HCML Tandatangani Perjanjian Pendahuluan dengan PLN dan PGN

Sedang Trending 22 jam yang lalu 27

VP Marketing, Legal & Business Support HCML, Wahyudin Sunarya (kiri) bersama Dirut PT PGN Tbk., Muhammad Haryo Yunianto (kanan) saat penandatanganan HoA antara HCML-PGN di acara

Foto: Istimewa

HCML akan menyuplai gas ke PLN an PGN.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI--Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) elakukan penandatanganan arsip komersial Head of Agreement/HoA (perjanjian pendahuluan) jual beli gas bumi (non binding) di acara 'International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2022' (IOG 2022), di Bali, Jumat (25/11/2022). Penandatanganan ini menandakan HCML mendapatkan kepastian serapan gas bumi oleh pembeli akhir.

VP Marketing, Legal & Business Support HCML, Wahyudin Sunarya melakukan penandatangan HoA dengan PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk. Dalam perjanjian jual beli gas bumi ini, HCML akan menyuplai gas ke PGN sebesar 14 MMSCFD sejak 2022 hingga 2024, dan akan meningkat menjadi 25 MMSCFD sejak tahun 2025 hingga seterusnya, dengan harga 7 dolar AS/MMBTU.

HoA ini akan beraksi pada tanggal penandatanganan tiba dengan ditandatanganinya PJBG yang akan menggantikan HoA ini. Selain dengan PGN, HCML juga melakukan penandatangan HoA dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN).

Dalam perjanjian ini, HCML akan mensuplai gas ke PLN sebesar 25 MMSCFD (interruptible hingga 50 MMSCFD) untuk tahun 2023, dengan harga 6,98 dolar AS/MMBTU, hingga 31 Desember 2030, berakhirnya PSC, atau tanggal pengakhiran PJBG.

"Sumber gas untuk memenuhi kedua perjanjian jual beli ini diambil dari Lapangan MDA-MBH-MDK-MBF HCML yang berada di area kontrak PSC Madura Strait,” ujar Wahyudin, dalam keterangan, Jumat (25/11/2022).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, HCML kembali berpartisipasi dalam pameran tahun ini. Kali ini lebih spesial karena HCML sebagai salah satu exhibitor dengan membuka booth yang menyediakan hospitality, informasi, dan hal-hal menarik lainnya terkait HCML. HCML berharap dapat lanjut berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan produksi migas nasional.

“Ini krusial dalam menjaga gambaran HCML sebagai salah satu pemasok daya handal yang telah berada di Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Sekaligus menegaskan kembali komitmen berkelanjutan HCML untuk berinvestasi di blok Selat Madura guna mendukung kecukupan daya nasional, khususnya di Jawa Timur,” ujar Wahyudin.

Saksikan Video HCML Tandatangani Perjanjian Pendahuluan dengan PLN dan PGN Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel