Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2022
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Pungli Dalih Serikat Pekerja Digulung Polres Dairi | Berita Dairi Hari ini Kamis 20 Januari 2022

Oleh : S.Simanjuntak on pada 1 minggu lalu |

Pungli Dalih Serikat Pekerja Digulung Polres Dairi  | Berita Dairi Hari ini Kamis 20 Januari 2022

Sidikalang- SUMUTkota.com: aksi premanisme dengan melakukan pungutan liar di dusun Amborgang desa Kaban Julu Simpang Juma petak kecamatan Lae Parira, Dairi terhadap supir truk galian C akhirnya diamankan polres Dairi. 3 Pelaku yang sudah berusia tua itu dikenakan pasal pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 Tahun penjara. Tiga tersangka kini menginap di sel polres Dairi.

Kapolres Dairi Akbp Wahyudi Rahman,  SH, SIK, MM melalui Kasat Reskrim Pokres Dairi Akp Rismanto J Purba, SH, MH, MKn menjelaskan tiga orang yang tertangkap tangan saat melakukan aksinya di kecamatan  lae Parira. Selasa (11/1/22). Mereka yang diamankan SS ( 46 ) warga , Desa sumbul kec. Lae parira kab. Dairi, MS, (55 ) Ds sumbul kec. Lae parira kab. Dairi. Dan ( HN) warga  Amborgang Ds. Sosor lontung kec. Siempat nempu kab. Dairi. Mereka ditangkap saat melakukan aksinya kepada sejumlah supir truk. Dari tangan mereka didapatkan barang bukti berupa uang tunai  total Rp 240. 000.

Penangkapan ketiga tersangka dimana salah satunya mengenakan baju salah satu organisasi serikat pekerja itu setelah adanya aduan supir truk pengangkut batu kapur. Mereka mengeluhkan adanya kutipan Rp. 5000 kepada supir pengangkutan bahan galian C tersebut. Bagi yang tidak memberikan dapat berlanjut ke intimidasi verbal hingga kekerasan.

Personil satreskrim polres Dairi langsung melakukan pengintaian untuk langsung melihat aksi yang dilakukan sejumlah oknum ters2but di tangkahan Ria Baru Ds. Kaban julu kec. Lae parira.

Dari pengintaian yang dilakukan polisi para tersangka  melakukan aksinya kepada sejumlah mobil bermuatan yang keluar dari tangkahan, selanjutnya pada saat melintas di pos Pengutipan, oleh oknum petugas jaga pos SPSI diberhentikan dan langsung diminta untuk melakukan pembayaran kutipan

 Setelah uang diberikan supir, personil opsnal langsung melakukan penangkapan secara tertangkap tangan,  Penangkapan pertama  dilakukan  kepada SS yang mengutip di Pos dengan  barang bukti yang disita sejumlah Rp79.000,

 Selanjutnya polisi mengamankan .MS dengan jumlah barang bukti yang disita sejumlah Rp39.000,- dan HN  jumlah barang bukti sejumlah Rp130.000.

Hasil interogasi polisi sementara menyebutkan kalau para tersangka pelaku pungli tidak memahami apa yang sebenarnya menjadi tujuan dari adanya Serikat Buruh / Serikat Pekerja (SPSI) sesuai peraturan perundang-undangan.

Menurut pemahaman mereka setelah bergabung dengan SPSI, para pelaku sudah memiliki hak dan wewenang untuk melakukan pungli dijalanan dan menyerahkan sebahagian hasil kutipan masing masing kepada pihak yang menyuruh mereka melakukan pengutipan (Ketua).

Ketiga tersangka pelaku premanisme ini diamankan bersama barang bukti kemudian dibawa ke Sat Reskrim Polres Dairi guna Proses penyidikan selanjutnya. Sementara  Para supir truk yg merasa keberatan dengan pungutan liar  menyampaikan lega atas tindakan tegas polisi karena aksi yang dilakukan kelompok mengaku serikat pekerja ini telah meresahkan dan merugikan mereka .

Kapolres Dairi meminta pihak yang melakukan tindakan serupa untuk menghentikan kegiatannya guna memberi kenyamanan kepada masyarakat. Tindakan premanisme melanggar hukum ini sangat jelas konsekwesinya menjadi pidana . (Hen)



Pungli Dalih Serikat Pekerja Digulung Polres Dairi | Bang Naga | on 1 minggu lalu | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Pungli Dalih Serikat Pekerja Digulung Polres Dairi
Description: Sidikalang- SUMUTkota.com: aksi premanisme dengan melakukan pungutan liar di dusun Amborgang desa Kaban Julu Simpang Juma petak kecamatan Lae Parira, Dairi terhadap supir truk galian C akhirnya diamankan polres Dairi. 3 Pelaku yang sudah berusia tua itu dikenakan pasal pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 Tahun penjara. Tiga tersangka kini menginap di sel […]
Alamat: https://sumutkota.com/dairi/read/pungli-dalih-serikat-pekerja-digulung-polres-dairi.jsp
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Otomotif Travel Karir Contack Me Zodiak
© 2017 - 2022 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds