Bolden Kian Dekat Tembus NBA, Dikontrak Exhibit 10 oleh Milwaukee Bucks

Sedang Trending 2 hari yang lalu 14

Marques Terrell Bolden harus bisa menembus top roster 15 NBA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimpi merasakan atmosfer kompetisi bola basket NBA kembali muncul di benak pebasket naturalisasi Indonesia, Marques Terrell Bolden. Dia saat ini sedang berjuang menembus kompetisi elite bola basket bumi di Amerika Serikat (AS) bersama Milwaukee Buks.

Kepastian ini didapat setelah center kelahiran Texas pada 17 April 1998 tersebut tanda tangani kontrak exhibit 10 dengan salah satu kontestan NBA tersebut, Kamis (22/9/2022) waktu AS. Dalam kontrak itu, Bolden mendapatkan kesempatan berjuang ke NBA. Syaratnya, harus bisa menembus top roster 15 NBA.

"Sebagai pengurus dan pecinta basket, kami tentu dukung penuh pemeran yang mau berkarya di kompetisi dengan level lebih tinggi. Semoga apa yang dilakukan Bolden ini dapat menginspirasi dan memotivasi pemeran Indonesia lainnya," ujar Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dilansir dari laman formal Perbasi, Jumat (23/9/2022).

Bolden merupakan pemeran berkualitas yang pantang menyerah. Ini karena sebelumnya dia pernah mengadu nasib mencicipi ketatnya NBA. Momen itu terjadi pada 2019 dan 2021. Pada 2019, center yang lahir di Texas pada 17 April 1998 ini berjuang masuk NBA dengan status undrafted. Dia berjuang setelah sembuh dari cedera kaki.

Kemampuannya bisa memikat salah satu kontestan NBA, Cleveland Cavaliers. Namun nama Marques Terrell Bolden kemudian diliris untuk memperkuat tim satelit Cavaliers untuk kompetisi di NBA G League, Canton Charge.

Petualanganya kemudian berlanjut dengan gabung klub NBA G League, Salt Lake City Stars, yang berafiliasi dengan Utah Jazz sejak 2021. Tahun ini, Bolden yang pernah memperkuat Duke University dan bermain di Liga Basket Mahasiswa Amerika Serikat (NCCA) kembali mendapat kesempatan menembus NBA usai terima kontrak exibhit 10 dari Milwaukee Buks.

Jika sukses, ini akan jadi sejarah bagi Indonesia. Bolden akan menjadi penduduk negara Indonesia pertama yang bermain di NBA setelah proses naturalisasinya beres pada Juli 2021.

Selama perkuat timnas Indonesia, Bolden membantu timnas Indonesia mempersembahkan medali emas SEA Games Hanoi 2021. Bersama Timnas Indonesia, Bolden juga pernah menjadi pemeran kunci di penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022.

Dengan tinggi 208 cm, center yang mengawali karier basket pada 2016 itu menjadi penyumbang poin terbanyak Indonesia dengan 32 poin saat timnas Indonesia menang atas Arab Saudi. Ia mencetak 16 poin saat pertandingan melawan Jordania, 18 poin ketika bersua Australia, dan mencetak 21 poin kala menghadapi Cina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini