8 Ciri Guru Kreatif Versi Mahasiswa UNJ

Sedang Trending 2 hari yang lalu 17

8 Ciri Guru Kreatif Versi Mahasiswa UNJ

Bakalan rugi jika guru hanya biasa-biasa saja tidak mengembangkan kualitas dirinya. Terkadang guru menyalahkan keadaan, misalnya saja fasilitas yang kurang memadai. Bukankah itu mengapa guru harus kreatif. 

Guru yang kreatif yaitu guru yang bisa mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang ia punya untuk mendidik siswa dengan baik. Guru yang cerdas dan kreatif pasti akan melahirkan output siswa yang kreatif pula.

Guru merupakan pembelajar sepanjang hayat. Yang harus terus mengikuti perkembangan zaman. Sehingga cakrawala berpikirnya akan terbuka dan mendapatkan banyak informasi dan inspirasi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif.

Jadi, tidak ada lagi alasan guru untuk berhenti karena lelah mengeksplorasi diri. Lalu, apa saja ciri-ciri guru kreatif? Berikut delapan ciri guru kreatif yang SekolahDasar.Net lansir dari laman Universitas Negeri Jakarta (UNJ):

1. Berpikir Inovatif dan Out of The Box

Jiwa yang kreatif dilahirkan dari sebuah pemikiran guru yang selalu ingin berinovasi, sehingga selalu berusaha untuk memberikan metode pembelajaran yang bervariasi di kelas.

2. Percaya Diri dan Selalu Ingin Berkembang

Untuk selalu memberikan yang terbaik kepada siswa guru harus memiliki sikap pantang menyerah. Oleh sebab itu, apapun yang dibuat guru untuk siswanya, rasa percaya diri dan selalu ingin berkembang harus tertanam di jiwa guru.

3. Tidak Gagap Teknologi dan Terus Belajar

Guru kreatif harus peka terhadap perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi. Maka, tidak boleh ada jeda sedikitpun guru untuk berhenti belajar demi mengembangkan diri dan siswanya.

4. Selalu Mencoba Hal Baru dan Tidak Gengsi

Guru kreatif harus selalu mencoba berbagai macam cara agar siswa mudah memahami materi pembelajaran. Ditambah dengan siswa menjadi senang dengan ilmu yang guru ajarkan. Untuk itu, jangan gengsi untuk belajar dari orang lain.

5. Peka Menemukan Talenta Siswanya

Didasari dengan pengetahuan pedagogik serta tingkat kepekaan kepada siswa yang tinggi, maka seorang guru kreatif biasanya dapat mengenal kemampuan setiap siswanya.

6. Pandai Memanfaatkan Apa yang Ada

Guru kreatif tahu bagaimana cara memanfaatkan sesuatu yang kurang bermanfaat jadi sarana belajar yang menarik. Menciptakan media-media pembelajaran yang membantu siswa menjadi lebih mudah memahami materi ajar.

7. Mengajar dengan Cara Menyenangkan

Kaya ide pada diri seorang guru kreatif dapat membuat siswanya tidak merasa bosan dan tertekan pada saat guru mengajar. Bahkan ia dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk berpikir kreatif juga.

8. Tidak Berorientasi pada Uang Semata

Uang bukanlah tujuan utama bagi seorang pendidik. Justru guru akan selalu bersyukur dengan banyaknya ilmu serta pengalamannya. Karena dia juga yakin keberkahan rezeki lebih utama daripada nominalnya.

Saksikan Video 8 Ciri Guru Kreatif Versi Mahasiswa UNJ Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel