Kebijakan Truk ODOL Akan Dilakukan Bertahap dan Terbatas di Kawasan Tertentu

Sedang Trending 5 hari yang lalu 30
Kamis, 24 November 2022 21:15 WIB
Ilustrasi truk ODOL. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Kebijakan normalisasi kendaraan sarat dimensi dan muatan atau over magnitude implicit loading (ODOL) atau truk odol pada 2023 diperkirakan bakal diterapkan secara bertahap untuk menghindari dampak kenaikan harga barang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan bahwa kebijakan tersebut masih belum diterima sepenuhnya oleh industri dan dunia usaha. Apalagi, ada risiko efek rambatan pada kenaikan harga barang jika truk ODOL dilarang beroperasi sepenuhnya.

Untuk itu, Adita mengungkap kemungkinan penerapan kebijakan tersebut akan dilakukan secara bertahap, kendati sebelumnya kebijakan Zero ODOL ingin diterapkan pada Januari 2023.

"Kementerian Perhubungan ingin ini [Zero ODOL 2023] bisa diberlakukan. Bahwa itu Januari atau kapan, yang jelas 2023 diharapkan sudah bisa diterapkan. Mungkin kita akan lakukan bertahap di beberapa kawasan yang dampaknya sangat luar biasa," tuturnya di sela-sela Rapat dengan Komisi V DPR, Kamis 24 November 2202.

Penerapan kebijakan ini memang mengalami pasang surut. Awalnya, kebijakan Zero ODOL diluncurkan pada 2018. Teranyar, kebijakan itu ditargetkan bisa mulai diberlakukan pada 2023.

Di sisi lain, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno memastikan bahwa kebijakan itu bakal diterapkan mulai dari tahun depan. Dia menegaskan pihaknya tidak akan memberi perpanjangan waktu untuk kebijakan tersebut lebih dari 2023.

"Target untuk Zero ODOL 2023 masih tetap berjalan, dan tidak ada kebijakan untuk memperpanjang Zero ODOL di 2023," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno pada Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat 2022, dikutip dari siaran langsung YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Selasa (22/11/2022).

Kekhawatiran terhadap dampak pelarangan truk ODOL tecermin di antaranya dari survei oleh Institut Transportasi dan Logistik (ITL), pada Agustus 2022. Survei ITL itu menemukan bahwa banyak pelaku logistik menolak pemberlakuan Zero ODOL 2023 lantaran khawatir bisa mengerek biaya angkutan barang semakin mahal.

Hal itu karena measurement barang yang boleh dimuat per satu satuan travel perjalanan menjadi berkurang sehingga keuntungan yang diterima semakin menipis.

Penelitian kualitatif tersebut dilakukan di dua lokasi yaitu Pasar Induk Kramatjati Jakarta dan Pasar Induk Modern Cikampek, terhadap 300 responden yang terdiri dari 100 pengemudi, 100 pemilik kendaraan, dan 100 pemilik barang/pengelola pasar.

"Dengan adanya kebijakan kenaikan harga BBM sudah menunjukkan dampak pada kenaikan harga barang-barang yang juga berdampak pada responden penilitian kami. Apabila kebijakan Zero ODOL ini diberlakukan maka akan ada situasi ancaman pemogokan dari mereka," terang Pengamat ITL Trisakti Yuwono, Agustus 2022.

BISNIS

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini






1 menit lalu

Yogya Kirim Kendaraan Taktis Bantu Korban Gempa Cianjur

Titik utama pengoperasian armada kendaraan taktis dan para relawan di country korban gempa Cianjur paling parah.


3 hari lalu

Sleman Berlakukan Uji Kendaraan Drive Thru, Butuh 30 Menit Saja Urus KIR

Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan layanan uji kendaraan atau KIR bernama thrust thru berbasis aplikasi.


3 hari lalu

Penarikan Mobil Ford F-150 Karena Motor Wiper Bertambah 450 Ribu Lagi

Penarikan mobil di AS tersebut melibatkan truk Ford F-150 buatan pabrik Dearborn dari 8 Januari 2020 hingga 22 Maret 2021.


4 hari lalu

Lowongan PPPK Tenaga Kesehatan Kemenhub Diperpanjang hingga 22 November, Cek Syaratnya

Kemenhub mengumumkan memperpanjang pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan instansi tersebut.


8 hari lalu

Hari Ini Puncak Kepulangan Delegasi G20, Begini Pengaturan Penerbangan dari Bali

Kemenhub menyebutkan hari ini adalah puncak kepulangan delegasi KTT G20 lewat Bandara Ngurah Rai, Bali. Bagaimana pengaturan penerbangannya?


10 hari lalu

Cegah Kecelakaan, Transjakarta Beri Pelatihan pada Pramudi Mikrotrans

PT Transjakarta mengadakan pelatihan kepada para pramudi armada mikrotrans untuk meningkatkan aspek keselamatan bertransportasi


10 hari lalu

Hati-hati Menyalip dari Jalur Kiri, Lihat Kecelakaan Tragis Ini

Ketika menyalip truk, Suhaimi mengerem centrifugal Honda Vario secara mendadak sehingga Anggraini terpental masuk kolong truk.


10 hari lalu

KTT G20 Bali, 3 Kapal Negara di Perairan Benoa Disiapkan

Kemenhub menyiagakan tiga kapal negara di perairan Benoa, Bali sebagai bentuk dukungan atas pagelaran KTT G20.


11 hari lalu

35 Negara Hadir di KTT G20 Bali, Kemenhub Batasi Penerbangan Domestik Sementara

Kementerian Perhubungan tengah menyeimbangkan pergerakan pesawat kenegaraan dengan penerbangan reguler di lawsuit G20.


11 hari lalu

Ganjil Genap G20, Warga Bali Cerita Kesulitan Keluar-Masuk Rumah Sendiri

Pemerintah memberlakukan sistem ganjil-genap pada 11-17 November 2022 di sejumlah titik selama perhelatan G20.


Saksikan Video Kebijakan Truk ODOL Akan Dilakukan Bertahap dan Terbatas di Kawasan Tertentu Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel