8 Keistimewaan Sholawat Nabi Muhammad di Hari Jumat, Berikut Bacaan Arab dan Artinya

Sedang Trending 5 hari yang lalu 104

Sumutkota.com: 8 Keistimewaan Sholawat Nabi Muhammad di Hari Jumat, Berikut Bacaan Arab dan Artinya  - Umat muslim kita dianjurkan untuk senantiasa memperbanyak baca sholawat.

Sholawat sendiri ialah doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari arah.com, dalam Al-Qur’an dan hadits, banyak perintah agar orang mengucapkan pujian yang berbunyi Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim ini.

Terlebih kalau kalimat sholawat diucapkan setiap hari Jumat, maka faedah dan keutamaannya menjadi lebih besar lagi.

Baca juga: Doa Rahasia Pendatang Rezeki, Amalkan Potongan Surat At Thalaq Ini, Simak Artinya

Baca juga: Ayat Kursi Arab Latin dan Artinya, Amalan Menuju Surga, Berikut Cara Mudah Mengamalkannya

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda :

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Selain memberikan syafaat saat Yaumil Mahsyar kelak, bershalawat pada hari Jumat juga mempunyai keutamaan lain.

Berikut ini beberapa keutamaan bersholawat pada hari jumat yang dikutip dari kitab berjudul Afdhalush Shalawaat 'Alaa Sayyidis syahadaat karangan Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhan, dilansir Tribunmedan.com

1. Jika bersholawat satu kali pada hari Jumat, maka Allah bershalawat untuknya sepuluh kali.

Maksud Allah bershalawat kepada Nabi SAW ialah dengan memberi rahmat-Nya untuk orang yang bersholawat.

“Perbanyaklah membacakan sholawat untukku pada hari dan malam jumat. Barangsiapa membacakan shalawat untukku satu kali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali.”

2. Mengucapkan sholawat pada hari Jumat juga menjadi lebih utama karena disaksikan oleh malaikat dan malaikat akan bersholawat 10 kali kepada mereka yang membacanya.

Bersholawatnya malaikat kepada Nabi SAW sama halnya dengan memintakan ampunan untuk orang tersebut. Dari Abdullah bin Amru bin Ash RA bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda,

“Jika kalian mendengar adzan oleh muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan, kemudian bacalah sholawat untukku. Sesungguhnya barangsiapa mengucapkan satu kali sholawat kepadaku niscaya Allah mengucapkan sholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Ahmad)

3. Siapa yang paling banyak bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat, maka akan dekat kedudukannya dengan Nabi SAW di Yaumil Mahsyar kelak.

4. Memperbanyak membaca sholawat pada hari dan malam jumat, maka Nabi Muhammad akan menjadi saksi dan penolongnya pada hari kiamat.

5. Memperbanyak sholawat pada hari Jumat sebanyak seribu kali, maka ia tak akan meninggal sebelum memandang surga sebagai tempat tinggalnya.

6. Barangsiapa membacakan sholawat untukku pada hari jumat, maka sholawat itu akan menjadi syafaat baginya besok di hari kiamat.

7. Siapa yang shalat ashar pada hari Jumat, kemudian sebelum berdiri meninggalkan shalatnya membaca “Allaahumma Shalli ‘Alaa Muhammad An-Nabiyyil Ummiyyi wa ‘Alaa Alihi wa Shahbihi Wa Sallim Tasliiman Katsiira” sebanyak delapan puluh kali, maka dosa-dosanya selama delapan puluh tahun akan diampuni dan akan dituliskan pahala ibadah selama delapan puluh tahun untuknya.”

8. Pada hari Jumat Malaikat yang diciptakan dari sinar akan turun ke bumi, Tangan-tangan mereka memegang pena yang terbuat dari emas dan lembaran-lembaran kertas terbuat dari cahaya. Mereka tak menulis kecuali sholawat untuk nabi Muhammad SAW.

Allohumma sholli ala muhammad, wa'ala ali muhammad.

Kama sholaita 'ala ibrohim, wa'ala ali ibrohim

Wabarik 'ala muhammad, wa'ala ali muhammad

Kama barokta 'ala ibrohim wa'ala ali ibrohim

Fil 'alamiina innaka hamiidummaajiid.

Banyak bentuk redaksi sholawat yang telah diajarkan oleh Nabi saw., mulai yang sederhana tiba yang panjang.

Baca juga: Ayat Kursi Lengkap Arab Latin dan Artinya, Simak 10 Keistimewaan Ayat yang Paling Diberkahi Ini

Kita perlu banyak membaca seluruh bentuk sholawat yang diajarkan oleh Nabi saw.

Hal ini karena sholawat yang diajarkan beliau mempunyai banyak keutamaan dan kemuliaan di sisi Allah.

Di antara sholawat yang diajarkan Nabi SAW ialah sholawat Fil Awwalin.

Ini termasuk sholawat yang sederhana dan mudah dihafalkan.

Sholawat ini dianjurkan untuk dibaca pada pagi sebanyak tiga kali dan sore hari sebanyak tiga kali pula. Kalimat sholawat Fil Awwali tersebut sebagai berikut;

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّد في الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ وَفِي الْمَلأِ الأَعْلَى إِلَى يَوْمِ الْدِّينِ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin fil awwalin wal akhirin wafil malail a’la ila yaumiddin

“Ya Allah, limpahkan rahmat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad saw. beserta keluarganya sebanyak selawat yang diucapkan orang-orang terdahulu dan kemudian, dan sebanyak ciptaan yang ada di langit tiba hari kiamat.”

Ada pula Sholawat Barriyah seperti disebutkan dalam kitab al-Qaul al-Badi’ fi al-Shalati ‘ala al-Habib al-Syafi’.

Dikutip dari bincangsyariah.com, di antara keutamaan sholawat ini ialah siapa saja yang membacanya pada malam Jumat atau hari Jumat sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan memberikan banyak kebaikan padanya.

Adapun lafadz sholawat Barriyah ini ialah sebagai berikut;

اَللّهُمَّ يَادَائِمَ الْفَضْلِ عَلَى الْبَرِيَّــةِ يَابَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالْعَطِيَّةِ يَاصَاحِبَ الْمَوَاهِبِ السَّنِــيَّةِ, صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَــيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْوَرٰى سَجِــيَّةٍ وَاغْفِرْلَنَا يَاذَالْعُلٰى فِى هٰذِهِ الْعَشِيَّةِ

Allohumma ya daimal fadhli ‘alal bariyyah ya basithol yadaini bil athiyyah ya shohibal mawahibis saniyyah sholli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin khoiril waro sajiyyatin waghfi lana ya zal ‘ula fi hazihil ‘asyiyyah.

“Ya Allah, wahai Zat yang langgeng anugerahnya kepada manusia, wahai Zat yang membentangkan kedua tangannya dengan pemberian, wahai Zat yang mempunyai pemberian-pemberian yang luhur. Limpahkanlah rahmat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebaik-baik orang di dalam budi pekertinya. Dan ampunilah kami, wahai Zat yang mempunyai keluhuran di malam ini.”

Sementara Sholawat Ruhul Arwah disebutkan oleh Syaikh Yusuf bin Ismail al-Nabhani dalam kitabnya Sa’adatud Darain fi al-Shalati ‘ala Sayyid al-Kaunain dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur dengan asa berjumpa Rasulullah Saw dan mendapatkan syafaatnya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Syaikh al-Fakhihani berkata, ‘Telah saya coba untuk membaca shalawat Ruhul Arwah sebelum tidur hingga saya tertidur, dan dalam tidur itu saya bermimpi memandang paras Rasulullah Saw yang mulia dan penuh keindahan, melampaui indahnya rembulan, dan saya sempat berbicara kepada beliau, kemudian beliau sirna dalam keindahan sinar rembulan.”

Adapun lafadz shalawat Ruhul Arwah ialah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى رُوْحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فىِ اْلأَرْوَاحِ وَعَلَى جَسَدِهِ فِى اْلأَجْسَادِ وَعَلَى قَبْرِهِ فِى اْلقُبُوْرِاَللَّهُمَّ اَبْلِغْ رُوْحَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِنِّيْ تَحِيَّةً وَسَلاَمًا

Allohumma sholli ‘ala ruhi sayyidina muhammadin fil arwahi wa ‘ala jasadihi fil ajsadi wa ‘ala qobrihi fil quburi. Allohumma abligh ruha sayyidina muhammadin minni tahiyyatan wa salaman.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad Saw dalam setiap ruh, kepada jasadnya dalam setiap jasad, kepada kuburannya dalam setiap kuburan. Ya Allah, sampaikan kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad Saw dariku penghormatan dan salam.”

Selain itu, umat muslim juga dapat mengamalkan berbagai sholawat lainnya.

1. SHOLAWAT IBRAHIMIYAH

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”

Kegunaannya :
1. Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup bumi dan akhirat
2. Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan bumi dan akhirat
3. Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain
4. Untuk menarik dan memperluas rizki dengan sebanyak-banyaknya
5. Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya seluruh cita-cita.

2. SHOLAWAT AL-FATIH

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.
Artinya:

“Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

Kegunaannya :
1. Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
2. Untuk mengahups dosa-dosa kecil
3. Untuk dapat berjumpa dengan Rosululloh saw didalam mimpi
4. Untuk dapat berjumpa dan berkumpul dengan nabi besar Muhammad saw di akhirat kelak.

3. SHOLAWAT QUTHBUL AQTHOB

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.
Artinya :

”Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang mempunyai kemiliaan tiba hari kiamat. ”

Kegunaannya :
1. Untuk menyembuhkan penyakit pusing dan panas, perut, batuk
2. Dan untuk menyembuhkan penyakit gila dan penyakit-penyakit lainnya.

4. SHOLAWAT GHOZALI

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ
Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan lanjut menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tak ada ujung baginya tanpa keridhoan-Mu tak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan memandang Wujud-Mu yang Mulia.”

Kegunaannya :
1. Untuk membikin hati menjadi tenang, membikin pikiran menjadi terang dan untuk menambah tingkat kecerdasan
2. Untuk mendatangkan segala macam hajat bagus yang mini maupun yang besar.

5. SHOLAWAT SYIFA’

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.
Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita nabi Muhammad saw yang menjadi dokter seluruh hati dan obatnya, yang menjadi sehat seluruh badan dan kesejahteraannya, yang menjadi sinar seluruh hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Kegunaannya :
1. Untuk menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat
2. Untuk menjadikan tubuh kita selamat, awet muda dan panjang usia
3. Untuk menjadikan hati lebih terang dan bercahaya, sehingga dapat memandang kebaikan dan kebatilan

6. SHOLAWAT MUNJIYAT

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَالْأَفَاتِ وَتَقْضِى بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّــيـِّـــــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلٰى الدَّرَجَاتِ وِتُبَلِّغُنَا بَهَا أَقْصٰى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىيْئِ قَدِيْرٌ.
Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka. Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ke tempat yang paling ujung dari seluruh kebaikan hidup di bumi dan kehiduan setelah mati.”

Kegunaannya :

1. Untuk mengharumkan bau mulut yang tak sedap
2. Untuk menghilangkan rasa canggung di hadapan orang banyak, dan dapat memancarkan kewibawaan melalui ucapannya.

7. SHOLAWAT HAJAT DUNIA AKHIRAT

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ
Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada pakar keluarganya ”

Kegunaannya :
Sholawat ini apabila dibaca sebanyak 1000 (seribu) kali maka Allah swt, akan mendatangkan hajatnya sebanyak 100 hajat. Hajat yang 30 (tiga puluh) akan diberikan di bumi dan hajat yang 70 (tujuh puluh) akan didatangkan kelak di akhirat. 

(*/Tribun-medan.com) 

Saksikan Video 8 Keistimewaan Sholawat Nabi Muhammad di Hari Jumat, Berikut Bacaan Arab dan Artinya Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel