Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Digelar di Medan Tenggara

Sedang Trending 3 hari yang lalu 10

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kelurahan Medan Tenggara, Kecamatan Medan Denai menjadi Kelurahan percontohan dalam Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT.P2W-KSS).

Hal tersebut diketahui ketika tim penilaian PT.P2W-KSS Provinsi Sumut mengunjungi saung PT.P2W-KSS Kelurahan Medan Tenggara yang berlokasi di Jalan Keramat Indah, Gang Padang Bolak untuk melakukan penilaian, Jumat (23/9/2022).

Kehadiran Tim PT.P2W-KSS Provinsi Sumut yang diketuai oleh Marzuki disambut Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M. Sofyan.

Selain itu hadir juga sejumlah ketua OPD terkait di lingkungan Pemko Medan, perwakilan dari TP PKK Kota Medan yang diwakili oleh Ny. Irina Sutan Tolang, Camat Medan Denai Baharuddin Ritonga, para Lurah dan pengurus TP PKK se-Kecamatan Medan Denai.

Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan M. Sofyan dalam sambutanya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim penilaian dalam rangka penilaian Kelurahan Percontohan PKK PT.P2W-KSS tahun 2022 yang rutin dilaksanakan setiap tahun guna mengukur sejauh mana peningkatan kualitas hidup wanita pada aspek pendidikan, kesehatan dan perekonomian.

"Atas nama Pemko Medan kami mengucapkan selamat datang di Kelurahan Medan Tenggara, penilaian ini diharapkan menjadi wadah untuk saling memberikan saran dan masukan dalam penyelenggaraan program PT.P2W-KSS yang lebih bagus kedepanya demi peningkatan kesejahteraan keluarga di kota Medan," kata M. Sofyan.

Lebih lanjut M. Sofyan mengatakan TP PKK sebagai unsur pembangunan bangsa mempunyai misi mulia dalam memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga.

Artinya seluruh upaya yang dilakukan penggerak PKK bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, senang dan sejahterah.

Untuk itu, para kader dan penggerak PKK harus dapat memadukan mobilitas langkah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat khususnya terkait dengan kesepuluh program pokok PKK.

"Gerakan PKK sejatinya bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan. Gerakan PKK ini sangat berperan krusial dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Oleh karena itu sebagai bagian dari PKK, kita harus membudayakan sepuluh gerakan pokok PKK sesuai dengan eksistensinya," ujar M. Sofyan.

Dikatakan M. Sofyan lagi, seperti yang diketahui PT.P2W-KSS ialah program peningkatan peran wanita yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan dan pemberdayaan secara terkoordinasi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

Pembinaan dalam program PT.P2W-KSS merupakan salah satu strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan mulai dari tingkat keluarga.

"Jika keluarga telah berdaya, maka berdaya pula masyarakat, dan apabila masyarakat telah berdaya maka akan bisa menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Karena itu melalui pertemuan ini diharapkan tim penilai penilaian dapat memberikan arahan agar program PT.P2W-KSS di Kota Medan dapat lebih bagus lagi kedepanya sehingga kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan semakin dirasakan oleh masyarakat kota Medan," harap M. Sofyan.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution yang diwakili oleh Ketua Tim 4 bid. Kesehatan keluarga dan lingkungan Ny. Irina Sutan Tolang mengatakan bahwa untuk mewujudkan tujuan dari PT.P2W-KSS, Pemko Medan melalui OPD terkait dan PKK Kota Medan secara rutin melakukan pembinaan, penyuluhan, pelatihan serta pemberian donasi kepada penduduk binaan di letak PT.P2W-KSS agar masalah di Kelurahan Medan Tenggara dapat teratasi khususnya yang menyangkut pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

"Program ini merupakan upaya kita untuk mengembangkan swadaya masyarakat guna mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan senang untuk pembangunan masyarakat dengan wanita sebagai penggeraknya," kata Irina Sutan Tolang.

Sedangkan Ketua Tim PT.P2W-KSS Provinsi Sumut Marzuki mengaku senang apabila melakukan penilaian di kota Medan karena seluruh OPD dilingkungan Pemko Medan ikut aktif mendukung program PT.P2W-KSS.

"Saya senang setiap kali melakukan penilaian ke Kota Medan karena OPD nya ikut berperan aktif mendukung program PT.P2W-KSS. Sementara di kabupaten lain banyak OPD nya yang tak peduli padahal sesuai namanya ini ialah program terpadu, integrasi kegiatan dari seluruh Dinas terhadap penduduk binaan yang ada di Kelurahan," kata Marzuki.

Dalam penilaian penilaian ini juga di dengarkan ekpose dari Lurah Medan Tenggara M. Pandapotan Ritonga terkait dengan apa saja yang sudah diberikan kepada penduduk binaan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan peninjauan lapangan.

*