Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2021
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Guntar Maha Solusi Namanterrep Bebas Kekeringan | Berita Dairi Hari ini Minggu 16 Mei 2021

Oleh : S.Simanjuntak on pada 2 minggu lalu |

Guntar Maha Solusi Namanterrep Bebas Kekeringan  | Berita Dairi Hari ini Minggu 16 Mei 2021

Sidikalang- SUMUTkota.com : Dusun Namanterrep, desa Bakal Julu, kecamatan Siempat nempu Hulu, kab Dairi sejak lama dikenal sebagai dusun gersang. Pasalnya sepanjang tahun warganya hanya berharap pada hujan untuk bertemu air. Sisanya harus menapaki terjalnya dinding tebing lae renun untuk bertemu air dari sungai terbesar di Dairi itu. Kecelakaan hingga kematian demi mendapatkan air dari lae renun sudah menjadi cerita memilukan dalam kisah dusun ini berdiri. Namun kini seorang warganya H. Guntar Maha, ST, MT kembali dari Yogyakarta membuat “gempar” dusun dimana dia dilahirkan. Seluruh warganya sudah dapat merasakan air bersih dengan hanya duduk di rumah saja.

SUMUTkota.com mendapatkan kisah Heroik pria pensiunan kementrian PUPR ini dari Camat Siempat nempu Hulu Lis Hamidah Ujung, S, Sos, MAP  dan Kepala desa Bakal Julu Lambok Manalu saat keduanya turun langsung melihat finishing pengerjaan sumur kehidupan pinggir lae Renun itu di dusun Namanterrep.

Camat Siempat Nempu Hulu Lis Hamidah sampai ingin langsung bertemu kisah heroik Guntar Maha setelah mendegar dari mulut ke mulut kalau masyarakat dusun Namanterrep tinggal hitungan hari akan merasakan nikmatnya air bersih dari hasil tekhnologi yang diperkenalkan salah satu warganya yang pulang dari rantau.  Guntar Maha menjadi solusi dalam perjalanan panjang sejarah dusun ini sejak berdiri. Sesuai namanya mungkin guntarlah yang dapat membuat dusun ini menjadi gempar.

Menyimak perjalanan Lis Hamidah Ujung bertemu langsung dengan H. Guntar Maha yang didampingi istrinya. Mereka menjajal areal yang curam dan menyaksikan pemasangan sumur yang digali menggunakan alat berat excavator persis dipinggir lae renun.

Menyaksikan alat berat bekerja memasang susunan bodem (gorong gorong) yang sudah dipasangi filter disekelilingnya merupakan pekerjaan  yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Belum lagi selama pengerjaan di lubang tersebut air yang memasuki kerukkan harus dikeringkan dengan mesin perhisap.

Dari sumur ini nantinya air bersih akan dialirkan ke bak penampungan di tengah dusun dan selanjutnya diditribusi ke perumahan warga. Untuk perumahan warga yang letaknya lebih tinggi masih mengunakan mesin pelengkap.

Hingga terpikir bagaimana biaya diperoleh untuk pembuatan sumur yang tidak sedikit itu. Ternyata seluruhnya ditanggung oleh H Guntar Maha.

Lantas siapa Guntar Maha?

Dalam wawancara bersama camat,  Guntar ternyata lahir dan besar di dusun tersebut. Sebagai anak dusun sudah terbiasa dengan pahitnya kehidupan di tebing pinggiran sungai renun siempat nempu Hulu. Maka kisah pahit  itulah yang mengiang ditelinganya selama diperantauan sebagai PNS di kementrian PUPR di Kendari dan Yogyakarta.

“ Saya lahir dan hingga SMA di dusun ini. Jadi kisah bagaimana beratnya mendapatkan air disini saya rasakan sejak kecil. Dan itu pula yang menginspirasi saya kelak bisa menjadi solusi bagi warga dusun dimana dulu kami sama sama susah mencari air ke lae renun “ sebutnya

Tujuan saya tidak lain ingin berbakti dan menjadi solusi bagi dusun dimana saya lahir. Maka material dan alat alat ini semua bahkan daya bawa dari toko saya di Yogya. Beberapa peralatan bahkan saya bawa dari Kendari . Syukur istri sangat mendukung sehingga mimpi saya bisa memberi yang terbaik mulai terwujud.

“ Dahulu usai tamat SMA ketika dusun ini kutinggalkan untuk sekolah,  aku pamit ke semua warga rumah ke rumah. Mereka semua memberangkatkan saya . Ada doa mereka kirimkan untuk langkah saya dan kita berpikir positif mungkin dari doa mereka itu saya bisa seperti sekarang. Maka hari ini saya kembali dan menjadi solusi bagi mereka  saya fikirini  adalah hal yang wajar dan sebuah kesyukurkan kepada Ilahi dari rezeki kita ” sebutnya . Bersambung ke bagian 2… (Hen)



Guntar Maha Solusi Namanterrep Bebas Kekeringan | Bang Naga | on 2 minggu lalu | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Guntar Maha Solusi Namanterrep Bebas Kekeringan
Description: Sidikalang- SUMUTkota.com : Dusun Namanterrep, desa Bakal Julu, kecamatan Siempat nempu Hulu, kab Dairi sejak lama dikenal sebagai dusun gersang. Pasalnya sepanjang tahun warganya hanya berharap pada hujan untuk bertemu air. Sisanya harus menapaki terjalnya dinding tebing lae renun untuk bertemu air dari sungai terbesar di Dairi itu. Kecelakaan hingga kematian demi mendapatkan air […]
Alamat: https://sumutkota.com/dairi/read/guntar-maha-solusi-namanterrep-bebas-kekeringan.jsp
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Otomotif Travel Karir Contack Me Zodiak
© 2017 - 2021 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds