7 Pilihan Oli Kental Terbaik Untuk Mobil Dengan Teknologi Terbaru

Sedang Trending 10 bulan yang lalu 26

Agya

Seperti yang telah kita ketahu Oli merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil anda. Ya, oli memang berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Saat ini memang banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri, pasalnya mengganti oli mesin di bengkel membutuhkan biaya yang cukup besar.

Akan tetapi pada kenyataanya banyak sekali jenis dan juga merek oli untuk mesin mobil yang dijual dipasaran dengan spesifikasi serta tingkat kekentalan tertentu. Untuk itu jika anda ingin membeli sebuah oli mesin untuk kendaraan anda, jangan sampai anda keliru dalam memilihnya. Pasalnya salah memilih jenis oli untuk kedaraan anda akan berakibat kerusakan pada mesin mobil anda.

Untuk jenis oli yang kental biasanya digunakan untuk kendaraan yang telah berumur atau sudah menempuh jarak yang jauh. Ya, kebiasaan yang satu ini memang sudah umum kita jumpai bagi anda pemilik kendaraan bermotor dan juga mobil. Alasanya juga berberda-beda dan seiring berjalanya waktu dan penggunaan, komponen-komponen pada mesin pun akan mengalami keausan dan perubahan tingkat kerapatan,

Jadi untuk sebuah mesin yang sudah mengalami penambahan spread atu tingkat kerapatan ternyata menimbulkan efek yang cukup beragam dari mulai oli yang merembes serta kehilangan daya sehingga perfoma mobil dirasa menurun. Dengan hal ini pengunakan olih dengan tingkat kekentalaan yang tinggi akhirnya dipilih untuk menyiasati kondisi seperti ini. Namun dengan banyaknya tingkat kekentalan oli mesin dipasaran, kesalahan dalam memilih pun dapat terjadi.

Terlebih bagi anda pengguna yang awan dan tidak mengerti tingkat dan spesifikasi oli pada mesin yang ingin anda gunakan. Untuk itu mari kita simak penjelasan mengenai kekentalan oli yang eajib anda ketahuio agar mobil anda bisa terjaga perfomanya.

Kode Kekentalan Oli Mesin

Ada banyak cara untuk dapat memiliki oli mesin dengan tinggak kekentalan yang ditentukan, yakni anda bia memiliha kode kekentalan oli mesin yang tertera pada botol oli yang ingin anda gunakan. Dengan melihat kode tersebut maka ada bisa mengetahui tingkat kekentalan oli yang ingin anda gunakan.

Society of Automotive Engineers (SAE) merupakan lembaga internasional yang berlokasi di Amerika dan salah satu tugasnya adalah mengeluarkan standarisasi untuk pelumas kendaraan. Pada kemasan oli yang beredar terdapat kode SAE yang menunjukkan tingkat viskositas atau kekentalan dan stabilitas oli pada suhu tertentu.

Misalnya saja, ada sebuah prduk oli dengan kode SAE 10W-40 itu artinya oli tersebut memiliki kekentalan 10 pada suhu dingin terendah. Sedangkan untuk angka 40 menandakan kekentalan oli saat mencapai titik didih. Berati angka 40 yang berada dibelakang tingkat kekentalanya mencapai 40 saat suhu 100 derajat celcius.

Dan semakin kecil angka di depanya, maka akan semakin rendah potensi oli tersebut membeku disuhu paling dingin. Dan biasanya oli dengan angka rendah digunakan dinegara beriklim dingin seperti di Eropa dan Amerika.

Kekentalan Yang Tepat

Perlu anda ketahui, pemilihan oli yang salah atau penggunakan kekentalan oli yang salah dapay berpengaruh pada kinerja mesin kendaraan anda. Ya, oli yang kental memang memberikan efek pada suara mesin yang lebih halud dan menjanjikan umur pemakaian yang bertahan lama. Akan tetapi efek sampinya adalah tidak dapat dikeampingkan begitu saja. Dan oli yang kental dapat membebani kinerja mesin serta lebih lambar bersirkulasi ke seluruh bagian mesin. 

Nah untuk mesin mobil keluaran terbaru yang memiliki tingkat kerapatan mesin yang lebih baik, tentunya tidak memberikan nilai tambah jika menggunakan oli kental. Fungsi oli yang membantu mendinginkan ruang mesin menjadi tidak maksimal, belum lagi efisiensi bahan bakar juga bisa menurun.

7 Rekomendasi Oli Kental Terbaik

Setelah kita memilih oli dengan tingkat kekentalan yang tepat untuk kendaraan kita, kini saatnya kalian mengetahui beberapa jenis oli kental terbaik yang kami rekomendasikan untuk kalian semua. Dan salah satu jenis oli kental yang kami rekomendasikan untuk kendaraaan ada adalah TOP1 HP Sport 15W-40.

Dan untuk lebih jelasnya berikut informasi lengkapnya.

1. TOP 1 HP Sport 15W-40

Hp Sport

Beberapa merek oli ternama memang memiliki beberapa jenis oli kental untuk kendaraan anda dan salah satunya adalah TOP 1. Ya, pabrik pembuat pelumas ini memperkenalkan salah satu produk oli kentar terbaik mereka dengan nama TOP 1 Hp Sport 15W-40.

TOP 1 Hp Sport diracik dengan menggunakan bahan dasar bace lipid dan 100% sintetik sebagai bahan dasarnya yang memungkinkan oli jenis ini akan sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi. Hal inilah yang membuat TOP 1 Hp Sport menjadi salah satu pilihan oli terbaik untuk kendaraan anda.

Sementara itu, TOP 1 Hp Sport juga menunjang sepsifikasi mobil keluaran terbaru dan juga mobil LCGC, hal ini dikarenakan TOP 1 Hp Sport telah melampaui standart pabrikan dengan memenuhi standart tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5.

Hal ini tentu saja menjadikan pelumas TOP 1 Hp Sport ini mampu melindungi mesin hingga kecelah-celah sempit sekalinpun sehingga mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan. Teknologi lain yang juga menambah keunggulan dan menjamin kenyamanan dalam berkendara antara lain:

Extra-Clean Aditif: Zat tambahan yang mampu mengikat kotoran dan mencegah kotoran kembali melekat.  Stop-And-Go Formulation:  Formula khusus yang diciptakan untuk membuat kinerja mesin tetap maksimal di situasi jalan yang tak menentu dan kemacetan.  Smooth Driving: Mempermudah starter awal dan sensasi berkendara yang lebih nyaman.  2. Mesran Super SAE 20W-50

mesran

Untuk oli kental terbaik berikutnya adalah Mesran Super SAE 20W-50. Pelumas yang dikeluarkan oleh PT Pertamina ini memang memiliki kualitas yang baik sehingga sangat cocok untuk kendaraan anda. Ya, pelumas yang satu ini juga mampu mencegah pembentukan endapan lumpur dan dapat membantu menjaga kebersihan torak.

Hal ini dikarenakan pelumasa mesran ace ini memiliki kandungan zat adiktif detergent dispersant, anti aus dan anti oksidasi. Dan jika anda memiliki mobil keluaran 90-an anda dapat menggunakan oli mesran ace SAE 20W-50. Hal ini dikarenakan kendaraan tersebut menuntut pemakaian pelumas berkualitas yang memiliki kinerja tinggi.

3. Faston Tekno SAE 10W-40

faston

Selain Mesran Super, Pertamina juga memiliki produk oli terbaik lainya seperti Faston Tekno. Dengan kandungan nano defender oli ini mampu melindungi setiap sudut mesin agar kinerja mesin kendaraan anda semakin optimal.

Faston Tekno juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari pelumas produk lokal yang berkualitas premium dengan harga yang terjangkau. Dan anda juga dapat menggunakan oli ini untuk mengurangi keausan dan menjaga mesin tetap bersih.

4. Shell Helix Ultra 5W-40

shell

Nah bagi anda yang sedang mencari sebuah oli kental terbaik untuk mesin diesel anda, kalian bisa menggunakan pelumas Shell Helix Ultra dengan SAE 5W-40. Pelumas ini memiliki Teknology Active Cleansing yang mampu membersihkan mesin secara optimal.

Sementara itu, pelumas successful juga mampu memberikan residu yang tinggi dan anda juga tidak perlu khawatir dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ya, dengan menggunakan pelumas ini tentu saja mesin mobil anda akan menjadi lebih bersih dan awaet.

5. Castrol GTX Diesel 15W-40

castrol

Ya, rekomendasi oli kental berikutnya adalah Castrol GTX Diesel 15W-40. Pelumas ini merupakan salah satu pelumas terbaik yang dimiliki oleh castrol. Dengan pelumas ini mesin diesel yang anda miliki akan menjadi lebih awet dan mesin pun akan menjadi lebih bersih.

Seperti yang telah kita ketahui, jika masalah pada mesin diesel adalah kotoran dari mesin pembakaran yang sering menjadi kenalpot menjadi hitam. Dan dengan oli mineral keluaran dari Castrol ini, masalah tersebut akan teratasi dan mesin pun akan bersih dari semua kotoran.

6. Total Energies Quartz 9000 5W-40

total

Untuk pelumas yang satu ini memang dilengkapi dengan Age Resistence Teknology yang akan menghasilkan perlidungan, perfoma dan ketahanan yang lebih optimal. Oli ini mampu membuat mesin mobil menjadi lebih awet dan tahan terhadap oksidasi tinggi.

Sementara itu formulanya juga akan memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk mesin mobil, bahkan pada pemakaian ekstreme. Dan oli ini pun dilengkapi dengan fitur yang mempu menjaga kebersihan mesin, sehingga anda tidak perlu lagi mengganti oli lebih sering.

7. Repsol Elite Injection 10W-40

repsol

Berikutnya ada pelumas Repsol Elite Injection yang merupakan salah satu jenis oli kental terbaik saat ini. Oli ini memiliki fitur yang mampu memberihkan mesin dari segala jenis kotoran hingga kecelah-celah yang sempit.

Tidak hanya itu saja, Repsol Elite Injection juga memiliki teknologi yang tingga sehingga mampu menjaga perfoma mesin agar menjadi lebih awet dan tahan lama. Ya, oli jenis ini memang direkomendasikan untuk jenis mobil seperti mercedes dan VW.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi mengenai jenis oli kental terbaik saat ini. Dengan pemilihan oli yang pas tentu saja akan membuat perfoma mesin mobil anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Mesin mobil pun akan menjadi lebih bersiih dan terlindungi dari segala jenis kotoran yang menempel.

Neh demikian infromasi yang mungkin dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami mengenai Rekomendasi Produk Oli Toyota New Yaris GR Sport yang Terbaik.

Dan bagi anda yang sedang mencari oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi kalian bisa mengunakan oli dari TOP 1 HP Sport yang memiliki fitur serta teknologi yang canggih. Jadi tunggu apalagi, gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Saksikan Video 7 Pilihan Oli Kental Terbaik Untuk Mobil Dengan Teknologi Terbaru Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel