Cristiano Ronaldo Cetak Rekor di Piala Dunia 2022 Qatar, Selalu Cetak Gol di Lima Edisi

Sedang Trending 4 hari yang lalu 20

TEMPO.CO, Jakarta - Cristiano Ronaldo mencetak rekor sebagai pemain yang selalu mencetak gol dalam lima Piala Dunia FIFA, setelah membuat gol dalam kemenangan Portugal atas Ghana 3-2 di laga kualifikasi Grup H Piala Dunia 2022 Qatar, Kamis, 24 November 2022. 

"Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia FIFA," tulis FIFA di akun Instagram mereka.

Ronaldo, 37 tahun, mengungguli catatan yang diraih Pele, Uwe Seeler, dan Miroslav Klose, yang semuanya selalu mencetak gol dalam empat Piala Dunia. 

Pemain berjuluk CR7 itu mencetak gol tersebut hanya selang dua hari setelah resmi berpisah dengan Manchester United. Di laga pertama Portugal di Piala Dunia 2022, dia dinobatkan sebagai man of the match. 

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama dari titik penalti pada laga Grup H antara Portugal vs Ghana di Stadium 974, Doha, Qatar, 24 November 2022. REUTERS/Fabrizio Bensch

"Itu momen yang indah, Piala Dunia kelima saya, kami menang, dan kami mengawali dengan langkah bagus kami. Ini kemenangan yang amat penting, kami tahu pertandingan pertama sangat penting, tetapi rekor dunia juga menjadi sesuatu yang membuat saya sangat bangga, " kata Ronaldo seperti dikutip AFP.

Ronaldo mencetak gol pembuka untuk kemenangan Portugal atas Ghana pada menit ke-65 melalui tendangan penalti. Dua gol lainnya dicetak oleh Joao Felix (78') dan Rafael Leao (80'). Sementara, Ghana membuat dua gol balasan melalui Andre Ayew (73') dan Osman Bukari (89').

Dia menegaskan perpisahannya dengan Manchester United sama sekali tak berpengaruh terhadap konsentrasinya membela Portugal di Piala Dunia Qatar. "Itu langkah penting,  ini pekan yang menuntaskan bab ini. Sudah ditutup, dan kami ingin memulai dengan baik," tambah Ronaldo. "Saya bisa membantu tim saya dan yang lainnya tidak masalah."

Baca Juga: Portugal vs Ghana 3-2, Otto Addo Tuding Cristiano Ronaldo Dapat Hadiah Spesial dari Wasit

Perjalanan Ronaldo menuju rekor baru Piala Dunia FIFA

Ronaldo menjalani debutnya di Piala Dunia FIFA pada 2006, ketika itu turnamen bergengsi ini digelar di Jerman. Berikutnya, dia selalu tampil di ajang tersebut berturut-turut, 2010, 2014, 2018, dan 2022 yang saat ini sedang berlangsung di Qatar.

Hingga saat ini, dia telah mencatat 18 penampilan di Piala Dunia, dengan mengemas tujuh gol. Berikut catatan penampilannya di lima penampilannya. 

Piala Dunia Jerman 2006 (penampilan 6, gol 1)

Edisi ini menjadi momen pertama bagi Ronaldo merasakan tampil di Piala Dunia. Ketika itu, usianya 21 tahun dan telah bergabung dengan Manchester United. 

Kala itu, Ronaldo muncul sebagai bintang baru setelah mencetak gol ketika Portugal mengalahkan Iran 2-0 di babak penyisihan grup, tepatnya 17 Juli 2006. Ketika itu, dia mencetak gol setelah mendapatkan assistance dari Luis Figo.

Di Piala Dunia Jerman ini, Ronaldo memberikan penampilan yang menarik dan memberikan dampak terhadap Portugal yang saat itu berhasil mencapai babak empat besar. 

Portugal lolos ke babak empat besar setelah menyingkirkan Inggris lewat adu penalti 3-1. Salah satu gol penalti itu dicetak Ronaldo. Usai laga, dia mendedikasikan gol penalti kemenangan itu untuk ayahnya, Dinis Aveiro, yang meninggal kurang dari setahun sebelum laga berlangsung. 

"Kami di sana... ini untukmu!" ucap Ronaldo yang bergegas menjauh setelah bola sepakannya membentur jaring, sambil menunjuk ke langit.

"Ketika saya memenangkan sesuatu, saya selalu memikirkan ayah saya," katanya sejak saat itu. "Dia selalu menatapku dan keluar untukku. Dia mengirimiku pesan dalam mimpiku."

Piala Dunia Afrika 2010 (penampilan 4, gol 1)

Ronaldo memasuki pertandingan Piala Dunia Afrika Selatan ini setelah tidak mencetak gol dalam pertandingan kompetitif untuk Portugal selama lebih dari dua tahun. 

Dia menyumbang satu gol ketika Portugal mengalahkan Korea Utara 7-0 di babak penyisihan grup. Namun, perjalanan tim asal negaranya di edisi ini hanya sampai babak 16 besar, setelah dikalahkan Spanyol 1-0.

Piala Dunia Brasil 2014 (penampilan 3, gol 1)

Ini adalah Piala Dunia paling mengecewakan bagi Ronaldo karena Portugal tersingkir di fase grup. Kondisinya yang saat itu mengalami cedera lutut mengganggu penampilannya. 

Setelah gagal mencetak gol atau membuat dampak yang signifikan dalam kekalahan 4-0 atas Jerman dan hasil imbang 2-2 melawan Amerika Serikat, yang membuat timnya tersingkir. Ronaldo yang kala itu memperkuat Real Madrid, akhirnya mencetak gol ketika mengalahkan Ghana 2-1 di laga terakhir penyisihan grup.

Piala Dunia Rusia 2018 (penampilan 4, gol 4)

Pada usia 33 tahun, Ronaldo menikmati Piala Dunia terbaiknya sejauh itu. Dia mencetak hat-trick di laga pembuka yang spektakuler ketika bermain melawan Spanyol. 

Laga itu berlangsung sengit. Ronaldo mencetak gol pertama di pertandingan itu saat memasuki menit keempat. Gol keduanya pada menit 44 membuat Portugal kembali unggul setelah Spanyol membuat gol penyeimbang melalui Diego Costa. 

Di babak kedua, Diego Costa mencetak gol keduanya pada menit ke-55 dan Nacho Fernandez membuat gol berikutnya selang tiga menit yang membuat Spanyol berbalik unggul. 

Ronaldo mencetak gol ketiganya di laga itu pada menit ke-88 yang menggagalkan kemenangan Spanyol. Skor akhir pun imbang 3-3.

Berikutnya, Ronaldo mencetak gol penentu kemenangan atas Maroko 1-0 di laga kedua babak penyisihan grup. Tetapi, perjalanan Portugal di Piala Dunia Rusia 2018 hanya sampai di babak 16 besar. Mereka gagal ke semifinal setelah kalah 2-1 dari Uruguay.

Piala Dunia Qatar 2022 

Cristiano Ronaldo memimpin rekan-rekannya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah mencetak satu gol di laga pembuka dalam kemenangan 3-2 atas Ghana, dua laga berikutnya di babak penyisihan grup, Timnas Portugal akan menghadapi Uruguay, Selasa pekan depan dinihari WIB, dan Korea Selatan tiga hari kemudian. 

FIFACOM, TRANSFERMARKT

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Brasil, Portugal, Swiss Menang, Uruguay Ditahan Korea

Saksikan Video Cristiano Ronaldo Cetak Rekor di Piala Dunia 2022 Qatar, Selalu Cetak Gol di Lima Edisi Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel