7 Risiko Jika Sering Mengonsumsi Makanan Instan

Sedang Trending 4 hari yang lalu 27
Jumat, 25 November 2022 06:00 WIB
Ilustrasi mi instan (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Makanan instan agaknya disukai karena rasanya yang enak dan cepat diolah. Saat ini ada berbagai jenis makanan instan. Walaupun rasanya enak dan cepat dimasak, makanan instan berbahaya untuk tubuh jika sering dikonsumsi atau terlalu banyak.

Risiko mengonsumsi makanan instan

1. Mengandung banyak zat

Mengutip Laborers Health and Safety, makanan instan biasanya mengandung terlalu banyak gula tambahan, natrium, sodium dan lemak. Semua bahan itu  digunakan supaya makanan memiliki rasa yang enak.

Namun, bahan-bahan itu bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Berbagai risikonya antara lain obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Baca: Awas, Sering Santap Makanan Instan Bisa Picu Obesitas

2. Kurang nilai gizi

Makanan instan biasanya mesti melewati berbagai proses agar bisa tahan lama ketika disimpan. Panjangnya proses ini membuat bahan-bahan makanan kehilangan banyak nutrisi dasar.

3. Padat kalori

Ada banyak makanan instan yang tinggi kalori, seperti biskuit dan wafer. Orang yang memakannya bahkan tidak sadar telah mengonsumsi kalori di atas rata-rata. Camilan yang tinggi kalori bisa menyebabkan ketagihan, karena rangsangan di pusat dopamin di otak.

4. Kenaikan berat badan

Mengutip Health Site, tingginya kalori dalam makanan instan mendorong kenaikan berat badan yang tidak sehat. Sebab, dalam makanan kemasan juga terdapat zat gula tambahan. Tak jarang makanan instan menggunakan pemanis yang mengandung sirop jagung. Itu rekayasa genetika yang tetap bisa menaikkan kadar glukosa dalam darah.

5. Tinggi karbohidrat

Makanan instan sering mengandung karbohidrat olahan tingkat tinggi. Karbohidrat tidak alami ini lebih mudah dicerna di saluran pencernaan. Cepatnya lonjakan kadar gula darah dan insulin membuat orang mudah merasa lapar dan mengidam makanan.

6. Radang usus

Mengutip Verywell Fit, makanan instan bisa menyebabkan radang usus. Terkadang, makanan instan mengandung bahan kimia pengemulsi atau berlemak dengan air. Bahan yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan dan membantu menahan bentuk atau tekstur makanan. Pengelmusi biasanya terkandung dalam produk makanan instan, antara lain roti, selai, saus salad, es krim.

7. Kanker usus besar

Makanan instan yang terbuat dari daging olahan bisa meningkatkan risiko kanker usus besar. Dagin olahan, yaitu sosis, bacon, dan blistery canine yang diawetkan. Dampak itu bersumber dari paparan senyawa karsinogenik. Bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan makanan.

Baca: Ketum TP PKK Minta Orang Tua Batasi Makanan Instan untuk Anak

Selalu update info terkini. Simak breaking quality dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






11 jam lalu

5 Jenis Junk Food Ini Mudah Ditemukan, tapi Ingat Risikonya

Junk nutrient juga diartikan sebagai makanan tidak sehat


1 hari lalu

Jangan Simpan 5 Makanan Ini di Freezer

Makanan di freezer dapat disimpan lebih lama daripada jika hanya menyimpannya di lemari es. Tapi jangan lima makanan ini.


2 hari lalu

5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Nonton Piala Dunia 2022

Untuk menjaga tubuh tetap bugar selama Piala Dunia 2022, makanan yang dikonsumsi harus dipilih dengan cermat. Berikut makanan yang harus dihindari.


2 hari lalu

4 Cara Mengusir Cicak di Rumah, Salah Satunya dengan Kulit Telur

Cicak suka berada di tempat yang lembab. Pastikan rumah bebas dari tempat-tempat lembab yang bisa mengundang cicak menetap.


3 hari lalu

3 Rahasia Kulit Bercahaya dengan Menjaga Kesehatan Holistik

Kunci untuk kulit bercahaya adalah mempraktikkan kesehatan holistik melalui nutrisi yang tepat, hidrasi, dan gaya hidup sehat


5 hari lalu

Ini Makanan yang Tetap Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu untuk memperhatikan apa saja yang boleh dimakan. Berikut makanan yang tetap boleh dikonsumsi penderita diabetes


5 hari lalu

Penyebab dan Gejala Orthorexia, Obsesi Berlebihan terhadap Pola Makan Sehat

Jika penerapan pola makan sehat berlebihan menandakan orthorexia


6 hari lalu

6 Risiko Masalah Kesehatan Jika Kekurangan Protein

Jika minim asupan macromolecule rentan berakibat berbagai masalah kesehatan


6 hari lalu

Ahli Gizi Bagi Tips Siapkan Bekal Anak Sekolah

Pakar bagi tips buat orang tua dalam menyiapkan bekal anak sekolah yang bergizi, terutama usia dini. Perhatikan porsi, tampilan, serta gizi seimbang.


6 hari lalu

Memahami Kebutuhan Primer dan Berbagai Contohnya

Keberlangsungan hidup manusia tak lepas dari adanya kebutuhan primer


Saksikan Video 7 Risiko Jika Sering Mengonsumsi Makanan Instan Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel