Bio Farma Produksi 5 Juta Dosis Vaksin IndoVac untuk Booster Kedua Lansia

Sedang Trending 5 hari yang lalu 33
Kamis, 24 November 2022 21:23 WIB
Petugas kesehatan menyuntikan vaksinasi booster Covid-19 pada lansia di sebuah klinik di Jakarta, 28 Januari 2022. Kasus Covid-19 di DKI Jakarta kini mencapai 4.149 kasus hingga Kamis 27 Januari 2022. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, BANDUNG - Bio Farma bersiap memproduksi 5 juta dosis vaksin IndoVac untuk pemberian vaksin booster kedua bagi lansia. Kementerian Kesehatan menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tanggal 22 November 2022 tentang penggunaan vaksin IndoVac untuk vaksin booster ke-2 bagi lansia yang menjadi kelompok rentan tertular microorganism Covid-19.

“Kami akan mempersiapkan vaksin IndoVac untuk booster kelompok lansia. Proses produksi sudah dijalankan sejak dikeluarkannya EUA untuk dosis primer pada akhir September 2022 yang lalu, setidaknya, kami akan memproduksi sebanyak lima juta dosis, sampai dengan akhir tahun 2022,” kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, dikutip dari keterangannya, Kamis, 24 November 2022. 

Honesti mengatakan, vaksin IndoVac diharapkan bisa mendorong cakupan vaksin booster yang saat ini baru mencapai 36 persen.  Penyuntikan pertama booster IndoVac untuk lansia ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan di Bogor pada hari ini, Kamis, 24 November. Presiden Joko Widodo menjadi yang pertama menerima vaksin IndoVac buatan Bio Farma. Vaksinasi booster dosis 2 bagi lansia bisa diperoleh di fasilitas pelayanan kesehatan. 

Vaksin IndoVac yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2022 telah mendapat EUA dari BPOM untuk dosis primer pada September 2022. Bersamaan, vaksin IndoVac juga mendapat Fatwa dan Keputusan Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  

Vaksin IndoVac untuk booster diberikan setelah 6 bulan menerima vaksin dosis primer. Vaksin IndoVac booster bisa diberikan pada penerima vaksin Sinovac sebagai vaksin primer. Vaksin IndoVac diberikan secara afloat dose atau sebanyak 0,5 ml. Pemberian booster untuk meningkatkan kembali antibodi terhadap microorganism Covid-19 bagi masyarakat yang telah mendapat vaksin primer secara lengkap.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia telah menyuntikkan 205 juta dosis vaksin Covid-19. “Kenapa kita perlu booster, agar imunitas kita terjaga dan dapat memutus penularan covid. Yang paling penting. Vaksin yang digunakan dalam booster kedua ini, yaitu vaksin indovac, produk 100 persen buatan dalam negeri,” kata dia, dikutip dari keterangannya, Kamis, 24 November 2022. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster saat ini menjadi penting karena tengah terjadi peningkatan kasus Covid-19. “Kasus Covid-19 yang masuk rumah sakit dan kasusnya tergolong sedang dan berat itu 74 persen belum di-booster. Untuk kasus yang meninggal, dalam gelombang terakhir ini 84 persen belum di-booster, jadi buat masyarakat tolong diingatkan agar cepat-cepat di-booster,” kata dia, dikutip dari keterangannya, Kamis, 24 November 2022. 

Vaksin IndoVac produksi Bio Farma diklaim memiliki kandungan TKDN sebesar 90,3 persen. Vaksin tersebut hasil kolaborasi Bio Farma dengan Baylor College of Medicine dari Amerika Serikat. Saat ini vaksin IndoVac tengah menjalani uji klinis untuk penggunaan pada anak-anak yang dimulai 9 Oktober 2022.

Uji klinis bekerja sama dengan FK Unversitas Andalas (UNAND) Padang melibatkan 620 anak. Bersamaan uji klinis bersama Fakultas Kedokteran Unversitas Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada melibatkan 1050 subjek dengan rentang usia 7-17 tahun. Pada Desember 2022 diharapkan EUA vaksin Indovac untuk anak-anak bisa dirilis.

AHMAD FIKRI

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini






6 jam lalu

Pelayanan Vaksinasi Booster Kedua khusus Lansia di Jakarta hingga 31 Desember 2022

Lansia yang sudah memiliki tiket empat di aplikasi PeduliLindungi, bisa mendatangi lokasi vaksinasi booster.


11 jam lalu

Menkes Minta Lansia 60 Tahun Lebih dan Nakes Segera Booster Kedua

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta tenaga kesehatan dan lansia di atas 60 tahun untuk segera melakukan booster kedua vaksinasi Covid-19.


12 jam lalu

Jokowi Disuntik Booster Indovac, Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri

Presiden Jokowi mengatakan vaksinasi booster kedua yang diterimanya hari ini berjenis Indovac. Vaksin tersebut merupakan buatan PT Bio Farma (Persero).


13 jam lalu

Usai Vaksinasi Booster Kedua, Jokowi Langsung Tinjau Lokasi Gempa Cianjur

Jokowi langsung meninjau lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat setelah menerima vaksinasi booster Covid-19 kedua hari ini di Istana Kepresidenan Bogor.


13 jam lalu

Jokowi Terima Vaksinasi Booster Covid-19 Kedua Hari Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan menerima vaksinasi booster kedua atau suntikan keempat vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat hari ini.


1 hari lalu

DKI Mulai Layani Vaksinasi Booster Dosis Kedua Bagi Lansia Hari Ini

Pemerintah DKI Jakarta memulai pelayanan vaksinasi booster dosis kedua atau suntikan keempat untuk kalangan lanjut usia alias lansia hari ini


1 hari lalu

Dinkes DKI Jakarta Prediksi Puncak Covid-19 pada Akhir November 2022

Kasus baru Covid-19 di Jakarta saat ini berada di angka 2 ribuan per hari


1 hari lalu

Kemenkes Resmi Izinkan Vaksinasi Booster Covid-19 Kedua untuk Lansia

Vaksinasi booster Covid-19 kedua untuk lansia bisa diberikan sekurang-kurangnya enam bulan sejak booster pertama diberikan.


2 hari lalu

Tingkatkan Cakupan Vaksinasi Covid-19 agar Masyarakat Bebas Beraktivitas

Epidemiolog mengusulkan tak ada pembatasan kegiatan masyarakat asalkan cakupan vaksinasi COVID-19, termasuk dosis ketiga atau booster, ditingkatkan.


7 hari lalu

DKI Percepat Vaksinasi Booster

Dinas Kesehatan DKI mempercepat layanan vaksinasi booster.


Saksikan Video Bio Farma Produksi 5 Juta Dosis Vaksin IndoVac untuk Booster Kedua Lansia Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel