Inilah Alasan Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022 Lebih Panjang

Sedang Trending 23 jam yang lalu 19
Jumat, 25 November 2022 16:59 WIB
Pemain timnas Swiss, Nico Elvedi menghadang pemain timnas Kamerun Eric Maxim Choupo-Moting dalam penyisihan grup G Piala Dunia, di stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, 24 November 2022. REUTERS/Issei Kato

TEMPO.CO, Jakarta - Gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar terdapat hal-hal yang baru diterapkan. Salah satunya adalah waktu pertandingan lebih panjang. Hal ini tidak terlepas dari keputusan FIFA dengan memperpanjang tambahan waktu di setiap laga.

Umumnya, tambahan waktu hanya 1-5 menit dan dalam beberapa kasus bisa lebih dari 5 menit. Namun, dalam gelaran piala dunia kali ini, perpanjangan waktu diberikan rata-rata lebih dari 5 menit. Bahkan, dalam pertandingan Inggris kontra Iran, perpanjangan waktu hingga 14 menit.

Melansir laman Euro Sport, hal tersebut dilakukan oleh FIFA dengan tujuan supaya kompensasi akibat waktu yang terbuang di lapangan dapat akurat dan supaya sepak bola berjalan selama 2 x 45 menit secara efektif.

Mantan wasit FIFA dan Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menyatakan bahwa hal ini sudah pernah dilakukan pada Piala Dunia 2018. Tetapi kali ini pihaknya akan menghitung waktu dengan kompensasi yang lebih akurat.

"Jika Anda melihat tambahan waktu dengan waktu yang berbeda dari biasanya, jangan terkejut. Hal ini dilakukan supaya sepak bola berjalan semestinya 2x45 menit," kata Collina.

Selain itu, Collina menyatakan bahwa tambahan waktu yang panjang tersebut untuk mengganti waktu yang terbuang di lapangan,akibat selebrasi pemain atau terdapat pemain yang cedera.

Collina menyebutkan bahwa keputusan durasi perpanjangan waktu tersebut dihitung oleh asisten wasit tambahan secara tepat dan teliti. Pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi terhadap hal ini, termasuk ketelitian dan ketepatan kompensasi waktu yang diberikan.

EIBEN HEIZIER

Baca juga: Mengapa Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022 Panjang? Ini Penjelasan FIFA






3 menit lalu

Dilarang Pakai Ban Lengan OneLove di Piala Dunia 2022, Harry Kane Pakai Jam Tangan dengan Kilatan Pelangi

Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, dan enam kapten tim nasional lainnya, sempat berencana mengenakan prohibition lengan OneLove di Piala Dunia 2022.


30 menit lalu

Metro Man Asal Kenya Jadi Favorit Penggemar di Piala Dunia 2022

Pemuda dari Kenya menjadi favorit penggemar di Piala Dunia 2022 karena metode kreatifnya dalam mengarahkan orang ke stasiun kereta bawah tanah.


58 menit lalu

Profil Tite, Pelatih Timnas Brasil yang Kunjungi Masjid Sebelum Laga Brasil Vs Serbia di Piala Dunia 2022

Pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alis Tite menyempatkan diri berdoa di sebuah masjid di Kota Doha, Qatar. Ini profilnya yang unik.


1 jam lalu

Nyaris Absen di Piala Dunia 2022 karena Cedera, Richarlison Bikin 2 Gol Bawa Brasil Kalahkan Serbia

Richarlison sempat khawatir tidak terpilih masuk skuad Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022, karena sempat mengalami cedera pada pertengahan Oktober.


2 jam lalu

Jadwal Argentina vs Meksiko di Matchday Kedua Piala Dunia 2022: Saatnya Messi Cs Bangkit

Jadwal Piala Dunia 2022 pada matchday kedua antara lain akan menampilkan laga Argentina vs Meksiko.


2 jam lalu

Ron Vlaar Hadiri Nobar Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador di GBK, Ini Prediksinya

Legenda Timnas Belanda, Ron Vlaar, menilai skuad yang dibawa Louis van Gaal ke Piala Dunia 2022 berisi para pemain berkualitas.


2 jam lalu

Segini Harga Rolls-Royce Phantom Hadiah Timnas Arab Saudi

Rolls-Royce Phantom hadiah bagi Timnas Arab Saudi dipasangi transmisi otomatis dengan 8 percepatan yang bisa digeber maksimal 249 km/jam.


4 jam lalu

Dani Alves: Lionel Messi dan Neymar Lebih Besar daripada Kylian Mbappe

Dani Alves menilai Kylian Mbappe bisa memanfaatkan waktu bermain bersama Neymar dan Lionel Messi. Kritik terlontar di tengah gelaran Piala Dunia 2022.


4 jam lalu

Ketika Para Pemain Portugal Menunjukkan Kesetiaan pada Cristiano Ronaldo

Disingkirkan oleh Manchester United, diskors oleh FA, Cristiano Ronaldo menjawab semuanya dengan memecahkan rekor di Piala Dunia 2022


5 jam lalu

Warga Qatar Memakai Ban Lengan Pro-Palestina saat Menonton Piala Dunia 2022

Warga Qatar mengenakan prohibition lengan dengan desain syal keffiyeh hitam-putih yang identik dengan perjuangan Palestina.


Saksikan Video Inilah Alasan Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022 Lebih Panjang Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel