutip Britannica, konsesi minyak Qatar diberikan kepada Iraq Petroleum Company (IPC), konsorsium perusahaan Eropa dan Amerika.

Selanjutnya, produksi minyak dan state nasional dalam rangkaian langkah pada 1970-an. Nasionalisasi penuh terjadi pada 1977 dan bekas konsesi diberikan kontrak layanan dengan operasi diawasi oleh Qatar Petroleum, perusahaan minyak nasional.

Baca: Mengapa Qatar bisa Menjadi Negara Kaya Raya? Ini Alasannya

Saat ini, cadangan minyak Qatar sederhana menurut standar determination sebesar 25 miliar barel. Ini menempatkannya di urutan kesembilan dalam Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) dan ke-13 di dunia untuk cadangan. Produksi minyak juga sederhana di 843 ribu barel perhari.

Cadangan dan konsumsi minyak Qatar

Dari cadangan minyak yang dimilikinya, Qatar menyumbang sekitar 1,5 persen dari full cadangan minyak dunia lebih dari 1,6 triliun barel. Qatar memiliki cadangan terbukti setara dengan 402,1 kali konsumsi tahunannya. Itu berarti, tanpa ekspor nett akan ada sisa minyak sekitar 402 tahun. Itu belum termasuk cadangan minyak yang belum ditemukan.

Sedangkan untuk konsumsi minyak di Qatar, menurut information Worldometer, pada 2016 Qatar mengonsumsi 172 ribu barel minyak perhari. Qatar menempati urutan ke- 59 di dunia untuk konsumsi minyak, terhitung sekitar 0,2 persen dari full konsumsi dunia sebesar 97 juta barel perhari.

Produksi dan ekspor minyak Qatar

Qatar menghasilkan 1,9 juta barel perhari minyak pada 2016, peringkat ke-14 di dunia. Negara Timur Tengah ini menghasilkan setiap tahun jumlah yang setara dengan 2,9 persen dari full cadangan. Sedangkan untuk ekspor minyak, Qatar mengekspor 25 persen dari produksi minyaknya atau 503 ribu barel perhari pada 2016.

Baca: Fakta Baru Piala Dunia 2022: Qatar Rekrut Ratusan Petugas Kemanan Dadakan

Selalu update info terkini. Simak breaking quality dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






42 menit lalu

Ditahan Korea Selatan 0-0, Pelatih Timnas Uruguay Jawab Tudingan Main Bertahan

Pelatih Timnas Uruguay Diego Alonso membantah tuduhan bahwa timnya terlalu defensif saat ditahan Korea Selatan dengan skor 0-0.


50 menit lalu

Portugal vs Ghana 3-2, Otto Addo Tuding Cristiano Ronaldo Dapat Hadiah Spesial dari Wasit

Pelatih Ghana Otto Addo menilai gol penalti yang dicetak Cristiano Ronaldo saat timnya dikalahkan Portugal 2-3 adalah "hadiah spesial dari wasit".


59 menit lalu

Piala Dunia 2022: Uruguay vs Korea Selatan 0-0, Son Heung-min Tak Mau Salahkan Hwang Ui-jo

Bintang Timnas Korea Selatan, Son Heung-min, tak mau menyalahkan rekannya, Hwang Ui-jo, atas peluang emas yang terbuang sia-sia saat melawan Uruguay.


1 jam lalu

Hasil Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana 3-2, Begini Kata Cristiano Ronaldo Usai Cetak Gol

Cristiano Ronaldo mencetak gol saat Timnas Portugal mengalahkan Ghana 3-1 dalam matchday pertama Piala Dunia 2022.


1 jam lalu

Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Brasil, Portugal, Swiss Menang, Uruguay Ditahan Korea

Hasil Piala Dunia 2022 Kamis 25 November: Swiss vs Kamerun 1-0, Portugal vs Ghana 3-2, Uruguay vs Korea Selatan 0-0, Brasil vs Serbia 2-0.


4 jam lalu

Ronaldo Cetak Gol, Portugal Unggul Atas Ghana 3-2

Bintang Portugal Christiano Ronaldo mencetak gol dari titik putih pada menit ke-65 membuka keunggulan timnya atas Ghana di Grup H Piala Dunia.


7 jam lalu

Profil Breel Embolo, Pemain yang Menolak Selebrasi di Laga Swiss vs Kamerun

Breel Embolo menjadi penentu kemenangan di laga Piala Dunia 2022 antara Swiss vs Kamerun yang berakhir 1-0.


9 jam lalu

Hasil Piala Dunia 2022: Sengit, Babak I Uruguay vs Korea Selatan 0-0

Duel Uruguay vs Korea Selatan pada babak pertama Grup H Piala Dunia 2022 masih imbang tanpa gol.


9 jam lalu

Harry Kane Dipastikan Bisa Tampil di Laga Kedua Piala Dunia 2022

Inggris akan menghadapi Amerika Serikat pada pertandingan kedua Piala Dunia 2022. Harry Kane sebelumnya diragukan main.


10 jam lalu

Alasan Ban One Love Dilarang di Piala Dunia Qatar dan 10 Negara yang Berusaha Memakainya

Mengenal apa itu prohibition 1 emotion yang dilarang Qatar serta daftar negara yang menolak aturan tersebut di piala dunia 2022


Saksikan Video Kekayaan Qatar Bersumber dari Minyak dan Gas Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel