Berita Terkini Nasional Dan Internasional 2021
Home jadwal bola Skor bola Zodiakmu Hari Ini dairi  

Bendungan Simungun Jebol, Warga Sebut "Terobati" Reaksi Cepat Bupati Dairi | Berita Dairi Hari ini Senin 6 Desember 2021

Oleh : S.Simanjuntak on pada 3 minggu lalu |

Bendungan Simungun Jebol, Warga Sebut "Terobati" Reaksi Cepat Bupati Dairi  | Berita Dairi Hari ini Senin 6 Desember 2021

Sidikalang- SUMUTkota.com : Bendungan Daerah Irigasi Lae Garut desa Simungun kecamatan Siempat nempu Hilir, Dairi jebol senin (15/10/2021) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun dipastikan sekitar 50 hektar areal persawahan daerah itu akan terganggu akibat bencana yang terjadi. Namun demikian warga petani daerah itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas reaksi Cepat bupati Dairi Dr Eddy Berutu yang hanya hitungan jam sudah menurunkan tim dinas BPBD dan Dinas PUTR meninjau lokasi bencana.

Informasi yang berhasil dihimpun Dairi pers dari warga setempat menyebutkan bendungan untuk daerah irigasi ini merupakan bendungan induk untuk keperluan pengarian 50 hektar sawah warga.  Bendungan irigasi ini dikerjakan tahun 1994 dan jebolnya bendungan diyakini karena termakan usia.

Hujan deras yang terjadi selama tiga hari di daerah Simungun telah menyebabkan volume air bertambah dan menyebabkan  bendungan tidak mampu menahan debit air yang menyebabkan bandungan jebol. Menurut warga beberapa pohon tumbang yang terbawa arus air sehingga ikut menghantam tembok dinding bendungan yang sudah berusia tua itu.

Dilaporkan meski bendungan jebol namun hampir dipastikan lahan persawahan tidak rusak. Namun aliran air persawahan akan terganggu hingga dapat dibangun kembali.

Terimkasih ke Bupati Dairi

Sementara itu mewakili warga Simungun Toni Silaban menyampaikan terimakasih dan sangat mengapresiasi tindakan cepat Bupati Dairi yang langsung menurunkan tim dari dinas PUTR dan BPBD Dairi langsung ke lokasi . Dalam vidionya yang didampingi beberapa ASN lingkungan pemkab Dairi menyampaikan terimakasih kepada reaksi cepat Bupati Dairi dimana hal itu menurutnya sangat tepat dan dapat membuat derita warga sedikit terobati.

“ Kami menyampaikan terimakaih kepada Bupati Dairi yang langsung menurunkan tim melihat kondisi bencana ini. Kami berharap bendungan ini dapat secepatnya menjadi prioritas dalam perbaikannya sehingga petani sawah daerah ini tidak terlalu lama terganggu untuk mendapatkan kembali pasokan air untuk persawahan” sebut Toni Silaban.

Sementara itu infromasi yang berhasil diterima SUMUTkota.com petani sawah daerah ini rabu (17/10/2021) akan mulai bergotong royong untuk membuat saluran air darurat sehingga beberapa areal sawah dapat dialiri. “ Sementara menunggu bangunan permanen dari pemerintah esok warga berinisiatip bergotong royong untuk dapat menyelamatkan beberapa petak sawah. Disamping itu dapat memperkecil resiko jika terjadi banjir susulan dengan membersihkan material dan kayu yang masih berada di saluran air” sebut warga bermarga Sianturi.

Tentunya karena ini bendungan utama  gotong royong warga tidak cukup. Namun bangunan permanen  sangat kita harapkan dari pemerintah untuk mengembalikan kembali ketersediaan air untuk lahan pertanian sawah kami” tambahnya. (hen)



Bendungan Simungun Jebol, Warga Sebut "Terobati" Reaksi Cepat Bupati Dairi | Bang Naga | on 3 minggu lalu | Rating 4.5
Cuplikan :Judul: Bendungan Simungun Jebol, Warga Sebut "Terobati" Reaksi Cepat Bupati Dairi
Description: Sidikalang- SUMUTkota.com : Bendungan Daerah Irigasi Lae Garut desa Simungun kecamatan Siempat nempu Hilir, Dairi jebol senin (15/10/2021) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun dipastikan sekitar 50 hektar areal persawahan daerah itu akan terganggu akibat bencana yang terjadi. Namun demikian warga petani daerah itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas reaksi […]
Alamat: https://sumutkota.com/dairi/read/bendungan-simungun-jebol-warga-sebut-terobati-reaksi-cepat-bupati-dairi.jsp
Artikel Terkait

Bagikan Ke : Facebook Twitter Google+

CONTENT

Karir


Lirik


Nasional

» Gempa Bumi Hari Ini

menu


Otomotif Travel Karir Contack Me Zodiak
© 2017 - 2021 sumutkota.com | Pers | V.DB: 3.50 | All Right Reserved

DMCA.com Protection Status

DOWNLOAD APP sumutkota.com




Page loads : seconds