5 Cara Meredekan Kesemutan Secara Alami Tanpa Obat

Sedang Trending 23 jam yang lalu 25
Jumat, 25 November 2022 17:47 WIB
35-kosmo-kesemutan

TEMPO.CO, Jakarta - Kesemutan atau paresthesia memang cukup mengganggu. Biasanya kesemutan sering terasa pada bagian tangan, lengan, tungkai, kaki, atau country lainnya. Sebagian orang ada yang merasakan sensasi ini dengan perasaan yang tidak nyaman atau menyakitkan, bahkan bisa menjadi indikator gangguan medis yang serius.

Dikutip dari Healthline, kesemutan yang kronis, atau berlangsung lama, mungkin merupakan gejala dari kondisi medis yang cukup buruk. Adapun cara mengatasi kesemutan melalui perawatan secara alami yaitu 

Cara Meredakan Kesemutan Secara Alami

Baca : 4 Penyakit yang Punya Gejala Kesemutan

Selain menghindari kesemutan, tentu anda tidak dapat menolak akan kesemutan itu sendiri. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah alami tanpa obat medis yang dapat anda coba di rumah seperti yang dikutip dari netmeds.com, meliputi:

1. Minyak esensial

Bahan pertama adalah minyak esensial atau minyak atsiri. Diketahui bahwa minyak ini merupakan bahan dasar untuk wangi-wangian sekaligus sebagai minyak gosok untuk pengobatan. Terutama memiliki khasian khusus untuk menyembuhkan masalah saraf seperti kesemutan di tangan dan kaki karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Anda cukup memberikan 10-12 tetes minyak lavender dengan minyak pembawa seperti kelapa atau minyak zaitun. Lalu oleskan secara teratur sembari menuangkan minyak esensial di bagian saraf tertentu. Setelahnya biarkan semalaman menempel di kulit anda, dan ulangi keesokannya jika terasa lagi kesemutan.

2. Periksa sepatu 

Cara kedua ialah dengan mengecek ukuran sepatu yang dikenakan. Sensasi kesemutan bisa terjadi karena sepatu anda yang kenakan tidak pas atau terlalu sempit. Hal tersebut tentu akan memengaruhi sirkulasi dan aliran saraf.

Anda harus selalu memastikan terdapat cukup ruang pada sepatu yang dikenakan. Setidaknya sepatu yang dipakai dapat menggoyangkan jari-jari kaki. Pilihlah sepatu yang menopang lengkungan, terutama jika kondisi di lapangan membuat anda sering berdiri atau berjalan. Selain itu, pastikan juga tali sepatu agar tidak terlalu kencang untuk diikat.

3. Pijat terapi

Hal yang dibutuhkan selanjutnya adalah terapi pijat. Cara ini sangat bagus untuk mengurangi rasa sensasi kesemutan yang sering terjadi di tangan dan kaki. Dengan memijat ransangan saraf, anda mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengembalikan fungsi saraf normal.

Di samping itu, dalam beberapa penelitian pijat dapat mengurangi ketegangan otot dan mendorong aliran darah yang lebih baik. Sebagian orang bahkan melaporkan peningkatan gejala parestesia setelah menerima pijatan.

4. Cuka sari apel

Selanjutnya terdapa bahan alami yang membantu nyeri dari kesemutan, yaitu dengan cuka sari apel. Sejumlah kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka sari apel dinilai mampu memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak. Selain itu, cuka sari apa yang memili efek anti-inflamasi ini bisa meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan.

Caranya, dengan menambahkan satu sendok suka sari apel ke dalam segelas aerial hangat dan sedikit madu. Lalu aduk dengan rata hingga semuanya tercampur. Minum aerial ini sekali sehari untuk hasil yang baik.

5. Kompres aerial hangat

Terakhir yang dipercaya membantu memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh adalah dengan mengompresnya di bagian nyeri. Terutama ketika kesemutan, kompres aerial hangat dapat meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengobati sensasi kesemutan. Anda cukup meletakan kompresan di daerah yang terkena selama 5-7 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari untuk mengurangi kesemutan.

FATHUR RACHMAN 

Baca : Jangan Abaikan Kesemutan, Bisa Jadi Penyakit Berbahaya

Selalu update info terkini. Simak breaking quality dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.






6 jam lalu

Saran Membeli Sepatu yang Dianjurkan Dokter

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu menurut dokter bedah ortopedi.


20 jam lalu

Waktu yang Tepat Membeli Sepatu agar Tidak Kebesaran atau Kekecilan

Selain waktu, kenali juga bentuk kaki serta kegunaan sepatu sebelum membelinya.


2 hari lalu

Bisakah Cuka Apel Membantu Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak?

Selain mengonsumsi cuka apel, penting juga untuk mengikuti fare seimbang dengan kebiasaan gaya hidup sehat.


4 hari lalu

Rekomendasi 5 Sneaker Lokal Terbaik di Bawah 300 Ribu

Indonesia memiliki banyak produsen sneaker lokal yang menjual sepatu dengan harga terjangkau. Ini deretan sneaker lokal yang jadi perhatian


7 hari lalu

Cara Mudah Membuat Cuka Apel di Rumah

Cuka apel adalah salah satu bahan makanan yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tak hanya digunakan untuk bahan perasa makanan, cuka apel juga dapat digunakan sebagai obat rumahan yang mudah didapat. Untuk mendapatkan khasiatnya, seseorang bisa membuat cuka apel sendiri di rumah.


8 hari lalu

Manfaat Cuka Apel, Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Kulit Kering

Tak hanya untuk penambah rasa, cuka apel juga dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.


8 hari lalu

Industri PHK 25.700 Karyawan Karena Pesanan Sepatu Nike, Reebok, dan Adidas Jeblok 50 Persen

Ketua Umum Aprisindo menceritakan panjang lebar soal pemutusan hubungan kerja atau PHK yang dilakukan sejumlah pabrik sepatu di Tanah Air.


9 hari lalu

4 Alasan Ukuran Sepatu Berubah

Sepatu tidak boleh bergesekan dengan kulit Anda tanpa lapisan atau menyebabkan rasa sakit terus-menerus


14 hari lalu

Sebelum Beli Sepatu, Coba Cek Kondisi Kakimu Gratis di ASICS Store

Jangan hanya tanya nomor sepatu, kamu bisa mengecek kondisi kakimu sebelum memilih sepatu lari atau sepatu olahraga paling cocok untuk kakimu.


17 hari lalu

Saraf Terjepit, Bagaimana Kondisi Tubuh Ketika Mengalami Itu?

Gejala umum saraf terjepit, yakni sensasi kesemutan, mati rasa, nyeri


Saksikan Video 5 Cara Meredekan Kesemutan Secara Alami Tanpa Obat Selengkapnya di bawah ini:
Please Subscribe our channel