Dinas LH DKI Tarik Alat Kesehatan Mengandung Merkuri di Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Sedang Trending 4 hari yang lalu 17
Jumat, 25 November 2022 16:30 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto memberikan keterangan pers usai menyisir dari Kali Ciliwung yang berlokasi di samping Korps Marinir TNI AL hingga Kali Ciliwung di kawasan Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis, 10 November 2022. Tempo/Mutia Yuantisya

TEMPO.CO, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menarik alat-alat kesehatan yang memiliki kandungan merkuri di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan penarikan ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (RAN-PPM) Pada Bidang Prioritas Kesehatan.

"Pelaksanaan penarikan alat kesehatan bermerkuri untuk wilayah DKI Jakarta sudah dilakukan pada tanggal 22 dan 23 November 2022," kata Asep Kuswanto seperti dikutip dari Antara, Kamis, 24 November 2022.

Asep menambahkan penarikan alat-alat kesehatan bermerkuri itu bertempat di dua lokasi titik depo penyimpanan yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sebagai penempatan depo bergerak (mobile).

Asep mengatakan bahwa DKI Jakarta diberikan fasilitas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai salah satu dari enam provinsi prioritas untuk dilakukan penarikan alat kesehatan bermerkuri yang bersumber dari fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta.

Adapun lokasi pertama berada di asrama Dinas Lingkungan Hidup Pesanggrahan, Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada tanggal 22 November 2022, dengan sumber alat kesehatan bermerkuri dari fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.

Sedangkan lokasi kedua berada di Asrama Dinas Lingkungan Hidup Bambu Larangan, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022 untuk fasilitas layanan kesehatan  yang berada di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

"Jenis alat kesehatan bermerkuri yang ditarik seperti termometer, tensimeter, dan dental amalgam," ucap Asep.

Dia juga menjelaskan jumlah alat kesehatan mengandung merkuri yang berhasil diangkut antara lain termometer sebanyak 1.029 unit, tensimeter 3.334 unit, dan dental amalgam 10,65 kg yang berasal dari 131 fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah DKI Jakarta.

Selanjutnya alat kesehatan bermerkuri ini dilakukan pengelolaan lebih lanjut oleh pihak ketiga berizin yang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup  RI.

Baca juga: Lagi, Polusi Debu Batu Bara Cemari Warga Rusunawa Marunda, Ganggu Nafas, Mata & Bikin Gatal






1 jam lalu

Polusi Debu Batu Bara di Marunda Muncul Lagi, Dinas LH DKI: Masih Diinvestigasi

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta belum bisa memastikan penyebab polusi debu batu bara di Marunda, Jakarta Utara, kembali terjadi.


1 jam lalu

Kasus Harian Covid-19 DKI Jakarta Melonjak, Dinkes: BOR Terkendali

Kasus harian Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir kian melonjak. Meski demikian, Bed Occupation Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit DKI Jakarta disebut masih dalam kondisi aman.


1 jam lalu

Rancangan Masa Depan Jakarta Setelah IKN: Provinsi dengan Gubernur Tanpa Wali Kota dan Bupati

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan setelah IKN, Jakarta tetap menjadi provinsi yang dipimpin gubernur tapi tanpa ada wali kota atau bupati.


2 jam lalu

Kemenkes Izinkan Vaksin Booster Kedua untuk Lansia, Epidemiolog Ungkap Efektivitasnya

Kementerian Kesehatan berikan lampu hijau vaksin booster kedua Covid-19 untuk lansia berusia 60 tahun ke atas.


5 jam lalu

RAPBD DKI 2023 Bengkak Rp 4,7 Triliun, Prasetyo Edi Minta Disisir Hanya 1 Jam, Golkar: Kebodohan

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Basri Baco mengatakan, anggota dewan telah membahas RAPBD DKI 2023 di Grand Cempaka Resort, Bogor, selama 3 pekan.


6 jam lalu

Lagi, Polusi Debu Batu Bara Cemari Warga Rusunawa Marunda, Ganggu Nafas, Mata & Bikin Gatal

Polusi debu batu bara tak kunjung hilang dan masih terus mencemari lingkungan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing.


6 jam lalu

Usulan PMD 2023 untuk 10 BUMD DKI Membengkak Rp 1,9 Triliun, Total Jadi Rp 8,12 Triliun

10 BUMD DKI mengajukan tambahan penyertaan modal daerah atau PMD ke Pemerintah DKI Jakarta, full suntikan modal Rp 8,12 triliun.


10 jam lalu

Setelah di Dishub, Dana Hibah untuk TNI Muncul di Pos Anggaran Satpol PP DKI, Besarnya Rp 337,33 Miliar

Dana hibah untuk TNI juga tercantum di pagu anggaran Satpol PP DKI. Salah satunya untuk pembelian alat penanggulangan hura-hara Rp 88 miliar.


20 jam lalu

PMD LRT Velodrome-Manggarai Direkomendasikan Naik Jadi Rp 916 Miliar

DPRD DKI Jakarta merekomendasikan penambahan penyertaan modal daerah (PMD) 2023 untuk pembangunan LRT Fase 1B jadi Rp 916 miliar.


21 jam lalu

Heru Budi Hartono Bicara Jakarta setelah Bukan Ibu Kota Negara, Bappenas Janji Bangun Lebih Baik

Heru Budi Hartono menggelar pertemuan bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa, di Balai Kota DKI.


Saksikan Video Dinas LH DKI Tarik Alat Kesehatan Mengandung Merkuri di Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel