Contoh Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD

Sedang Trending 3 minggu yang lalu 36

Contoh Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD

Pada Kurikulum Merdeka ada kegiatan berbasis Proyek, yang bernama Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi serta karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Kegiatan proyek adalah kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Kegiatan proyek juga diharapkan mendorong siswa menjadi pelajar sepanjang hayat, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Lihat juga : 7 Karakteristik Pembelajaran Berbasis Proyek Sesuai Kurikulum Merdeka

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki manfaat bagi guru untuk memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensinya. Guru dapat merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas. Guru juga dapat berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

Guru harus membuat Rapor Projek. Rapor terdiri dari hasil penilaian terhadap performa peserta didik dalam projek. Meskipun ada beberapa disiplin ilmu terintegrasi dalam projek, namun bagian projek fokus pada keterpaduan pembelajaran dan perkembangan karakter dan kompetensi sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Penulisan deskripsi proses peserta didik benar-benar fokus pada hal unik dan istimewa yang layak direfleksikan, misalnya situasi di mana peserta didik mengambil keputusan yang bijak, perkembangan suatu karakter yang sangat nyata dalam kurun waktu tertentu, dan sebagainya. 

Download Contoh Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD

Rapor disusun informatif dalam menyampaikan perkembangan anak namun tidak merepotkan pendidik dalam pengerjaannya. Penulisan rapor akan lebih sederhana, dengan dibantu teknologi study generator. 

Guru tinggal memasukkan judul projek, deskripsi singkat, dan seluruh elemen Profil Pelajar Pancasila, dan hanya memberikan penilaian pilihan elemen profil yang berkaitan dengan projek tanpa harus menuliskannya.

Contoh rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas 1 SD dalam format MS Word dapat Anda download melalui tautan berikut ini:

Penilaian dalam rapor projek memadukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai satu komponen. Deskripsi juga disampaikan secara utuh tanpa membedakan aspek tersebut.

CONTOH RAPOR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA 

Projek 2 : Pekan Permainan Tradisional

Dimensi

Berkebhinekaan Global

Sub Elemen

Mendalami budaya dan identitas budaya. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya. Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya dan praktiknya. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya.

Dimensi 

Kreatif

Sub Elemen

Menghasilkan gagasan yang orisinal. Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal. Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasikan karya dan tindakan yang dihasilkan.
Saksikan Video Contoh Rapor Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel