7 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Saat Hamil

Sedang Trending 22 jam yang lalu 20
Jumat, 25 November 2022 17:06 WIB
Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

TEMPO.CO, Jakarta - Alpukat menyimpan manfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung vitamin K baik untuk kesehatan tulang. Senyawa yang terkandung di dalam buah ini mengurangi kaku dan kebas pada tulang. Terakhir, kandungan lutein dan zeaxanthin pada alpukat dapat menyehatkan mata.

Buah ini juga baik untuk asupan ibu hamil sebab kandungan asam folat bisa mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir pada bayi. Menurut Healthline berikut manfaat mengonsumsi buah Alpukat selama hamil :

Alpukat kaya serat

Baca : Resep Sederhana Bikin Sup Buah Alpukat

Serat sangat penting untuk kesehatan yang optimal selama kehamilan. Makanan kaya serat seperti alpukat dapat mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklampsia.

Setengah buah alpukat (100 gram) saja sudah cukup  serat atau sekitar 25 persen dari rekomendasi harian minimum 28 gram serat selama kehamilan.

Sumber lemak

Alpukat sarat dengan lemak sehat. Lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan Kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah dan membantu agar lebih cepat kenyang.  

Terlebih lagi, asupan makanan kaya lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga meringankan gejala insomnia saat hamil.  

Kaya nutrisi

Orang hamil membutuhkan lebih banyak folat, magnesium dan vitamin C. Alpukat adalah sumber menyediakan ketiga nutrisi penting tersebut dalam jumlah tinggi.  Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan karena peran penting nutrisi ini dalam perkembangan janin.

Menikmati setengah buah alpukat (100 gram) akan menghasilkan sekitar 14 persen kebutuhan folat hariam selama hamil.

Menjaga tekanan darah  

Alpukat adalah sumber yang kaya magnesium dan potassium. Nutrisi yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah. Selama kehamilan, makan banyak makanan kaya kalium seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko hipertensi gestasional.  Alpukat merupakan sumber potassium, magnesium dan mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah.

Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang membantu melindungi dari kerusakan sel dan dapat membantu meningkatkan kesehatan. Alpukat sangat kaya akan lutein karotenoid. Lutein memiliki sifat antioksidan untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi.

Karena lutein adalah senyawa yang larut dalam lemak, lutein diserap lebih efisien dari alpukat daripada buah atau sayuran lain yang mengandung lutein dengan kandungan lemak rendah. Selain lutein, alpukat mengandung berbagai antioksidan lain, diataranya zeaxathantin, beta karoten dan vitamin C

Antioksidan karotenoid yaitu beta karoten, lutein dan  zeaxathantin ditemukan dalam ASI. Mengonsumsi alpukat selama menyusui dapat meningatkan kandungan karotenoid ASI.

Mengenyangkan

Alpukat kaya serat dan lemak sehat, sehingga bila mengonsumsinya akan terasa lebih cepat kenyang.

Memilih makanan padat nutrisi seperti alpukat selama kehamilan buat ibu hamil berenergi sepanjang hari dan mempertahankan berat badan yang perfect untuk ibu dan calon buah hati.

Menjaga lemak dan kadar gula darah

Makan alpukat dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan mengatur kadar gula darah, mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Alpukat rendah karbohidrat dan kaya serat serta lemak sehat bisa jadi pilihan tepat untuk ibu hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes.

Makan alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mengandung High Density Lipoprotein atau kolesterol baik (HDL) yang berfungsi untuk melindungi jantung.

NOVITA ANDRIAN 

Baca : Ketahui Nutrisi dan 5 Manfaat Buah Alpukat

Selalu update info terkini. Simak breaking quality dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






1 jam lalu

5 Manfaat Hummus, Saus Khas Timur Tengah yang Terbukti Secara Ilmiah

Selain rasanya yang lezat, saus hummus serbaguna, penuh nutrisi dan dikombinasikan dengan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan.


19 jam lalu

Cegah Risiko Komplikasi Penyakit Diabetes dengan Kontrol Kadar Gula Darah Teratur

Komplikasi penyakit diabetes adalah kondisi di mana bagian tubuh kita menjadi rusak seperti pada kaki dan mata akibat memiliki kadar gula darah tinggi


5 hari lalu

Benarkah Asupan Kafein pada Ibu Hamil Bikin Tubuh Anak Lebih Pendek?

Peneliti menyebut asupan kafein pada ibu hamil bikin tinggi badan anak kelak lebih pendek dari teman sebaya.


8 hari lalu

Manfaat Kurma untuk Merangsang Kontraksi

Kurma merupakan buah yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Kurma menawarkan banyak manfaat nutrisi selama kehamilan. Benarkah mengonsumsi buah kurma dapat bermanfaat untuk merangsang kontraksi pada ibu hamil?


8 hari lalu

Begini Cara Mencegah Morning Sickness Menjadi Lebih Parah

Morning sickness dapat dicegah dengan menghindari bau dan makanan yang bisa memicu rasa mual. Ingin tahu apa yang membantu mengatasi mual di pagi hari?


8 hari lalu

Mengenal Morning Sickness dan Penyebabnya

Beberapa makanan bisa memicu rasa mual dan menyebabkan greeting sickness. Kenali penyebab yang memicunya.


9 hari lalu

Hindari Robekan Vagina saat Melahirkan, Rutin Lakukan Pijat Perineum pada Ibu Hamil

Lakukan pijat perineum jika ingin mengurangi robekan vagina saat melahirkan. Simak 4 manfaatnya


13 hari lalu

Resep Sederhana Bikin Sup Buah Alpukat

Punya alpukat banyak di rumah? Anda dapat mengkreasikannya menjadi minuman segar yang cocok dinikmati saat cuaca panas.


13 hari lalu

Makan Durian dan Nanas Pengaruhi Kontraksi Ibu Hamil? Cek Faktanya

Benarkah ibu hamil dianjurkan tak makan durian dan nanas karena mempengaruhi kontraksi? Simak penjelasan dokter kandungan.


13 hari lalu

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Olahraga ringan usai melahirkan punya banyak manfaat. Diantaranya mengurangi berat badan dan mengencangkan otot


Saksikan Video 7 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Saat Hamil Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel