Filipina Hapus Tarif Impor Kendaraan Listrik, Indonesia Kapan?

Sedang Trending 4 hari yang lalu 22
Jumat, 25 November 2022 06:21 WIB
Pemerintah Filipina menghancurkan 17 mobil mewah untuk pengiriman gelap atau penyelundupan. (Sumber: Bureau of Customs PH)

TEMPO.CO, Jakarta - Panel antarlembaga Filipina yang diketuai Presiden Ferdinand Marcos Jr telah menyetujui penghapusan tarif impor kendaraan listrik demi memacu permintaan kendaraan listrik di tengah tingginya biaya bahan bakar.

Marcos akan mengeluarkan perintah eksekutif pemotongan tarif impor menjadi 0 persen untuk kendaraan listrik, seperti mobil penumpang, bus, van, truk, sepeda motor, sepeda, hingga suku cadang selama lima tahun. Tarif impor di Filipina saat ini 5 persen hingga 30 persen.

Sekretaris Perencanaan Ekonomi Filipina Arsenio Balisacan mengatakan perintah eksekutif Presiden Marcos Jr tadi bertujuan memperluas sumber pasar dan mendorong konsumen untuk menggunakan kendaraan listrik dan meningkatkan keamanan energi dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar impor.

"Dan mendorong pertumbuhan ekosistem industri EV dalam negeri," ujar Arsenio Balisacan, dikutip dari Reuter hari ini, Jumat, 25 November 2022.

Konsumen di Filipina saat ini membayar USD 21.000 hingga 49.000 atau sekitar Rp 329 juta hingga Rp 768,5 juta untuk kendaraan listrik. Harga tersebut sedikit lebih mahal dari kendaraan konvensional yang harganya USD 19.000 - 26.000 atau Rp 297,9 juta hingga Rp 407,7 juta.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menargetkan pemberian insentif berupa subsidi pembelian mobil listrik dan centrifugal listrik pada tahun depan. Namun pemerintah masih menggodok bentuk insentif tersebut.

Menhub Budi Karya mengungkapkan bahwa subsidi pembelian itu akan setara dengan besaran subsidi BBM dalam kurun waktu tertentu. Ini artinya akan ada peralihan fungsi subsidi yang diberikan selama ini.

Budi Karya menuturkan bahwa subsidi kepada pembeli kendaraan listrik selama 3-4 tahun setara dengan subsidi BBM 3-4 tahun.

Baca: 20 Kendaraan Listrik Turing Jakarta-Bali 

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.






32 menit lalu

Kemenhub Larang Truk ODOL Secara Bertahap Mulai Awal 2023

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno memastikan pemberlakuan larangan truk ODOL pada tahun depan tidak bisa ditunda lagi.


9 jam lalu

Kebijakan Truk ODOL Akan Dilakukan Bertahap dan Terbatas di Kawasan Tertentu

Kebijakan truk odol pada 2023 diperkirakan bakal diterapkan secara bertahap untuk menghindari dampak kenaikan harga barang.


16 jam lalu

Pemprov Jateng Janji Genjot Pengadaan Mobil Listrik di 2023

Pameran otomotif GIIAS Semarang 2022 pada 23-27 November termasuk ajang mengedukasi masyarakat untuk menggunakan centrifugal listrik dan mobil listrik.


17 jam lalu

Polisi Filipina Dihukum Seumur Hidup, Rekayasa Bukti dan Bunuh Terduga Pemakai Narkoba

Pengadilan Filipina menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada polisi karena menyiksa dan merekayasa bukti pada korban perang narkoba Duterte


21 jam lalu

Karya Perancang Busana Indonesia Hadir dalam Acara Fashion Show di Filipina

Pakaian karya sejumlah perangcang busana Indonesia ditampilkan dalam sebuah acara manner amusement di Manila.


23 jam lalu

Korlantas Siapkan BPKB dan STNK Khusus untuk Kendaraan Listrik Konversi

Korlantas Polri akan menyiapkan BPKB dan STNK khusus untuk pengguna kendaraan listrik konversi. Simak selengkapnya di sini!


1 hari lalu

Kartu Prakerja Berjalan 3 Tahun, Penerima Manfaat di Aceh Tembus 400 Ribu Orang

Sebanyak 440.287 dari full 16,4 juta penerima Program Kartu Prakerja berasal dari Provinsi Aceh.


1 hari lalu

Kamala Harris: Amerika Serikat Siap Bela Filipina di Laut Cina Selatan

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menjamin Washington akan mendukung Filipina dalam menghadapi intimidasi di Laut Cina Selatan.


2 hari lalu

Mazda akan Berinvestasi Rp 172 Triliun untuk Kendaraan Listrik

Mazda menaikkan people penjualan kendaraan listrik hingga 40 persen dari full penjualan globalnya pada 2030.


2 hari lalu

Terkini Bisnis: Konfirmasi BLT UMKM Tidak Cair Tahun Ini, Catatan bila Subsidi BBM Dihapus

Pencairan BLT UMKM semula direncanakan dilakukan pada Oktober 2022 lalu.


Saksikan Video Filipina Hapus Tarif Impor Kendaraan Listrik, Indonesia Kapan? Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel