Karla Bionics ITB Raih Gold Award Healthcare Innovation Awards 2022

Sedang Trending 23 jam yang lalu 19
Jumat, 25 November 2022 16:56 WIB
Tangan palsu Karla Bionics dan Yayat Supriyatna saat meraih juara ketiga Cybathlon 2022. (Dok. Tim)

TEMPO.CO, Jakarta - Lengan buatan atau prostesis karya Tim Karla Bionics dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih Gold Award Healthcare Innovation Awards 2022, Kamis malam, 24 November 2022. Alat kesehatan dari Bandung lainnya, yaitu alat bantu pernapasan buatan PT Gerlink Utama Mandiri di Bandung, mendapatkan Platinum Award.

Lengan prostesis karya riset tim Karla Bionics kini sedang diproduksi. Bahannya tidak lagi menggunakan paralon PVC seperti pada purwarupa, namun diganti dengan aluminium.

Baca:
Lengan Tiruan Karla Bionics ITB Seharga Rp 9,9 Juta Mulai Diproduksi di Bandung

Pada kategori inovasi alat kesehatan itu penghargaan Diamond Award dinobatkan dewan juri untuk alat pendeteksi dini tiroid autoimun karya tim dokter dari Kota Malang. Adapun BriCane, yaitu tongkat canggih bagi disabilitas netra yang diinisasi Yayasan Syamsi Dhuha Bandung, memperoleh penghargaan karya favorit.

Ketua yayasan tersebut, Dian Syarief, berharap BriCane dapat terus disempurnakan teknologi dan desainnya. “Berharap juga keberpihakan pemerintah untuk mendukung produksi komponen yang selama ini masih harus diimpor dari luar negeri,” katanya Jumat, 25 November 2022.

Ketua Umum Indonesia Healthcare Forum Supriyantoro mengatakan penghargaan itu diikuti peserta sebanyak 300 lebih inovator. Adapun pembagian lima kategori besar didasarkan pada prioritas permasalahan di bidang kesehatan.

Dari inovasi alat kesehatan, misalnya, diharapkan bisa ditangkap oleh kalangan industri. “Untuk memperkuat programme alat kesehatan dalam negeri,” ujarnya. Menurut dia, kolaborasi menjadi kata kunci untuk keberhasilan programme kesehatan di Indonesia.  

Penghargaan tahunan yang keenam kalinya sejak 2017 oleh Indonesia Healthcare Forum itu totalnya terdiri dari lima kategori inovasi, yaitu Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Mutu Pelayanan Kesehatan, Inovasi Alat Kesehatan, dan Teknologi Informasi Kesehatan.

Penghargaan diberikan kepada instansi, kelompok, atau individu yang dinilai dewan juri telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan. 

Di kategori inovasi alat kesehatan misalnya, ada sepuluh finalis. Selain mereka yang mendapat penghargaan, ada Anjungan Sehat Mandiri (ASM515) dari Kabupaten Bandung, Energy Storage and Return Foot Prosthesis dari Klaten, GL DEXIN+ Dental Intra-Extra Oral Suction dari Bandung. Kemudian Robot Kece dan Smart Phototeraphy Airlangga Bilirubin Nesting dari Surabaya, serta Teropong Digital Skrining Kanker Serviks dari Yogyakarta.

Baca:
Tongkat Pintar untuk Difabel Netra di Healthcare Innovation Awards 2022

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






27 menit lalu

Dinas LH DKI Tarik Alat Kesehatan Mengandung Merkuri di Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Alat kesehatan yang mengandung merkuri ditarik dari seluruh fasilitas layanan kesehatan. Ada termometer, tensimeter dan dental amalgam.


1 hari lalu

ITB Kirim Relawan ke Cianjur, Libatkan Ratusan Mahasiswa Merdeka Belajar

Tim ITB akan segera mungkin membangun empat hunian sementara dengan metode Tunnel Shelter di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.


2 hari lalu

Ini Sumber Gempa yang Merusak Cianjur: Utara Cimandiri, Lurusan Lembang

BMKG mencatat 14 kejadian gempa dengan kekuatan merusak di wilayah Sukabumi dan Cianjur, termasuk gempa M5,6 yang terjadi pada Senin.


2 hari lalu

ITB Terima Penghargaan Top 10 Perguruan Tinggi Permohonan Paten Terbanyak 2022

ITB menjadi kampus apical 10 dengan jumlah permohonan paten terbanyak 2022.


6 hari lalu

Ilham Habibie dan PTDI Ungkap Teknologi Dirgantara 20-30 Tahun ke Depan

PTDI mengaku diminta pemerintah untuk menguasai teknologi kunci pesawat tempur dari Korea Selatan.


10 hari lalu

Didanai Rp 19 Miliar, Program Pengabdian Masyarakat ITB Menyasar 200 Lokasi

Melibatkan dosen dan mahasiswa ITB, sejak 2021 programme itu mengintegrasikan dengan mata kuliah umum Merdeka Belajar.


10 hari lalu

Kepala Desa Bisa Minta Ahli ITB Pecahkan Masalah via Aplikasi Desanesha

Di aplikasi Desanesha, LPPM ITB sudah memiliki ground information para dosen dan kepakarannya berdasarkan kegiatan selama belasan atau puluhan tahun.


10 hari lalu

Unair Sabet Penghargaan Recognition of Improvement dalam QS WUR Asia 2023

Universitas Airlangga (Unair) berhasil meraih penghargaan Recognition of Improvement atas capaian rekognisi global.


12 hari lalu

Lengan Tiruan Karla Bionics ITB Seharga Rp 9,9 Juta Mulai Diproduksi di Bandung

Produksi lengan prostesis yang bisa bergerak atau aktif itu bekerja sama dengan sebuah perusahaan di Bandung yang punya sertifikasi.


13 hari lalu

Tongkat Pintar untuk Difabel Netra di Healthcare Innovation Awards 2022

Tongkat BriCane untuk difabel netra bersaing dengan 9 inovasi alat kesehatan lainnya sebagai finalis Indonesia Healthcare Innovation Awards 2022.


Saksikan Video Karla Bionics ITB Raih Gold Award Healthcare Innovation Awards 2022 Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel