Hari Guru Nasional, Nadiem Sebut Kebutuhan Guru Terpenuhi Lewat Platform Ini

Sedang Trending 23 jam yang lalu 23
Jumat, 25 November 2022 16:59 WIB
Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Jumat 25 November 2022. ANTARA/Indriani

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan level Merdeka Mengajar dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru. Platform tersebut, lanjut dia, dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan dari Kementerian Pendidikan.

Menurut Nadiem, hal itu merupakan perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat. “Platform Merdeka Mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi,” ujar Nadiem dalam sambutannya pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 pada Jumat, 25 Ncvember 2022.
 

Dalam Platform Merdeka Mengajar, para guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain. Guru di Aceh saat ini terhubung dengan para guru di Papua. Begitu juga dengan guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru di Jawa.

Baca juga:Cerita Nadiem Terjunkan Tim Gerak Cepat dan Berikan Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur

“Saya berterima kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna Platform Merdeka Mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi,” terang dia.

Pihaknya juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti programme Guru Penggerak yang berbeda dengan programme pendidikan yang ada selama ini. Program Guru Penggerak bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia.

“Mereka adalah guru yang menomorsatukan murid dalam setiap keputusannya, yang mampu menjadi mentor bagi guru-guru lainnya, dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam memperjuangkan yang terbaik bagi muridnya. Inilah generasi baru kepala sekolah dan pengawas,” katanya.

Saat ini, Nadiem mengatakan sudah ada 50 ribu Guru Penggerak di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah untuk memimpin roda perubahan pendidikan Indonesia. Ke depan, Nadiem berharap agar seluruh kepala daerah dapat segera mengangkat para Guru Penggerak untuk bisa menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, para inovator di sekolah dan di lingkungan sekitar.

Begitu pula dengan programme persiapan calon guru masa depan kita, khususnya melalui transformasi programme Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi, ujarnya.

Inovasi lainnya adalah perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui sistem digital. "Semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profesional dan adaptif, yang terus memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dalam berinovasi,” imbuh Nadiem lagi.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






56 menit lalu

Kemendikbud: Jadwal Masuk PTN SNBP SNBT 2023 Diumumkan 1 Desember 2022

Kemendikbud mengatakan jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 pada awal Desember.


1 jam lalu

Hari Guru Nasional, Lakukan Hal Ini bersama Orang Tua dan Anak

Di Hari Guru Nasional 2022, mari kita tunjukkan apresiasi dan penghargaan kepada orang tua dan anak dengan cara-cara sederhana berikut.


1 jam lalu

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton di Hari Guru Nasional

Daftar movie Indonesia yang cocok ditonton saat Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November.


2 jam lalu

Hari Guru Nasional: Berikut Tugas dan Fungsi Guru Menurut Undang-Undang

Hari Guru Nasional sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan upaya guru dalam mencerdaskan kehidupan calon penerus bangsa. Ini tugas dan fungsi guru.


3 jam lalu

Bamsoet dan Ikatan Guru Indonesia Sosialisasi Empat Pilar MPR

Guru memiliki peran strategis melahirkan SDM yang terampil, kompeten, memiliki daya saing dan berkarakter.


3 jam lalu

Hari Guru Nasional 2022, Kisah Suka Duka Guru di SLB Sri Mujinab Pekanbaru

Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November. ini kisah suka duka para guru di SLB Sri Mujinab Pekanbaru, Riau.


6 jam lalu

Hari Guru Nasional, Jokowi Sebut Pendidikan Kunci Hadapi Kompetisi yang Sengit

Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Guru Nasional lewat laman media sosialnya. Dia mengatakan pendidikan kunci lewati tantangan.


10 jam lalu

15 Ucapan Hari Guru Nasional 2022

Sebagai bentuk untuk memeriahkan Hari Guru Nasional 2022, Anda dapat memberikan ucapan untuk guru Anda.


16 jam lalu

Daftar 20 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2022, Silakan Download

Berikut ini daftar nexus twibbon yang dapat Anda gunakan untuk ikut memeriahkan Hari Guru Nasional 2022.


1 hari lalu

Lestari Moerdijat Dorong Semua Pihak Bantu Peningkatan Kualitas Guru

Diperlukan guru yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga harus ada panggilan jiwa karena mencintai dunia pendidikan.


Saksikan Video Hari Guru Nasional, Nadiem Sebut Kebutuhan Guru Terpenuhi Lewat Platform Ini Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel